Pengenalan Komputer

Coba anda perhatikan hal-hal berikut ini tentang troubleshooting komputer, Ada sekitar 55 juta transistor dalam Intel Pentium 4, hampir 4,3 miliar transistor dalam 512MB RAM, dan ratusan juta transistor dalam processor, chipset, motherboard, vga, dan sebagainya. Dan milyaran transistor dalam PC ini yang saling berhubungan tidak hanya harus berfungsi dengan baik, tetapi juga harus beroperasi secara teratur dalam jeda waktu yang sangat ketat (clock), mungkin dapat diukur dalam picoseconds (trilyun per detik).

Apakah Anda menyadari bahwa PC / Komputer Anda akan terkunci atau crash jika salah satu dari milyaran transistor gagal beroperasi dengan baik dan tepat waktu atau jika salah satu dari miliaran jalur sirkuit antar transistor gagal.

Ketika saya mengamati sebuah langkah sistem melalui urutan startup, mampu mengubah dalam 30 detik dari pertama menyala, Sebuah Casing besi menjadi mesin fantastis yang mampu dan praktis hidup dengan cahaya, suara, dan energi, saya berpikir tentang miliaran komponen yang harus berfungsi dengan baik. Tapi seperti yang Anda bayangkan, akan ada banyak kesempatan untuk timbul sebuah masalah pada komputer itu.

Untungnya, desain dan teknik manufaktur modern telah membuat PC lebih dapat diandalkan dan lebih mudah untuk memberikan layanan meskipun terus meningkat kompleksitas internal komputer.

Troubleshooting PC


Sistem Komputer masa kini memiliki komponen yang semakin sedikit pada masing-masing bagian di komputer, yang ada hanyalah semacam paradoks: Bahwa PC telah menjadi lebih kompleks, tetapi komputer juga akan menjadi lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dengan berbagai cara.

Kebanyakan PC memiliki hampir 20 bagian, beberapa mungkin memiliki sedikitnya 10 atau 15 bagian, tergantung dari berapa banyak fitur dan bagaimana fitur tersebut terintegrasi.

Dari perspektif troubleshooting PC hardware, salah satu komponen pada komputer tidak akan bekerja dengan baik jika hardware tidak dipasang, dikonfigurasi, atau rusak. Jika tidak terpasang dan dikonfigurasi secara benar, komponen dapat "diperbaiki" dengan hanya dipasang ulang atau konfigurasi ulang. Jika rusak, komponen hanya bisa diganti.

Troubleshooting Komputer


Ketika sebuah PC dibelah dalam bahasa kerennya dioprek, Anda dapat melihat bahwa komponen-komponen didalam PC sebenarnya tidak terlalu rumit, itulah sebabnya saya akan berusaha membantu anda untuk dapat melakukan perbaikan sendiri dan upgrade PC.

Ketika berhadapan dengan masalah hardware, cara berpikir sederhana kita adalah bahwa kita biasanya tidak akan memperbaikinya kecuali memasang ulang atau mengganti hardware yang baru.

Bahkan sebuah perusahaan perakitan komputer terkenal mengakui menemukan lebih dari 60% masalah ditangani oleh teknisi karena kesalahan instalasi atau konfigurasi hardware dan bukan karena benar-benar kerusakan. Ini sebenarnya dorongan utama di balik revolusi teknologi plug-and-play, sehingga : tidak harus secara manual mengkonfigurasi jumper dan switch pada hardware, Hampir tidak dibutuhkan keahlian untuk menginstal perangkat keras dengan benar.

Akhirnya sering kali lebih murah untuk mengganti papan sirkuit yang rusak daripada memperbaikinya. Sebagai contoh, Anda membeli motherboard baru dengan harga sekitar 500 ribu. Tapi untuk memperbaiki motherboard biasanya akan mengeluarkan biaya lebih banyak lagi.

Inilah efek dari semua teknologi plug and play bahwa komponen pada PC Anda telah menjadi sebuah teknologi sekali pakai.

(Tatak Nurandhari, BSI Jatiwaringin, Teknik Komputer, 14.4C.11, 13100553)