Demokrasi Pancasila

Demokrasi Pancasila tidak sama dan bukan demokrasi liberal dan juga bukan demokrasi rakyat ala negara-negara sosialis. Sejarah lahirnya demokrasi pancasila dan latar belakang munculnya demokrasi pancasila adalah adanya berbagai penyelewengan dan permasalahan yang dialami bangsa Indonesia ketika berlakunya Sistem Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin.

ldentitas demokrasi pancasila adalah sila keempat, Dan oleh karenanya pengertian demokrasi pancasila adalah demokrasi yang merupakan perwujudan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Sehingga dapat digambarkan pengertian demokrasi pancasila adalah sistem pemerintahan negara yang berlandaskan pada falsafah Pancasila dan di dalam pelaksaannya berpedoman pada segala ketentuan yang terdapat pada Pancasila dan UUD 1945.

Dan ciri khas demokrasi pancasila adalah musyawarah untuk mufakat. Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusian yang adil dan beradab, persatuan indonesia dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Prinsip demokrasi pancasila adalah memperhatikan kepentingan semua golongan, lapisan masyarakat, berbagai daerah, suku dan agama, sebaliknya tidak berprinsip pada kemutlakan suara terbanyak yang dapat mengakibatkan tirani.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian demokrasi pancasila adalah demokrasi kekeluargaan, kebersamaan, kegotongroyongan. Beda sekali hakikat demokrasi pancasila dengan hakikat demokrasi barat yang berakar pada kedaulatan berdasar individualisme.