Thursday, April 5, 2012

Cara Membuat Nugget Ayam dan SeaFood

Membuat Nugget Sendiri

Terkadang keberhasilan dan kesuksesan anda secara finansial berawal dari hal yang anda tidak pernah membayangkan dan orang lain bayangkan sebelumnya, dari mana kesuksesan itu berawal ? Jawabannya dari Dapur Anda sendiri dirumah. Iya dengan membaca artikel saya kali ini tentang cara membuat nugget barangkali anda menemukan sebuah peluang baru untuk memulai berbisnis.

Memilih Bahan Baku Cara Membuat Nugget


Tentukan bahan baku apa yang akan anda gunakan ! lazimnya dan umumnya nugget berbahan baku ayam dan seafood.

  1. Memilih Daging Ayam
    Melengkapi artikel saya sebelumnya tentang tips memilih daging ayam, Kali ini saya akan kembali sedikit mengulas tentang cara memilih daging ayam. Berdasarkan mutunya, daging ayam dibedakan menjadi dua, yaitu dark meat dan white meat. White meat adalah daging ayam yang memiliki mutu bagus dan menyehatkan, misalnya daging bagian dada. Dark meat adalah daging ayam dengan mutu kurang bagus dan kurang baik bagi kesehatan, misalnya daging bagian paha dan sayap. Dark meat jarang dikonsumsi di negara maju.
    Untuk membuat nugget, gunakan daging ayam bagian dada tanpa tulang, lemak, dan kulit. Kandungan lemak yang terlalu banyak di samping kurang baik bagi kesehatan juga memengaruhi daya tahan makanan karena lemak mudah teroksidasi dan menjadi tengik.
    Pilih daging ayam yang masih segar dan baru dipotong. Periksa dengan teliti kondisi daging ayam yang dibeli. Hindari membeli daging ayam yang berwarna kebiruan, kehijauan, setengah busuk, atau yang mengilat dan berbau formalin. Ayam yang mengandung formalin biasanya hanya sedikit dikerumuni lalat. Sebelum diolah, ayam dicuci dengan air dingin hingga bersih. Daging ayam juga bisa dibeli di supermarket, biasanya berupa daging ayam beku yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki sertifikat pengolahan daging ayam, sehingga kualitasnya lebih terjamin.

  2. Seafood
    Seafood dapat juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan nugget. Hal ini berkaitan dengan pergeseran pola konsumsi makanan sehat, dari sebelumnya mengonsumsi makanan four legs, two legs, kemudian no leg. Artinya, dahulu orang lebih memilih mengonsumsi daging dari hewan berkaki empat seperti sapi, kemudian bergeser ke hewan ber kaki dua (unggas), dan terakhir lebih memilih mengonsumsi daging dari hewan tanpa kaki (ikan).(Yuyun A, Agro Media)

  3. Memilih Tepung
    Tepung sangat penting untuk melapisi nugget dan sebagai pengisi adonan. Pilihlah tepung yang sesuai dan terjangkau. Di pasaran sudah tersedia tepung pelapis nugget berupa butter mix dan tepung roti siap pakai. Atau jika ingin lebih hemat lagi bisa membuat batter mix sendiri dengan mencampurkan tepung terigu, telur, dan baking soda menjadi satu. Jenis tepung yang digunakan untuk pelapisan adalah tepung terigu, tepung jagung, dan tepung beras. Sebaiknya pilih yang berkualitas dan terjangkau.
    Untuk bahan tepung pengisi bisa dipilih tepung tapioka atau tepung sagu. Karena sebagai bahan pengisi tepung ini mampu menahan air lebih banyak dibanding tepung jagung atau beras, disamping itu memberi tekstur kenyal dan elastis.(Yuyun Alamsyah, Gramedia, 2008)
Bahan - Bahan Membuat Nugget

  1. 400 gr daging ayam giling

  2. 5 sdm tepung terigu

  3. 1 btr telur ayam

  4. 50 gr bawang bombay cincang

  5. 2 btr putih telur

  6. tepung panir

  7. minyak goreng secukupnya

  8. Bumbu yang di haluskan
    2 siung bawang putih sedikit merica/lada, pala, dan garam

Cara Membuat Nugget

  1. campur ayam dengan tepung terigu dan telur aduk rata

  2. masukkan bumbu halus bawang bombay, aduk rata

  3. Ambil loyang kecil segi panjang olesi margarin, tuang adonan ayam, ratakan lalu kukus sampai matang

  4. Setelah matang angkat dinginkan potong-potong segi empat

  5. Lumuri dengan tepung panir celup ke putih telur lalu lumuri kembali dengan tepung panir

  6. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan, angkat, Hidangkan.
(Tuti Sunardi : 2005)

Demikian artikel saya kali ini tentang Cara Membuat Nugget Ayam dan SeaFood semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment