Kewirausahaan: Pengertian, Wirausaha, Sosial, Artikel

Kewirausahaan Secara Umum

Motor penggerak utama pada perekonomian global adalah kewirausahaan. Pemerintah dan para pemangku dan pembuat kebijakan di setiap negara di seluruh dunia sadar bahwa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan penduduk terletak pada tangan para wirausahawan. membahas kewirausahaan umumnya mencakup hal-hal konsep dasar kewirausahaan, apa saja inovasi yang dapat dikembangkan dalam berwirausaha, apa saja jalan untuk menuju dan menjadi wirausahawan sukses, bagaimana strategi pemasaran, dan praktik bersama bagaimana mengelola suatu usaha. Pemerintah terus mengembangkan entrepreneurial skill agar dapat menekan dan menurunkan angka tingkat kemiskinan, mereka meyakini jika hanya mengandalkan investor asing untuk menyediakan dan membuka lapangan kerja tidaklah cukup untuk mengurangi angka pengangguran.



    Sejak Sekolah Dasar melalui Mata Pelajaran Prakarya diharapkan dapat membentuk dan memunculkan Kreativitas dan keterampilan siswa sejak kecil dalam menghasilkan suatu atau beberapa produk kerajinan, rekayasa, budidaya serta pengolahan, sehingga dikemudian hari mereka dapat berinovasi untuk menghasilkan sesuatu dan menjadi seorang wirausaha. Beberapa meyakini dan menyadari bahwa kreativitas dan inovasi umumnya dan biasanya hanya dimiliki oleh orang yang memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang telah dilatih sejak kecil. Karena seorang wirausaha yaitu mereka yang memiliki kemampuan untuk menggunakan sumber daya ekonomi yang tersedia.

    Kewirausahaan


    Pada beberapa individu meyakini bahwa spiritualitas dan keyakinan bantuan dan campur tangan "TUHAN" bisa mentransformasi potensi kewirausahaan untuk meningkatkan ekonominya. Melalui kekuatan doa dan ketaqwaan dapat membentuk semangat kewirausahaan utamanya berupa pola pikir, pengetahuan dan skill (keterampilan) agar menjadi seorang wirausaha yang sukses dan jujur.

    Pengertian Kewirausahaan

    Menurut KBBI "kewirausahaan" berasal dari kata dasar wirausaha, yang diberi awalan ke dan diberi akhiran an sehingga bersifat membuat dan menjadikan kata benda wirausaha mempunyai pengertian yang abstrak, adalah hal-hal yang bersangkutan dengan wirausaha.

    Pengertian kewirausahaan menurut para ahli

    Pengertian kewirausahaan adalah sebuah pengetahuan yang merupakan hasil uji coba di lapangan, dikumpulkan, diteliti, dan dirangkai sebagai sumber informasi yang berguna bagi orang lain.(Sayu Ketut Sutrisna Dewi - 2017).

    Pengertian Menurut Iwan Shalahuddin, Indra Maulana dan Teresia Eriyani - 2018 menyebutkan Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melaui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup.

    Menurut Suryana (2003:1) mengemukakan bahwa; "pengertian kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses".

    Menurut Dr. Edward Zebua, M.Pd menyatakan pengertian kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different). Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan.

    Risiko Kewirausahaan menurut Zimmerer & Scarborough (2005):
    1. Ketidakpastian pendapatan
    2. Risiko kehilangan seluruh investasi Anda
    3. Jam kerja yang panjang dan kerja keras
    4. Tingkat stres yang tinggi
    5. Tanggungjawab penuh
    6. Keputuasaan dan kekecewaan

    Etika kewirausahaan Menurut Zimmerer (1996: 20) etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan.

    Asas dan Bagian Pokok Kewirausahaan

    Kewirausahaan terdiri atas beberapa bagian pokok yang tidak dapat dipisahkan antara lain : mandiri, kreatif, pengambil risiko, kepemimpinan, orientasi pada tindakan dan kerja keras. Kewirausahaan terdiri atas beberapa unsur pokok antara lain yaitu kemampuan membuat keputusan yang tepat dan keberanian mengambil resiko.

    Asas pokok kewirausahaan adalah :
    • Kemampuan yang kuat untuk berkarya dengan semangat kemandirian;
    • Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil risiko
    • Kreatif dan inovatif
    • Tekun, teliti dan produktif
    • Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat.

    Pengertian Kewirausahaan Sosial

    Istilah kewirausahaan sosial mulai digunakan pada pertengahan tahun 1960 hingga 1970 ketika masuk menjadi bahan literatur dalam sebuah kajian perubahan sosial di Amerika serikat dan Eropa. Tokoh-tokoh kewirausahaan sosial antara lain : Michael young, Charles Leadbater, Rossabeth Moss Kanter dan Bill drayton(Ashoka). Umumnya dibedakan antara kewirausahaan sosial dan kewirausahaan bisnis dalam banyak hal, Antara lain kewirausahaan sosial dijalankan dengan tujuan sebuah misi sosial yang jelas secara eksplisit. Setiap tahun majalah bisnis USA seperti Fast Economy menerbitkan sebuah daftar 25 pengusaha sosial terbaik. Menurut Dees, 2001 Kewirausahaan sosial adalah organisasi nirlaba yang sejak awal memang didesain untuk tidak mencari laba/keuntungan.

    Buku-Buku Kewirausahaan dan Wirausaha

    1. Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan
    2. Prasetiya Mulya EDC On Entrepreneurship Education (Agus W., ‎Soehadi, ‎Eko Suhartanto - 2011)
    3. Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia (Sayu Ketut Sutrisna Dewi - 2017)
    4. Ekonomi skala kecil/menengah & koperasi (Tiktik Sartika Partomo, ‎Abd. Rachman Soejoedono - 2002)
    5. Kewirausahaan Industri (Edy Dwi Kurniati - 2015)
    6. Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan (Iwan Shalahuddin, Indra Maulana dan Teresia Eriyani - 2018)
    7. Kewirausahaan (Mohammad Maskan, ‎Ita Rifiani Permatasari, ‎Alifiulahtin Utaminingsih - 2018)

    0 Comments:

    Post a Comment