KAWAT GIGI : Model Behel Gigi Transparan Terbaru

BEHEL GIGI, atau dalam istilah lainnya dikenal sebagai dental braces dan orthodentic braces sangat menjadi populer di awal tahun 2013 lalu, tapi penggunaan behel gigi ini masih menggunakan kawat yang sekarang disebut sebagai behel gigi tradisional, karena behel gigi transparan sebagai pengganti kawat gigi telah ditemukan dan digunakan bahkan kawat gigi transparan ini kini menjadi trend di eropa dan amerika.

Jika gigi terlalu berjejal, maju-mundur, gingsul atas bawah, atau sebaliknya terlalu jarang, kawat gigi diperlukan untuk meluruskan. Jika tidak cepat dipasang behel gigi transparan, kelainan-kelainan ini akan membuat "penyikatan gigi" tidak maksimal. karena gigi berjejal merupakan tempat yang sangat ideal bagi bakteri untuk berkembang karena ada bagian-bagian gigi yang sulit terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karena itu, untuk memperbaiki susunan gigi ini, dokter gigi akan memasang behel gigi (orthodontic appliance) sesuai dengan kasus masing-masing pasien.

Kawat gigi transparan atau orthodonsi merupakan suatu alat penatalaksanaan maloklusi yang disebabkan ketidakteraturan susunan gigi, hubungan rahang yang tidak proporsional, ataupun keduanya. Mekanismenya yaitu mengatur, mendorong, dan menahan pergerakan gigi. Perawatan ini bertujuan memperbaiki fungsi bicara, estetis muka, sudut bibir, rahang, dan senyum (PDGI, sitasi 2009).

Kawat gigi atau behel gigi ditemukan oleh Edward H. Angle, seorang dokter gigi dari Amerika, pada abad ke-17. Kawat gigi versi awal terlihat tidak nyaman dipakai dan tidak enak dipandang. Kemajuan teknologi dan kebutuhan untuk berpenampilan baik mendorong munculnya inovasi behel yang nyaman serta indah dipandang dengan warna-warni yang serasi (Maria,2004).

Kini model behel gigi yang menggunakan kawat berjajar mulai ditinggalkan dan orang beralih ke behel gigi transparan, berikut gambar-gambar kawat gigi transparan, dan lihat perbedaan kawat gigi tradisional dan model behel gigi transparan berikut:








Post a Comment

0 Comments