Semarang satu dari lima kota besar tingkat polusinya terburuk

Serpong, (wuryantoro.com/Info Publik); Lima kota besar di Indonesia dengan tingkat polusi terburuk yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan.

“Lima kota besar dengan tingkat polusi terburuk tersebut ditetapkan berdasarkan hasil penelitian Geofisika dan Meteorologi, FMIPA, Institut Pertanian Bogor,” kata Dosen Geofisika dan Meteorologi, FMIPA, Institut Pertanian Bogor, Sobri Effendy dalam acara Dewan Nasional Perubahan Iklim, di Hotel Aston Summarecon Serpong, Rabu (19/10).

Permasalahan polusi terburuk di lima kota harus diantisipasi secepat mungkin, kata Sobri bila tidak diatasi, maka air laut akan meningkat, pulau-pulau kecil menghilang, serta kota, jalan, pelabuhan dan bandara terancam hilang.

Ia menekankan penanaman pohon adalah cara paling mudah untuk meningkatkan penyerapan emisi CO2 dari atmosfer dan mendinginkan bumi. Mengenai pendanaan reboisasi beberapa negara siap membantu, ujar dia.

Selain itu, kata dia, kereta api listrik merupakan transportasi kedepan yang sangat efektif untuk dikembangkan karena tidak mengandung emisi CO2, sehingga dapat menurunkan emisi gas rumah kaca.

Guna mengatasi permasalahan polusi terburuk di lima kota tersebut, menurut dia, dapat juga dilakukan dengan mengembangkan energi alternatif seperti Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan sebagainya.

Komitmen partisipasi masyarakat juga diperlukan dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca dalam bentuk aksi nasional bersama sesuai dengan komitmen pemerintah. Ini dapat menurunkan emisi 26 persen pada tahun 2020, kata dia.(rm)

0 Comments:

Post a Comment