Siklus Akuntansi dan Elemen Siklus Akuntansi

Sebelum Mulai menggunakan Software Akuntansi dan Belajar tentang akuntansi ada baiknya anda perlu mengetahui apa yang disebut dengan siklus akuntansi dan elemen-elemen apa saja didalam siklus akuntansi tersebut.

Pengertian Siklus Akuntansi

Salah satu definisi akuntansi adalah suatu seni mencatat, menggolongkan, menganalisa, menafsirkan dan menyajikan laporan keuangan dalam suatu perusahaan secara sistematis. Jadi jelas dalam hal ini bahwa akuntansi adalah suatu proses atau transformasi data akuntansi menjadi informasi akuntansi atau yang sering disebut dengan laporan keuangan. Proses transformasi data akuntansi menjadi informasi akuntansi dilakukan dengan melalui beberapa tahap sehingga tahapan tersebut menjadi suatu siklus yang disebut siklus akutansi.

Baca Juga: Teori Belajar

Elemen - Elemen Siklus Akuntansi

Beberapa elemen yang dapat dijelaskan dalam siklus akuntasi di atas adalah sebagai berikut:
  1. Bukti Transaksi
    Merupakan seluruh dokumen yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan. Contoh bukti transaksi antara lain kwitansi, faktur, cek, bukti kas keluar dan sebagainya.
  2. Jurnal
    Jurnal merupakan catatan akuntansi yang pertama yang digunakan melakukan pencatatan, pengklasifikasian dan peringkasan data keuangan.
  3. Buku Besar
    Buku besar atau General Ledger merupakan buku yang digunakan untuk melakukan peringkasan, pengklasifikasian data-data keuangan yang berasal dari data jurnal dari hasil proses posting
  4. Buku Pembantu
    Buku pembantu merupakan buku yang terdiri dari rekening-rekening pembantu yang berisi rincian data keuangan yang tercantum dari rekening tertentu yang ada dalam buku besar (dalam perusahaan dagang)
  5. Laporan Keuangan
    Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses pengolahan data akuntansi berupa Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laporan Perubahan Modal, Arus Kas dan lain - lain.

Post a Comment

0 Comments