BUDAYA POLITIK ::: Pengertian Budaya Politik

Almonnd dan Verba telah melakukan sebuah penelitian tentang perbandingan budaya politik pada 5 Negara berbeda, dan mereka m(masing-masing negara) mempunyai pendapat sendiri mengenai tentang apa itu pengertian budaya politik,yaitu baik yang menyangkut pola sikap dan orientasi individual terhadap politik diantara anggota.

Pengertian budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang meliputi ide-ide, pengetahuan, adat istiadat, mitos, dan lain-lain yang dikenal dan diakui oleh sebagian besar warga masyarakat. 

Budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola- pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.

Sedangkan menurut Kartaprawira (1980:24), budaya politik adalah pola tingkah laku dan individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang diberikan oleh anggota dari satu sistem politik.

Budaya politik adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Beberapa pengertian budaya politik diatas dapat disimpulkan bahwa makna budaya politik adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik. 




Post a Comment

0 Comments