apa yang dimaksud norma atau kaidah

Pengertian Norma | Norma merupakan suatu aturan dan petunjuk yang mengatur perbuatan yang boleh dilakukan dan  yang harus dijauhi pada kehidupan bermasyarakat. Norma juga dapat diartikan sebagai ketentuan untuk mengatur setiap perbuatan manusia yang telah menjadi kesepakatan bersama yang berlaku didalam masyarakat sehingga bersifat mengatur dan mengikat.

✅ Definisi Norma | Selain itu norma juga dapat diartikan sebagai suatu wujud yang nyata(konkret) dari sebuah nilai yang menjadi pedoman dan menjadikan kewajiban dan keharusan untuk masing-masing individu atau masyarakat dalam berperilaku dimasyarakat. Norma disebut juga sebagai kaidah perilaku yang mengandung didalamnya pengaturan tentang yang harus dilakukan atau tidak,  dan umumnya akan  selalu disertai sanksi bagi yang melanggar.




    apa yang dimaksud norma kesopanan

    Pengertian Norma Kesopanan, Norma kesopanan adalah segala peraturan dan bersumber dari pergaulan hidup yang berlaku pada  sekelompok manusia. Peraturan hidup yang muncul ini dari pergaulan sekelompok manusia dan dianggap menjadi tuntunan pergaulan dalam kehidupan sehari-hari yang berlaku pada sekelompok masyarakatnya.

    Norma kesopanan adalah beberapa peraturan yang berdasar pada pergaulan hidup didalam sekelompok manusia. Adapun tujuan norma kesopanan adalah untuk menciptakan suatu keharmonisan dalam pergaulan yang santun yang berada dan berlaku pada tengah- tengah masyarakat.

    Secara singkat norma kesopanan merupakan aturan yang berdasar kepada peraturan tingkah laku yang berlaku di masyarakat bagaimana aturan tersebut mengatur tentang semua tata cara kehidupan sesuai dengan adat dan cara yang berlaku didalam masyarakat.

    apa yang dimaksud norma kesopanan bersifat relatif

    Sifat Norma Kesopanan, Berdasar pada berlakunya norma kesopanan bersifat relatif. Norma kesopanan bersifat relatif, karena yang dianggap sebagai norma kesopanan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat lingkungan, atau waktu. Norma kesopanan bersifat relatif karena pada setiap tempat, waktu, dan lingkungan dapat memiliki norma kesopanan itu sendiri-sendiri.

    apa yang dimaksud norma hukum

    Pengertian Norma Hukum, Norma hukum adalah sebuah norma yang diputuskan dan ditetapkan oleh lembaga atau orang yang memiliki wewenang secara yuridis serta mempunyai kewajiban dan tugas untuk membina kehidupan masyarakat dan pelaksanaan norma hukum adalah secara memaksa.

    Norma hukum adalah suatu aturan yang isinya perintah dan larangan untuk mengatur ketertiban dalam suatu masyarakat pada sebuah negara berasal dari undang-undang dan tercantum secara jelas pada sistem perundang-undangan yang dibuat dan disahkan oleh DPR dan pemerintah bersifat memaksa dan tertulis berisi perintah, larangan dan kewajiban dan yang menjadi objek adalah tindakan lahiriah warga negaranya bukan tindakan batiniah agar tercipta masyarakat yang tertib dan adil.

    apa yang dimaksud norma hukum bersifat memaksa

    Sifat Norma Hukum, Dalam penegakan dan pelaksaannya norma hukum bersifat memaksa karena bagi setiap yang melalukan pelanggaran akan norma hukum bisa mendapat sanksi tegas berupa denda dan hukuman penjara baik itu sanksi pidana atau sanksi perdata dan diputuskan oleh hakim di pengadilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    apa yang dimaksud norma kesusilaan

    Contoh Norma Kesusilaan, Setiap individu harusnya akan selalu untuk berkata jujur dalam setiap ucapan inilah contoh norma kesusilaan. Saudara sekandung menikahi saudaranya yang sekandung adalah contoh pelanggaran yang terjadi pada norma kesusilaan. Karena norma kesusilaan adalah aturan yang sumbernya berasal dari batin hati sanubari (hati nurani) setiap manusia dan akan diyakini menjadi pedoman dalam hidupnya bersifat universal (umum).

    apa yang dimaksud norma agama

    Pengertian Norma Agama, Norma agama adalah peraturan yang berasal dan bersumber dari perintah Tuhan kepada orang yang beragama. norma agama merupakan serangkaian peraturan sosial yang memiliki sifat harus, mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar lagi atau diubah ukuran dan isinya oleh karena norma ini berasal dari Tuhan yang berupa serangkaian ajaran atau kaidah suatu agama untuk mengatur hubungan manusia secara vertikal dengan Tuhannya dan secara horisontal mengatur tingkah laku manusia dengan sesama manusia.

    Pada zaman saat ini dimana terjadi dekadensi moral yang berarti kemerosotan atau kemunduran moral dan akhlak manusia norma agama menjadi suatu bagian yang sangat penting untuk diterapkan.


    Apa yang dimaksud dengan Norma

    1 Comments

    Post a Comment

    Previous Post Next Post