Kalimat Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan

Kalimat pendahuluan proposal umumnya berisi tentang sebuah latar belakang masalah dan tujuan akan diselenggarakan kegiatan pada proposal kegiatan tersebut. Pada kalimat contoh pendahuluan proposal ini harus dibuat semenarik mungkin sehingga menjadi menarik perhatian bagi yang membaca proposal tersebut.

Pada kalimat pendahuluan proposal yang baik harus mampu menggambarkan suatu pokok permasalahan sehingga diperlukan suatu kegiatan untuk menyelesaikan pokok permasalahan itu, Setelah beberapa masalah itu dapat diindentifikasi, selanjutnya perlu dipilih dan ditentukan kegiatan apa yang perlu dilaksanakan. Untuk memilih dan menentukan masalah yang layak, perlu mempertimbangkan kriteria masalah yang tertata dengan baik.

    1. Proposal Kegiatan PEKAN SENI MAHASISWA

    Ini adalah contoh pendahuluan proposal kegiatan PEKAN SENI MAHASISWA, 

    Fungsi pendidikan nasional diantaranya adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan nasional juga bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.
    Kalimat contoh pendahuluan proposal

    Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, maka perlu adanya peningkatan pemahaman nilai kurltural, dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreatifitas mahasiswa, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktifitas pengembangan bakat, minat, dan kemampuan mahasiswa di bidang kesenian.

    Menarik dibaca juga: Download Contoh Proposal

    Melalui seni diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kepribadiaanya, agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional. Salah satu wadah untuk mengimplementasikan harapan tersebut adalah dengan ajang Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Regional (PEKSIMINAL). Universitas Negeri Malang mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Regional (PEKSIMINAL) X Tahun 2010 Jawa Timur, khusus untuk tangkai lomba dangdut. Kegiatan ini dijadikan wadah untuk menyalurkan bakat dalam olah vokal, khususnya untuk jenis lagu dangdut, serta sebagai ajang seleksi bagi para mahasiswa untuk mewakili kontingen Jawa Timur dalam kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (PEKSIMINAS) X Tahun 2010 di Universitas Tanjungpura Pontianak.

    2. Proposal Kegiatan Career Day sekolah

    Berikut adalah kalimat Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan career day di sekolah (kampus).

    Pendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Hal ini dapat kita lihat dan rasakan bersama apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah mulai dari penetapan program pendidikan 12 tahun dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Menengah Atas. Namun setelah menapaki tangga pendidikan di SMA, para anak didik yang duduk di bangku akhir SMA dihadapkan pada tiga pilihan yang tidak mudah dan membingungkan yakni pilihan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, melanjutkan untuk bekerja dan untuk membina sebuah rumah tangga. 

    Memilih satu dari ketiganya pun tidak semudah membalikkan telapak tangan, pasalnya disitulah kita dituntut untuk memilih yang terbaik dari yang paling baik guna masa depan kita yang lebih baik di masa yang akan datang. Memilih alternative untuk bekerja pun, kita masih dihadapkan pada sebuah sisi psikologis kita untuk bersiap dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam athmosphere dunia kerja yang dalam tanda kutip cukup berat. Selain itu pun kita masih dihadapkan pada sebuah realita kehidupan di mana saat ini mencari lapangan pekerjaan pun amatlah berat dan susah. Di sisi lain informasi akan bursa kerja yang minim. Untuk alternative pilihan yang kedua yakni membangun sebuah rumah tangga, pastinya kita belum bisa sepenuhnya siap untuk melakukan tugas dan peran sebagau kepala rumah tangga ataupun ibu rumah tangga. 

