Faktor-faktor Kreatifitas

Faktor-faktor kreativitas menurut ahli adalah seperti dijabarkan dalam faktor-faktor terciptanya kreativitas dibawah ini. Faktor-faktor terciptanya kreatifitas menurut Torrance Munandar yang dikutip oleh Anggani Sudomo adalah sebagai berikut :
  1. Kelancaran, Dalam mengungkapkan atau banyaknya masukan atau informasi yang dimiliki. Kecepatan dan lancarnya dalam mengeluarkan informasi, pendapat, pemikiran membuat anak mencipta yang baru.
  2. Luwes, Ketika anak mengeluarkan pendapat, pemikiran maupun jawabannya, sikap perilaku kita adalah menerima. Menerima ini tidak akan membuat anak, kecil hati. Betul atau salah tidak perlu kita ungkapkan pada saat itu. 
  3. Alternatif / Pilihan, Dari sekian banyak informasi, pendapat maupun pikiran itu kemudian dipilih yang tepat / paling tepat.
  4. Orisinil / asli, Apa yang diciptakan itu diharapkan selalu mengandung unsur asli atau orisinil. Tidak menyontek / meniru. Penekanan tentang orisinil ini akan menghasilkan anak yang prilakunya jujur, dan penuh tanggung jawab.
  5. Elaborasi / dikerjakan Dengan Rinci,Tekun, dan Cermat Pada waktu menciptakan hendaknya selalu disarankan atau dianjurkan agar dikerjakan dengan lebih rinci atau teliti. Dengan elaborasi kita menaruh harapan yang tinggi untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan tidak begitu-begitu saja, tetapi dengan hasil lebih baik dan lebih sempurna.
Kreatifitas terjadi karena pembiasaan, yaitu pembiasaan mencipta sesuatu yang baru. Untuk mencipta yang baru dibutuhkan banyak masukan. Karena dengan masukan-masukan tersebut yang datangnya dari berbagai bidang akan memicu akal diri sendiri untuk mencipta.