Kenapa tiba-tiba tarian harlem shake begitu populer di youtube pada februari 2013 ? Kemudian ini membawa anda dan saya penasaran tentang asal-muasal harlem shake dan arti harlem shake. Bahkan beberapa data yang saya kumpulkan mendapatkan sepanjang minggu kedua februari 2013, lebih dari 4.000 video Harlem Shake yang diunggah ke YouTube setiap hari (dari laporan resmi YouTube trend). Pada tanggal 13 bulan Februari, sekitar 12.000 video Harlem Shake telah diupload, dan memperoleh lebih dari 44 juta penayangan.

Tarian harlem shake adalah gaya tari yang melibatkan pivoting bahu hingga keluar bunyi letusan dan bahu lainnya bergoyang pada waktu yang sama. Pada tahun 1981 mulai diperkenalkan oleh penduduk Harlem New York City bernama Al Bm, pada awalnya tarian ini disebut sebagai albee, namun kemudian dikenal sebagai harlem shake. Popularitas tari mencapai puncaknya sekitar tahun 2001, ketika ditampilkan dalam lagu oleh beberapa artis hip hop seperti Jadakiss, Cam'ron dan P. Diddy di New York.

Dan akhirnya pada tanggal 7 Februari lalu seorang pengguna youtube mengupload video harlem shake berjudul harlem shake v3 (office edition) yang menampilkan seorang staf perusahaan pembuat video (Studio Video) sedang menari harlem shake. Video ini langsung mengumpulkan penayangan lebih dari 7,4 juta kali pada minggu pertama.