    Alternative terakhir yakni setelah lulus SMA adalah melanjutkan study ke perguruan tinggi. Dalam menentukan pilihan ini pun, banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus dihadapi seperti halnya ketakutan akan tingginya biaya pendidikan, susahnya belajar dalam dunia perkuliahan dan yang paling tinggi adalah susahnya mendapatkan informasi yang valid, up to date, lengkap dan akurat mengenani dunia kampus dan perkuliahan di berbagai universitas baik negeri maupun swasta. Untuk menjawab permasalahan- permasalahan tersebut serta sebagai wujud apresiasi dan kontribusi bagi Almamater SMA Negeri Kabuh, kami yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Alumni SMA Negeri Kabuh akan mengadakan sebuah acara semacam pameran informasi kampus dan karier yang bertajuk Campus and Carier Day 2011 (Menuju Gerbang Masa Depan) sebagai sarana untuk membuka mindset akan informasi dunia perkuliahan serta informasi karier yang terarah dan sejelas- jelasnya kepada siswa SMA Negeri Kabuh pada khususnya dan Rekan- rekan SMA di wilayah utara Brantas pada umumnya.

    Acara ini pun kami adakan sebagai bentuk keprihatinan atas kesenjangan dalam bidang informasi perguruan tinggi baik negeri dan swasta serta informasi kerja/ karier yang akhir- akhir ini jarang sekali bertandang ke SMA Negeri Kabuh. Acara ini pun nantinya akan kami kemas dalam bentuk yang enjoy, atraktif dan entertaint agar pesan yang ini disampaikan lebih mengena kepada Obyek serta dapat merubah mindset siswa menuju ke arah pola pikir yang lebih baik.

    2. Proposal Kegiatan ramadhan

    Berikut adalah kalimat Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan ramadhan, 

    Bagi seorang muslim, akidah adalah segala-galanya. Tatkala umat Islam mengabaikan akidah yang benar, mulailah kelemahan masuk ke dalam keyakinan dan kelemahan akidah akan membawa semakin meluasnya kerusakan di muka bumi. Akidah yang benar harus dipelajari melalui ilmu tauhid yang didasari oleh bukti-bukti dan landasan yang kuat. Dengan ilmu Tauhiid ini kita mendidik hati untuk lebih mengenal dan dekat dengan Alloh, yang berbuah kekuatan keyakinan, bersih hati dan akhlak mulia. Hukum mempelajari ilmu tauhid adalah fardhu ‘ain bagi setiap muslim, tidak terkecuali halnya bagi sosok remaja yang masih memiliki tingkat emosional yang labil dan masih memerlukan input positif tentang pemaknaan hidup di tengah segala tantangan zaman saat ini. Mereka sangat memerlukan arahan dalam membentuk jati diri sebagai hamba Allah.

    Di bulan Ramadhan yang Allah tetapkan sebagai satu bulan yang memiliki keutamaan khusus, yang dalam setiap perguliran waktunya memiliki keutamaan dan keberkahan, menjadi satu moment yang harus dioptimalkan oleh setiap hamba untuk menuju tujuan utama yaitu puncak derajat taqwa. Pelatihan Anak Dan Remaja Daarut Tauhiid Trainning Center Bandung menawarkan suatu Program Pelatihan Ramadhan yang berupaya memfasilitasi proses perubahan diri remaja yang bersih tauhiid dan tercerminkan dalam perilaku muslim yang bersih hati dan berakhlak mulia.

    3. Proposal usaha nasi goreng

    Kalimat berikut adalah contoh pendahuluan pada proposal usaha nasi goreng. 

    Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana menggaet order, Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas.

    Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal dari pada gagal mencoba. Selain itu ada beberapa aspek yang harus di perhatihan, di antaranya aspek manajeman, aspek pemasaran, aspek operasional,kiat pengelolaan usaha serta aspek keuangan.

    4. Kegiatan Lomba Guru

    Kalimat berikut adalah contoh pendahuluan pada proposal kegiatan lomba guru dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi guru. Sebagai salah satu bagian dalam upaya meningkatkan kompetensi guru SMP negeri se Kecamatan Wuryantoro, Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan antara lain: "Lomba Inovasi dan Kreatifitas Guru SMP Negeri dan Swasta se Kecamatan Wuryantoro dalam Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2019". Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT ke 20 PPPPTK Matematika Kabupaten Wonogiri.

