Fungsi Komunikasi

Menurut Harol D. Lasswell adalah sebagai berikut :
  1. The surveillance of the environment, fungsi komunikasi adalah untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi mengenai kejadian dalam suatu lingkungan.

  2. The correlation of correlation of the parts of society in responding to the environment, dalam hal ini fungsi komunikasi mencakup interpretasi terhadap informasi mengenai lingkungan.

  3. The transmission of the social heritage from one generation to the next, dalam hal ini transmission of culture difokuskan kepada kegiatan mengkomunikasikan informasi, nilai-nilai, dan norma sosial dari suatu generasi ke generasi lain.



    Fungsi dan manfaat komunikasi Menurut Deddy Mulyana dalam bukunya Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2005 : 5) mengutip fungsi komunikasi menurut Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson:
    1. Untuk kelangsungan hidup diri-sendiri yang meliputi keselamatan fisik, meningkatkan kesadaran pribadi, menampilkan diri kita sendiri kepada orang lain dan mencapai ambisi pribadi.

    2. Untuk kelangsungan hidup masyarakat, tepatnya untuk memperbaiki hubungan sosial dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.

    Fungsi Komunikasi dan Manfaat Komunikasi

    Fungsi dan Contoh Komunikasi Non Verbal

    1. Repetisi
    Perilaku non verbal dapat mengulangi perilaku verbal. Contoh repetisi, Anda menganggukkan kepala ketika mengatakan Ya, "atau menggelengkan kepala ketika mengatakan Tidak, atau menunjukkan arah (dengan telunjuk) ke mana seseorang harus pergi untuk menernukan WC.

    2. Subtitusi
    Anda bisa berinteraksi dengan orang lain. Misalnya, seorang pengamen mendatangi mobil Anda kemudian tanpa mengucapkan sepatah katapun Anda menggoyangkan tangan Anda dengan telapak tangan mengarah ke depan (sebagai kata pengganti Tidak). Isyarat nonverbal yang menggantikan kata atau frasa inilah yang disebut emblem.

    3. Kontradiksi
    Perilaku non verbal dapat membantah atau bertentangan dengan perilaku verbal dan bisa memberikan makna lain terhadap pesan verbal . Contoh kontradiksi, Anda memuji prestasi teman sambil mencibirkan bibir.

    4. Aksentuasi
    Memperteguh, menekankan atau melengkapi perilaku verbal. Contoh aksentuasi, menggunakan gerakan tangan, nada suara yang melambat ketika berpidato. isyarat nonverbal tersebut disebut affect display.

    5. Komplemen
    Perilaku Nonverbal dapat meregulasi perilaku verbal. Contoh Komplemen, saat kuliah akan berakhir, Anda melihat jam tangan dua-tiga kali sehingga dosen segera menutup kuliahnya.

    Manfaat Komunikasi

    Fungsi dan Manfaat Komunikasi menurut Alo Liliweri (2007 ; 18), secara umum ada lima kategori fungsi utama komunikasi dan Manfaat Komunikasi diantaranya :
    1. Sumber atau pengirim menyebarluaskan informasi agar dapat diketahui penerima (informasi / to inform), fungsi utama dan pertama dari informasi adalah menyampaikan pesan (informasi) atau menyebarluaskan informasi kepada orang lain, artinya diharapkan dari penyebarluasan informasi itu para penerima informasi akan mengetahui sesuatu yang ingin dia ketahui.

    2. Sumber menyebarluaskan informasi dalam rangka mendidik penerima (pendidikan / to educate), fungsi utama dan pertama dari informasi adalah menyampaikan pesan (informasi) atau menyebarluaskan informasi yang bersifat mendidik kepada orang lain, artinya dari penyebarluasan informasi itu diharapkan para penerima informasi akan menambah pengetahuan tentang sesuatu yang ingin dia ketahui.

    3. Sumber memberikan instruksi agar dilaksanakan penerima (instruksi), fungsi instruksi adalah fungsi komunikasi untuk memberikan instruksi (mewajibkan atau melarang) penerima melakukan sesuatu yang diperintahkan.

    4. Sumber mempengaruhi komunikan dengan informasi yang persuasif untuk mengubah persepsi, sikap dan perilaku penerima (persuasi / to influence), fungsi persuasi terkadang disebut fungsi memengaruhi, fungsi persuasi adalah fungsi komunikasi yang menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi (mengubah) sikap penerima agar dia menentukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan kehendak pengirim.

    5. Sumber menyebarluaskan informasi untuk menghibur sekaligus mempengaruhi penerima (menghibur / to entertain), fungsi hiburan adalah fungsi pengirim untuk mengirimkan pesan–pesan yang mengandung hiburan kepada penerima menikmati apa yang diinformasikan.

    6. Membantu perkembangan intelektual dan sosial kita. Artinya bahwa perkembangan intelektual dan sosial kita sangat ditentukan oleh kualitas komunikasi kita dengan orang lain. Identitas atau jati diri kita terbentuk melalui komunikasi dengan orang lain. Bahwa selama proses berkomunikasi dengan orang lain, kita akan mengamati, memperhatikan, dan mencatat dalam hati semua tanggapan yang diberikan oleh orang lain terhadap kita.

