Nusa Dua, wuyantoro.com – Presiden AS Barack Obama langsung mengatakan terima kasih dan selamat malam dalam Bahasa Indonesia, saat melakukan jumpa pers bersama dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (18/11).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengapresiasi kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam serangkaian pertemuan ASEAN 2011 ini dan komitmen Indonesia terhadap kawasan Asia Timur. Obama menilai di bawah keketuaan Indonesia, ASEAN bisa berperan lebih banyak lagi.

Obama juga menyatakan terima kasihnya kepada SBY, karena bisa hadir di Bali sebagai Presiden AS yang pertama menghadiri KTT Asia Timur. "Saya Presiden Amerika Serikat pertama yang menghadiri KTT ini," katanya.

Presiden Obama juga menyinggung Bali yang terakhir ia kunjungi 18 tahun silam. "Saya senang untuk kembali ke Bali. 18 tahun lalu belum ada pembangunan di sini. Ini menandakan pembangunan yang luar biasa di wilayah ini. Saya selalu merasa senang berada di sini dan mendapatkan kesempatan untuk berdialog dengan teman lama saya, Presiden Yudhoyono," Presiden yang semasa kecil pernah tinggal di Jakarta itu menambahkan.

"Sekali lagi, saya berterima kasih kepada Presiden Yudhoyono karena telah menerima saya kembali ke Indonesia. Terima kasih juga atas keramahtamahan warga Bali sebagai tuan rumah dua KTT penting," kata Obama. "Setalah terciptanya kesepakatan antar kedua negara, saya berharap ke depan akan ada perkembangan yang positif untuk keamanan kawasan dan kemakmuran kita semua."

Selain itu, bagi Obama, ada sejumlah keberhasilan hubungan bilateral RI dan AS. Antara lain, kesepakatan bisnis Boeing dan Lion Air, pembangunan lingkungan, demokratisasi, HAM, dan lain-lain. "Saya berterimakah kepada dia (sambil melirik SBY, red) yang telah mempromosikan hak asasi manusia dan demokratisasi," katanya.

Sebelumnya, Presiden SBY juga menyanjung Presiden Obama dan negaranya. “Republik Indonesia dan Amerika Serikat adalah sesama negara yang menghormati hak asazi manusia,” kata SBY mengawali jumpa pers bersama itu.

SBY juga mengatakan kedua negara telah bersama-sama memperkuat ekonomi di kawasan Asia Pacific agar ekonomi di kawasan ini tumbuh makin kuat. “Partisipasi dan kontribusi AS sangat penting dan Indonesia sangat berharap apabila bisa menjadi salah satu pilar di tahun-tahun mendatang. (TN)