    5. Peringatan Maulid Nabi

    Kalimat berikut adalah contoh pendahuluan pada proposal kegiatan peringatan maulin Nabi Muhammad SAW.

    Ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akhirat.

    Melalui peringatan hari besar Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, masyarakat dan yang lebih luas lagi.

    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Ummat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita semua sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada anak- anak kita serta masyarakat terutama yang ada dilingkungan masjid Al – Mukhlashin Desa Bulurejo Benjeng Gresik.

    6. Proposal Pendirian BMT (Pola Bagi Hasil)


    Adopsi sistim bunga uang melewati institusi keuangan formal, sebagai konsekuensi balas jasa kepada kontribusi modal dalam sebuah progres produksi sudah menciptakan para pelaku ekonomi terkategori ke dalam klasifikasi bankable dan non-bankable. Faktanya, golongan masyarakat yang non-bankable ialah golongan masyarakat miskin, calon pengusaha tanpa borg ini, jumlahnya amat dominan di negeri ini. Ironis memang, mereka sudah termarginalkan dan termiskinkan pengaruh kebijakan pasar yang tak berpihak terhadap mereka. Meskipun, demokratisasi dalam bidang politik meniscayakan juga demokratisasi dalam bidang ekonomi.

    Kalimat Pendahuluan Proposal Kegiatan


    Untuk itu perlu sebuah terobosan besar dalam rangka menempuh jatah sumber energi yang lebih adil terhadap segala artis pria perekonomian. Hal inilah yang akan dijalankan oleh GARDA ERA dengan pengalaman panjang dalam mengantar sejumlah BMT (Institusi Keuangan Mikro Syari’ah, berbasis bagi hasil dalam operasionalnya), melewati program Pro Bagi (Program Pengarusutamaan Pola Bagi Hasil). Melewati implementasi pola bagi hasil, pada institusi keuangan mikro (MFI) yang dimiliki golongan masyarakat, karenanya progres pencapaian demokratisasi ekonomi sedang berjalan.

    Pelaksanaan pengarusutamaan konsep Bagi Hasil melewati penguatan MFI ini dikemas dalam metodologi Managing For The Resultst (MFR). Ada tiga aspek yang hendak ditempuh ialah pertama, dari sisi aspek hasil tingkat bawah (Lower Tingkatan Results) ialah kognitif, berupa peningkatan pengetahuan masyarakat perihal bahaya bunga uang, demokratisasi ekonomi dan pengenalan konsep dan profit pola bagi hasil sertaan aplikasinya dalam institusi keuangan mikro (MFI). Kedua, aspek hasil antara (Intermediate Results) ialah perubahan prilaku masyarakat dalam perencanaan dan pengelolaan keuangannya. Ketiga, aspek hasil akhir (Strategic Objectives) berupa besarnya dana publik dan porsi pembiayaan yang dikelola oleh institusi keuangan mikro (berikutnya disebut saja MFI) berbasis bagi hasil milik golongan-golongan masyarakat tadi.

    Dalam hal ini, kecuali intervensi dari luar, peran serta masyarakat pengguna jasa institusi keuangan tentu akan amat memutuskan keberhasilan program ini. Oleh maka, interaksi antar member yang harmonis dalam sebuah golongan akan menjadi pondasi bagi keberlanjutan program ini di masa depan. Berikutnya, program akan mengamatkan terhadap masyarakat untuk mengelola sebuah forum bersama yang diinginkan dapat menjadi cikal bakal sebuah masyarakat yang berdemokrasi ekonomi.

      
    Author

    Tentang penulis: T Nurandhari

    Penulis adalah seorang penulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia.

    Follow me on: Twitter | Scholar | Quora |

    0 Comments:

    Post a Comment