WEB SPAM ::: Jenis-Jenis dan Kategori WebSpam

Beberapa yang diperangi oleh google antara lain adalah web spam, bahkan menurut google lebih dari satu juta halaman spam dibuat setiap harinya. Situs spam berusaha untuk berada pada posisi teratas hasil penelusuran melalui teknik seperti mengulangi kata kunci berkali-kali, membeli tautan yang melewati PageRank, atau meletakkan teks yang tidak terlihat pada layar. Tetapi google berusaha keras untuk melawan webspam ini dengan algoritma komputer dan secara manual.

Situs spam muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa situs spam hanya merupakan omong kosong yang dihasilkan secara otomatis (auto generate content) Contoh yang nyata yang belum diperangi google adalah situs pencari MP3, padahal mereka generate content lewat API 4shared.com, kemudian auto generate content yang bahasa dan tata kalimatnya tidak dapat dimengerti oleh manusia.

Ada juga situs yang menggunakan teknik spam halus. Sedangkan spam murni adalah yang merupakan situs yang menggunakan teknik spam paling agresif. Kebanyakan Spam Murni didentifikasi secara manual dan dihapus agar tidak muncul di hasil penelusuran.Jika anda ingin melihat situs apa saja yang telah dihapus dari index google dapat melalui tautan ini http://www.google.com/insidesearch/howsearchworks/fighting-spam.html 

Dan berikut adalah jenis - jenis dan kategori webspam menurut google :

Situs Redirect 

Pada Webspam jenis ini situs menampilkan konten berbeda antara yang ditampilkan kepada pengunjung, dan yang ditampilkan ke mesin telusur atau memberikan tautan pengguna ke laman berbeda selain apa yang dilihat Google.

Situs yang diretas/dihack

Sebagian laman pada situs anda mungkin telah diretas/dihack oleh pihak ketiga untuk menampilkan konten atau tautan berisi spam. Pemilik situs web harus mengambil tindakan segera untuk membersihkan situs mereka dan memperbaiki kerentanan keamanan yang ada.

Teks tersembunyi dan/atau penjejalan kata kunci

Beberapa laman Anda mungkin berisi teks tersembunyi dan/atau penjejalan kata kunci secara berulang-ulang.Teks tersembunyi ini dapat berupa warna font yang sama dengan warna background, ukuran huruf/font yang dibuat menjadi 0px.

Domain yang diparkir

Domain yang diparkir adalah situs placeholder dengan sedikit konten unik, jadi Google biasanya tidak memasukkan domain seperti ini ke dalam hasil penelusuran.

Spam Murni

Situs menggunakan teknik spam agresif dibuat secara otomatis (auto generated content), penyelubungan, mencuri konten dari situs lain dengan berlangganan RSS, Copy Paste, Curl, File_Get_Contents, dan/atau pelanggaran berat maupun berulang dari Pedoman Webmaster Google.

Penyedia DNS dinamis (subdomain) dan hosting gratis berisi spam

Situs ini dihosting oleh penyedia DNS dinamis/subdomain atau layanan hosting gratis yang memiliki sebagian besar konten berisi spam.

Tautan keluar yang tidak wajar dari situs

Google mendeteksi pola tautan keluar yang tidak alami, palsu, menipu, atau manipulatif pada situs. Hal ini mungkin disebabkan oleh penjualan tautan yang lolos PageRank atau partisipasi dalam skema tautan.

Tautan tidak wajar ke situs (backlink)

Google telah mendeteksi pola tautan tidak alami, palsu, menipu, atau manipulatif yang menunjuk ke situs anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh pembelian tautan yang lolos PageRank atau partisipasi dalam skema tautan.

Hingga akhirnya google pada april 2011 pembaruan algoritme dengan nama kode "Penguin" yang mengurangi peringkat situs yang menggunakan taktik webspam. Jika anda webmaster situs anda telah deindex oleh google dan ingin dikembalikan untuk diindex atau mengajukan banding atas tindakan google yang tidak lagi mengindeks situs anda dapat melalui tautan ini teknik mengembalikan situs yang deindex.

0 Comments:

Post a Comment