RESEP MASAKAN : Cara Membuat Garang Asem

GARANG ASEM ATI AMPELA, Anda belum pernah mendengar masakan yang satu ini ?, memang saya akui saya sebagai orang wonogiri sendiri pun sudah susah mencari garang asem di warung-warung makan sekitar wonogiri.

Padahal waktu saya duduk di SMP makanan ini seperti menjadi sangat favorit di daerah kami wuryantoro, bahkan dulu pada masa kejayaan garang asem seperti menjadi makanan khas wonogiri. Resep garang asem ini resep turun temurun dari keluarga kami, dan sekarang saatnya saya akan berbagi kepada anda resep garang asem ini.

Emang susah cara membuat garang asem ? sampai-sampai tulisan saya kali ini seperti sebuah tutorial cara membuat garang asem ? cara membuat garang asem tidak terlalu sulit silahkan dipraktekan.


Nama Masakan : Garang Asem Wonogiri Oleh , ditulis pada :


GARANG ASEM, Ini adalah resep turun temurun yang diajarkan oleh orang tua kami, dan sekarang saya akan berbagi kepada anda resep garang asem ini

Waktu Persiapan : 15 menit
Waktu Memasak : 30 Menit
Porsi : 5 Posri

Informasi Nutrisi :
Protein : 22 gram
Lemak : 7,8 gram
Kolesterol : 307,8 Mg


Bahan-Bahan :

- 5 Hati Ayam cuci lalu tiriskan
- 5 Ampela Ayam cuci lalu tiriskan
- 10 Buah Belimbing Sayur
- 3 Lembar Daun Salam, potong menjadi 2 bagian masing-masing
- 300 ml santan
- 10 Buah cabe rawit merah
- 5 iris kecil lengkuas

Bumbu yang dihaluskan :

- 1 sdm cabai merah iris
- 1 sdm bawang putih iris
- 1 sdt garam atau sesuai selera
- 2 sdm bawang merah iris

Cara Membuat:

1. Rebus hati ampela menggunakan panci yang telah diisi santan dan bumbu yang sudah dihaluskan, hingga bumbunya meresap dan setengah empuk, kemudian angkat.
2. Bagi Hati dan ampela menjadi lima bagian, lalu bungkus menggunakan daun pisang, sebelum membungkus masukkan 1 iris lengkuas, 2 buah belimbing, 2 cabe dan 1 potong daun salam.
3. Kukus menggunakan dandang kurang lebih 30 menit, lalu angkat.
4. garang asem siap dihidangkan.

0 Comments:

Post a Comment