    7. Dengan kornunikasi yang benar, kita akan mampu memahami kenyataan yang ada disekeliling kita. Kita juga akan mampu menguji kebenaran.

    Menurut Ahli

    Menurut MacBride (1977) editor buku Many Voices One World, diuraikan bahwa apabila komunikasi di pandang dari arti yang lebih luas, maka fungsi dan manfaat komunikasi dalam tiap sistem sosial adalah sebagai berikut:
    1. Fungsi Informasi ; yaitu pengumpulan, penyampaian, pemrosesan, penyebaran berita, data gambar, fakta dan pesan, opini dan komentar yang dibutuhkan agar orang dapat mengerti dan bereaksi secara jelas terhadap kondisi.

    2. Fungsi sosialisasi : penyediaan sumber ilmu pengetahuan yang memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif, yang menyebabkan ia sadar akan fungsi sosialnya sehingga ia dapat aktif didalam masyarakat.

    3. Fungsi motivasi: menjelaskan tujuan setiap masyarakat jangka pendek maupun jangka panjang, mendorong orang menentukan pilihannya dan keinginannya.

    4. Perdebatan dan diskusi : menyediakan dan saling menukar fakta yang diperlukan untuk memungkinkan persetujuan atau menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah publik.

    5. Fungsi pendidikan : pengalihan ilmu pengetahuan sehingga mendorong perkembangan intelektual, pembentukan watak, dan pendidikan ketrampilan serta kemahiran yang diperlukan pada semua bidang kehidupan.

    6. Memajukan kebudayaan : penyebaran hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan masa lalu perkembangan kebudayaan dengan memperluas horizon seseorang.

    7. Fungsi hiburan : penyebarluasan sinyal atau lambang-lambang, simbol-simbol, suara, dan citra (image) dari drama, tari, kesenian, dan lain sebagainya.
    8. Komunikasi sebagai pembangkit makna : komunikasi bukan hanya sebagai proses, melainkan komunikasi juga sebagai pembangkit makna (the generation of meaning). Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, setidaknya orang lain tersebut memahami maksud pesan kita, kurang lebih secara tepat.

    9. Fungsi integrasi : menyediakan bagi bangsa, kelompokman individu kesempatan memperoleh berbagai pesan yang diperlukan mereka agar mereka saling kenal dan mengerti, menghargai kondisi, pandangan dan keinginan orang lain ( Effendy, 2002:27-28 ).

    Manfaaat Komunikasi Bisnis

    Mungkin pada era tahun 90-an agak sulit dibayangkan jika jaringan Internet akan menjadi salah satu yang paling trend menjadi medium dalam komunikasi bisnis. Saat ini tersedia berbagai media komunikasi bisnis baik cetak mapun elektronik, media tersebut memainkan peran penting dalam komunikasi bisnis saat ini. Diantaranya adalah E-mail, SMS, surat, dan telepon saat ini merupakan media komunikasi yang sangat penting. Bahkan untuk menekan biaya dan untuk memacu produktivitas yaitu dengan solusi berbasis I P (Internet Protocol) yang sangat handal dan efisien untuk menunjang komunikasi bisnis. E-mail juga telah mampu mengubah komunikasi bisnis tradisional (konvensional) menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Salah satu manfaat komunikasi bisnis adalah dapat menjadi penghubung untuk memberi masukan, masukan itu bisa berupa keluhan atau kritik sehingga masukan itu lebih efektif dan tepat sasaran.

    Baca Juga: Pengertian Komunikasi

    Manfaat nya dalam komunikasi bisnis adalah untuk mencapai keberhasilan sebuah negosiasi ditentukan oleh banyak faktor antara lain efektifitas, efisiensi dan saat yang tepat (riming). Dalam kaitan itulah, globalisasi teknologi juga melanda dunia komunikasi bisnis. Segala bentuk dan piranti komunikasi bisnis menjadi penentunya. Salah satu tujuan komunikasi bisnis adalah kegiatan untuk melakukan persuasi kepada pihak lain dengan tujuan agar apa yang akan disampaikan bisa dipahami oleh target pendengar atau pelanggan dengan baik dan benar.

    komunikasi


    Berikut kami tuliskan beberapa pengertian komunikasi bisnis.

    Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis dan komunikasi itu mencakup komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

    Sedangkan menurut Katz (1994), "komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial".

    Manfaat Komunikasi Terapeutik

    Komunikasi ini mendatangkan beberapa manfaat antara lain:

    1. Mendorong dan menganjurkan kerja sama antara perawat dengan pasien melalui hubungan bidan pasien;
    2. Mengidentifikasi, mengungkap perasaan, dan merigkaji masalah dan mengevaluasi tindakan yang dilakukan oleh bidan.

    Menurut Christina, dkk. (2003):
    1. Mendorong dan menganjurkan kerja sama antara perawat dengan pasien melalui hubungan perawat dengan pasien.
    2. Mengidentifikasi, mengungkapkan perasaan, dan mengkaji masalah, serta mengevaluasi tindakan yang dilakukan oleh perawat.

    Buku-buku tentang Komunikasi

    Practical Communication Skill Johnson Alvonco, Ph.D - 2014