Sebagian besar wanita mengalami timbul jerawat ketika menjelang menstruasi, timbulnya jerawat ini terjadi terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Timbulnya jerawat ini bukan tanpa alasan, kenapa ? karena sekitar seminggu sebelum haid terjadi peningkatan yang signifikan hormon progesteron yang dominan, dan memacu aktifitas kelenjar lemak menjadi meningkat, sehingga terjadi peradangan dan timbul jerawat.

Bagi kaum laki-laki timbulnya jerawat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : keturunan, kejiwaan (stress emosional), makanan, lingkungan, alergi, perawatan yang salah dan buang air besar tidak teratur.

Bagi anda yang telah mengetahui cara menghilangkan jerawat, sekarang tinggal berpikir bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat itu, karena setiap peradangan sangat berpotensi meninggalkan bekas, termasuk jerawat, juga sangat berpotensi meninggalkan bekas jerawat. Sebagai tindakan pencegahan supaya bekas jerawat tidak meninggalkan bekas berlubang dan hitam. Jangan memencet jerawat ketika jerawat itu sedang merah dan meradang, akan tetapi jika anda menderita jenis jerawat batu sebaiknya anda mengunjungi dokter kulit atau mencari cara menghilangkan jerawat.

Bagi penderita jerawat batu biasanya akan disuntikkan kortikosterid ke dalam jerawat. Jika telah terlanjur menghitam dan sudah tidak meradang lagi dapat dicoba menggunakan lulur dalam waktu seminggu, dan harus membersihkan wajah secara teratur setiap hari.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Bengkuang

Cara menghilangkan bekas jerawat juga dapat dilakukan dengan cara-cara alami seperti penggunaan bedak bengkuang dan masker bengkuang, bengkuan selain dapat menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda flek, menghilangkan bekas jerawat dan mengencangkan kulit wajah.

Ambil beberapa buah bengkuang kemudian keringkan, pada saat mengeringkan dapat menggunakan mesin pengering atau dijemur hingga terkena sinar matahari kemudian tumbuk hingga halus. Bubuk bengkuang tersebut kemudian dicampur dengan air bersih atau air mawar dan gunakan seperti memakai bedak, diamkan hingga bedak kering di wajah, kemudian bersihkan bedak atau masker bengkuang menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Teh

Mungkin anda tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa teh baik green tea dan black tea dicampur dengan beras putih mempunyai khasiat untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan debu, menghilangkan bau badan, memberikan nutrisi yang baik untuk kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit keriput, mencegah jerawat, menghilangkan selulit, mengandung anti oksidan, menghilangkan bekas jerawat dan noda-noda hitam serta mencegah kanker kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Kopi

Kopi juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan karena kandungan lignan dan mineral didalam kopi berkhasiat untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit serta menyegarkan rona wajah. lulur kopi juga bermanfaat untuk mengangkat kulit mati, menghilangkan bekas jerawat dan noda flek hitam.

Semua cara menghilangkan bekas jerawat diatas harus dilakukan secara rutin dan teratur, karena semuanya melalui cara alami maka biasanya dibutuhkan waktu yang lama dan bukan secara instan. Untuk mencegah jerawat harus dilakukan diet rendah lemak dan karbohidrat, mengurangi makan makanan pedas, perawatan kulit yang teratur setiap hari, cukup istirahat dan olah raga, menghndari stress menggunakan kosmetik secukupnya, menghindari polusi dan tidak memencet jerawat yang sedang merah atau meradang.

Terkadang bekas jerawat memerlukan cara menghilangkan bekas jerawat dengan bantuan khusus seperti Facial Treatment TCA, AHA, micro dermabration, laser resurfacing.