Solo, cyber online, Karena Kota Solo merupakan salah satu kota tujuan mudik. Pemkot Surakarta sudah melakukan beberapa persiapan untuk menghadapi arus mudik, di antaranya menyiapkan call center lebaran, rest area, tourist information center, serta pelayanan kesehatan di terminal, rest area, serta pelayanan di Puskesmas Utama dan Rawat Inap demi lancarnya arus mudik tahun ini.

“Untuk Call Center Lebaran, Dinas Perhubungan Kota Surakarta dapat dihubungi di no. (0271) 7096111, kami akan melayani 24 jam,” kata Sekda Kota Surakarta, Budi Suharto di kantornya, Selasa (23/8) kepada mcsurakarta yang dirilis oleh info publik.

Pada Lebaran tahun ini Pemkot juga menyediakan 5 titik rest area terdapat di Jl. Adisucipto, Jl. Bhayangkara, Jl. Ring Road (samping TPR Dishub), Jl. Kol. Sugiyono (Sub Terminal Kadipiro), serta di kawasan Jurug. Sementara itu, PMI Solo juga menyiapkan rest area di Stasiun Balapan, Stasiun Jebres, Jurug.

Pemkot Solo juga menyediakan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Balapan, dan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta, guna melayani informasi bagi pengunjung Kota Solo yang ingin menghabiskan liburannya di Solo.

Sementara itu, pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian penting selama lebaran. Pelayanan kesehatan di antaranya terdapat di Terminal Tirtonadi (24 jam), bantuan pelayanan Puskesmas Keliling di lokasi rest area, dan Puskesmas Rawat Inap serta Puskesmas Utama buka seperti hari-hari biasa. Selama lebaran, PLN juga menjamin tidak ada pemadaman listrik.

Informasi penting lainnya, bahwa pada hari H-7 hingga H+11 lebaran, Stasiun Balapan memberlakukan aturan untuk melarang pengantar dan keluarga memasuki area peron.

Jadi, hanya penumpang yang bertiket saja yang diperbolehkan masuk. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan penumpang dan pengantar di dalam peron.
Satu hal penting lainnya adalah penambahan penerbangan (extra flight) di Bandara Adi Soemarmo Solo, antara lain Garuda Indonesia (3 September 2011) CGK – SOC (datang) pukul 11.15 WIB dan SOC – CGK (berangkat) pukul 12.15 WIB.

Sementara itu, Batavia Air melayani penambahan penerbangan pada tanggal 22, 24, 26, 29 Agustus 2011 serta tanggal 5, 7, 10, 12 September 2011, CGK – SOC (datang) pukul 17.00 WIB dan SOC – CGK (berangkat) pukul 17.35 WIB. (MC Surakarta/TN)

Post a Comment

Previous Post Next Post