DEFINISI PUBLIC RELATION, Para ahli banyak mendefinisikan dan mengartikan tentang hubungan masyarakat, tapi tahukah anda bahwa Thomas Jefferson pada tahun 1807 adalah ahli yang pertama kali mendefinisikan hubungan masyarakat yang waktu itu dikenal sebagai public relation.

Pengertian hubungan masyarakat menurut Ibnoe Syamsi dalam Suryosubroto (2004: 155) definisi humas adalah sebagai kegiatan organisasi untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat agar mereka mendukungnya dengan sadar dan sukarela. Kegiatan kehumasan adalah melakukan publisitas tentang kegiatan organisasi kerja yang patut diketahui oleh pihak luar secara luas. Bentuknya adalah menyebarluaskan informasi dan memberikan penerangan-penerangan untuk menciptakan pemahaman yang sebaik-baiknya di kalangan masyarakat luas mengenai tugas-tugas dan fungsi yang diemban sekolah tersebut, termasuk mengenai kegiatan yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan berdasarkan volume dan beban kerjanya.

Definisi hubungan masyarakat yang lainnya adalah kegiatan komunikasi yang direncanakan, dibina secara terus menerus dengan tujuan memberikan penerangan, pendidikan, menciptakan pengetahuan.

Menurut J.C Seidel (2011:7) pengertian public relation adalah proses kontinu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill (itikad baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas, ke dalam mengadakan analisis, sedangkan ke luar memberikan pernyataan-pernyataan.

Sedangkan menurut IPRA (2011: 10), pengertian public relation adalah fungsi manajemen dari ciri-ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau negara untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka.

Sehingga dapat disimpulkan dari definisi di atas definisi public relation secara ringkas dapat diartikan sebagai sebuah usaha sengaja organisasi-organisasi untuk mendapatkan kerjasama dari sekelompok orang atau publiknya/ mendapatkan goodwill (opini publik yang positif).

Post a Comment

Previous Post Next Post