Technical Support Palsu, Awas Scammers

Jakarta, wuryantoro.com; Banyak cara yang scammer lakukan untuk dapat menyerang PC anda, cara-cara  tersebut antara lain, melalui perangkat lunak berbahaya, peringatan keamanan palsu serangan phishing dan banyak lagi. Tapi orang-orang jahat sekarang telah menyusun sebuah cara baru yaitu melalui telepon.

Para penelepon, biasanya mengaku ia dari Microsoft, dan membutuhkan untuk akses remote PC mereka  (korban) untuk mengatasi masalah tertentu. Mereka bahkan menyarankan menginstal kode akses remote sehingga scammer akan memiliki akses penuh ke PC korban.

Tapi sampai saat ini scam telepon ini hanya ditujukan untuk negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris, termasuk Amerika Utara dan Inggris. Penelepon berpura-pura dari Microsoft dan mencoba untuk menjual sesuatu kepada korban, mengarahkan korban ke situs web tertentu, meminta akses remote, untuk menginstal perangkat lunak, nomor kartu kredit, atau menjalankan scan keamanan palsu yang menunjukkan infeksi. pada komputer korban. Tim Trustworthy Computing melakukan survei dari 7.000 orang, dan menemukan bahwa lebih dari 1.000 orang telah menerima panggilan telepon ini. Dari  1.000 orang, 22 persen orang  telah menjadi korban penipuan ini atau sekitar 234 orang , dan 184 dari mereka, uangnya telah hilang -dengan rata-rata, lebih dari $ 800.

Sebelumnya Microsoft melalui blog security resminya menyatakan bahwa microsoft dan mitranya tidak akan pernah melakukan panggilan untuk mengenakan biaya untuk perbaikan komputer. Jika seseorang menelepon Anda dan mengaku dari Microsoft berikut yang harus anda lakukan:

Jangan pernah memberikan kontrol komputer Anda ke pihak ketiga kecuali jika Anda dapat memastikan bahwa itu adalah wakil sah dari tim dukungan/support/service komputer dengan siapa Anda sudah menjadi pelanggan.
Jangan pernah memberikan kartu kredit atau informasi keuangan kepada seseorang yang mengaku dari dukungan teknis Microsoft jika Anda tidak memulai panggilan ke Microsoft sebelumnya.

Segera melaporkannya kepada pihak berwenang. Jika Anda pikir Anda sudah menjadi korban scam, periksa kiat yang dapat membantu Anda melindungi uang dan identitas anda.
Terakhir, selalu menjaga PC Anda dan lindungi dengan perangkat lunak antivirus seperti Microsoft Security Essentials , yang bebas atau perangkat lunak dari salah satu mitra microsoft.

0 Comments:

Post a Comment