Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Menghindari duplikasi data pada excel

Pada tips dan trik kali ini saya akan membahas bagaimana mencegah duplikasi data pada microsoft office excel.

Ketika kita sedang menginputkan data pada worksheet kita, terkadang karena begitu banyaknya data tanpa kita ketahui ternyata terdapat dua data atau lebih dengan kode yang sama sehingga data tersebut menjadi ber- duplikat.

Mungkin anda akan mengetahui betapa beresikonya jika hal itu terjadi, sebuah data yang seharusnya hanya dimasukkan satu kali ternyata kita masukkan hingga dua atau tiga kali atau bahkan lebih.


Di Ms. Office khususnya excel hal tersebut memungkinkan untuk dicegah, untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pilih / sorot kolom yang akan anda beri kondisi ini (dalam hal ini untuk mencegah data duplikat); misalnya kolom B pada worksheet yang akan kita beri kondisi
  2. Pada Tab Home klik conditional formatting
  3. Arahkan Mouse ke Highlight cells rules kemudian arahkan mouse dan klik pada option/pilihan duplicate values, untuk percobaan pertama silahkan langsung klik OK.
  4. Hasilnya Jika ditemukan data yang ganda maka excel akan memberikan fill color berwarna merah (pada data yang duplikat), seperti nampak pada gambar.
  5. Selamat Mencoba !

KIRIM MASUKAN

Tatak Nurandhari
Tatak Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
Posting Komentar untuk Tulisan Ini.