SENI ::: Yang Dimaksud dan Pengertian Seni

SENI, Adakah dari kita selama ini hanya dapat menikmati seni tapi belum mengerti tentang makna dan pengertian seni yang sebenarnya ?. Secara teori tradisional, seni digunakan untuk merujuk pada suatu kemampuan dan keahlian, Konsepsi ini berubah pada periode Romantik, saat seni mulai dilihat sebagai sesuatu yang spesial dan berada di dalam pikiran manusia. Dan seni itu sendiri terlahir dari pengalaman estetis dan imajinasi yang kemudian oleh para seniman dituangkan ke dalam sosok benda-benda tertentu.


Pengertian Seni menurut Drs.Popo Iskandar seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok. Dan agar bisa menyatukan realitas dalam satu karya yang bentuk dan isinya bisa membangkitkan rohani penerima seni itu.


Yang dimaksud seni menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, hingga menggerakan jiwa perasaan manusia dan pada mulanya proses seni dari manusia bisa di lihat dari dalam intisari ekspresi dri kreatifitas manusia.

Menurut G.V Plekhanov pengertian seni adalah membantu perkembangan kesadaran manusia,membantu memajukan sistem sosial untuk ide di dalam seni tersebut sama asingnya di jaman kita seperti kekayaan untuk kekayaan, ilmu untuk ilmu, dan sebangsanya semua kegiatan manusia mesti mengabdi kemanusiaan jika kegiatan itu tidak mau menjadi pekerjaan yang sia-sia dan keisengan belaka kekayaan ada agar manusia dapat menarik keuntungan darinya ilmu ada agar menjadi pedoman manusia juga seni harus mengabdi ke suatu tujuan yang berguna dan bukannya kesenangan yang tidak berfaedah.

Menarik Dibaca juga: Seni Drama dan Seni Rupa

Leonardo Da Vinci, definisi seni itu tidak saja mencerminkan luarnya benda. Masih menurut Leonardo yang di maksud dengan seni adalah sesuatu yang dasarnya alami dan tidak bisa di lihat oleh mata telanjang manusia,lalu di ekspresikan dalam bentuk gambar.seni bisa di rasakan oleh manusia dengan hatinya sendiri.

Menurut aristoteles, seni adalah bentuk ekspresi yang di curahkan dari dalam jiwa manusia, disampaikan dalam berbagai bentuk dan di terima oleh indra. Pengertian seni dalam arti umum ialah "jiwa yang luhur atau ketulusan jiwa".

Post a Comment

0 Comments