Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang memiliki sifat klimaterik. Setelah dipanen buah alpukat masih terus menerus melakukan aktivitas fisiologis, seperti respirasi dan transpirasi. Umumnya buah alpukat tidak akan bertahan lama setelah dipanen apabila tidak ditangani secara baik dan benar, jadi kita tidak perlu memikirkan Cara Agar Alpukat Cepat Matang. Kerusakan utama buah alpukat pada umumnya yaitu memar, berjamur, daging buah berubah warna menjadi coklat, lembek berair, busuk, matang tidak normal, terjadi susut bobot serta terjadi penurunan nutrisi.



    Tapi umumnya kini petani-petani Indonesia telah melakukan standar Good Handling Practice (GHP) pada buah alpukat. Dengan penerapan/penanganan standar ini dengan benar mutu buah alpukat tetap terjamin sampai ke tangan konsumen dan menekan kehilangan hasil dari sisi petani. Pada umumnya alpukat di panen pada tingkat kematangan 80-85 %, jadi tinggal sekitar diperlukan waktu 7-9 hari hingga alpukat benar-benar matang, jadi saya pikir tidak lagi diperlukan Cara Agar Alpukat Cepat Matang.

    Cara Agar Alpukat Cepat Matang

    Tips Membeli buah alpukat agar cepat matang

    Berikut adalah 6 tips dan cara membeli buah alpukat yang benar:
    1. Pilih alpukat yang warna kulit buahnya sudah hijau muda agak kusam (tidak mengkilat), Jika anda tidak menemukan buah alpukat yang tidak mengkilat mungkin telah dilakukan proses waxing (pelilinan) pada buah alpukat tersebut yaitu pelilinan yang dilakukan untuk memperpanjang daya simpan buah alpukat, Jenis lilin yang digunakan umumnya adalah emulsi lilin air, yang dalam penggunaannya biasa dicampur dengan fungisida untuk mencegah pembusukan pada buah. 
    2. apabila buah diketuk dengan jari, berbunyi nyaring, dan bila buah digoyang akan terdengar goncangan biji 
    3. Tidak terdapat kerusakan atau cacat pada buah Alpukat yang nampak seperti cacat fisik yaitu: keriput, layu, terpotong, tergores dan memar; 
    4. Tidak terdapat kerusakan atau cacat pada buah Alpukat yang nampak seperti cacat fisiologis pelukaan akibat pembekuan dan pendinginan, terik matahari, bengkak/lepuh dll; 
    5. Tidak terdapat kerusakan atau cacat pada buah Alpukat yang nampak seperti cacat patologis pembusukan akibat jamur atau bakteri dan cacat atau kelainan/penyimpangan akibat virus.

    Cara agar alpukat cepat matang


    Berikut 5 cara yang harus dilakukan agar alpukat cepat matang :
    1. Cuci buah alpukat menggunakan air dingin yang bersih dan mengalir jangan mencuci menggunakan air hangat atau air panas, bila perlu tambahkan cairan khusus untuk mencuci sayur dan buah, untuk menghilangkan kandungan lilin dan fungisida pada buah alpukat. 
    2. Lap dan keringkan menggunakan tissu untuk makanan hingga kering. 
    3. Bungkus alpukat dengan daun pisang kering atau alumunium foil yang bersih biarkan bagian atas dan bawahnya terbuka, untuk mengurangi kerusakan. 
    4. Simpan bersamaan dengan buah pisang dan apel karena gas estilen yang dikeluarkan oleh pisang dan apel akan membuat alpukat cepat matang. 
    5. setelah itu simpan pada kantong kertas cokelat dan simpan pada suhu diatas 20 derajat Celsius.

    Demikian beberapa tips membeli buah alpukat dan cara agar alpukat cepat matang. Semoga Berhasil.

    Referensi

    • Penanganan OPT Pascapanen pada Komoditas Buah – Buahan, Hendry Puguh Susetyo, SP, M.Si 
    • Muslimah Cerdas & Kreatif, Riyanti GW, S.S
    • Khasiat Dahsyat Alpukat: Mengobati & Mencegah Semua Penyakit Reiza Farandika Kurniawan S. Ked, ‎Ghalia Robbani - 2014

    Post a Comment

    Previous Post Next Post