Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

HUMAS : Definisi, Pengertian, Public Relation

DEFINISI PUBLIC RELATION, Para ahli banyak mendefinisikan dan mengartikan tentang hubungan masyarakat, tapi tahukah anda bahwa Thomas Jefferson pada tahun 1807 adalah ahli yang pertama kali mendefinisikan hubungan masyarakat yang waktu itu dikenal sebagai public relation

 
Pengertian hubungan masyarakat menurut Ibnoe Syamsi dalam Suryosubroto (2004: 155) definisi humas adalah sebagai kegiatan organisasi untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat agar mereka mendukungnya dengan sadar dan sukarela. Kegiatan kehumasan adalah melakukan publisitas tentang kegiatan organisasi kerja yang patut diketahui oleh pihak luar secara luas. Bentuknya adalah menyebarluaskan informasi dan memberikan penerangan-penerangan untuk menciptakan pemahaman yang sebaik-baiknya di kalangan masyarakat luas mengenai tugas-tugas dan fungsi yang diemban sekolah tersebut, termasuk mengenai kegiatan yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan berdasarkan volume dan beban kerjanya.

Definisi hubungan masyarakat yang lainnya adalah kegiatan komunikasi yang direncanakan, dibina secara terus menerus dengan tujuan memberikan penerangan, pendidikan, menciptakan pengetahuan.

Menurut J.C Seidel (2011:7) pengertian public relation adalah proses kontinu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill (itikad baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas, ke dalam mengadakan analisis, sedangkan ke luar memberikan pernyataan-pernyataan. 
 

Sedangkan menurut IPRA (2011: 10), pengertian public relation adalah fungsi manajemen dari ciri-ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau negara untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka.

Sehingga dapat disimpulkan dari definisi di atas definisi public relation secara ringkas dapat diartikan sebagai sebuah usaha sengaja organisasi-organisasi untuk mendapatkan kerjasama dari sekelompok orang atau publiknya/ mendapatkan goodwill (opini publik yang positif). 
 
Menurut Frank Jefkins, pengertian Humas adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik keluar maupun ke dalam, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian (Nesia 2014:29).
 
Sedangkan, wakil dari pakar Humas dari negara maju mengadakan pertemuan di Mexico City pada bulan Agustus 1978. Pertemuan tersebut menghasilkan definisi Humas yang dinamakan The Statement of Mexico, yang berbunyi :"Praktik Public Relations adalah seni dan ilmu pengetahuan sosial yang dapat dipergunakan untuk menganalisis kecenderungan, memprediksi konsekuensi-konsekuensinya, menasihati para pemimpin organisasi, dan melaksanakan program yang terencana mengenai kegiatan-kegiatan yang melayani, baik untuk kepentingan organisasi maupun kepentingan publik atau umum" (Ruslan 2012: 17).
 
Dari kedua definisi ini dapat disimpulkan Humas tidak hanya untuk mendapatkan timbal balik; tetapi tujuannya adalah untuk mencapai sasaran-sasaran yang spesifik. Misalnya masalah komunikasi, bagaimana mengubah sikap yang negatif menjadi positif, menjalankan kegiatan perusahaan dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.
 
Dalam definisi ini mengandung penerapan asas-asas manajemen untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Kalau ada sasaran, hasilnya dapat diukur, sehingga Humas merupakan kegiatan yang terukur (tangible).
 
Dengan begitu tugas seorang Humas tidak hanya tertuju pada menjaga citra baik perusahaan/organisasi. Seorang Humas memiliki ruang lingkup kerja yang luas tetapi tetap pada lingkup komunikasi baik ke internal perusahaan/organisasi maupun publik dan juga harus pandai membaca situasi yang terjadi dan mampu menangani situasi jika terjadi permasalahan.
 
Dalam menangani kemungkinan situasi yang tidak diinginkan seorang Humas juga harus pandai memilih cara penanganannya, menjelaskan apa yang terjadi lalu meluruskan permasalahan yang terjadi agar publik bisa menilai permasalahan yang sedang dialami perusahaan tersebut dan memperbaiki opini publik.
 
Baca Juga : Karakteristik Humas
 
 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss

Posting Komentar untuk Tulisan Ini.