Memasak dengan Microwave Beracun, Benarkah?

Apakah memasak dengan microwave dapat menyebabkan makanan menjadi beracun? Banyak ketakutan orang awam di sekitar kita yang menghubungkan ini dengan "radiasi" pada microwave. Jawaban dari para ahli menyatakan bahwa memasak dengan microwave adalah AMAN dan tidak mungkin. Atau anda sedang melakukan penelitian ilmiah tentang makanan, reaksi atau microwave mungkin beberapa artikel dibawah ini dapat membantu sebagai referensi. Berikut ulasan lengkapnya.


    Antonija Grubisic-Cabo telah menjawab Tidak mungkin

    Antonija Grubisic-Cabo adalah seorang ahli dari monash university[1] berpendapat bahwa Oven microwave menggunakan gelombang mikro, sejenis radiasi elektromagnetik (bukan radiasi pengion) dengan panjang gelombang berkisar antara 1m hingga 1mm. Radiasi microwave ini digunakan untuk membangkitkan molekul air yang membuatnya berosilasi dan menghasilkan panas.

    Radiasi gelombang mikrowave dibatasi hanya di dalam oven, dan sangat kecil kemungkinannya akan bocor ke luar bahkan jika pintu microwave terbuka, karena microwave dilengkapi dengan interlock yang mematikan microwave secara otomatis jika pintu terbuka.

    microwave oven


    Berdiri didekat microwave juga aman. Memang ada kemungkinan bahwa gelombang mikro dalam satu menit akan bocor jika pintu microwave dibuka sebelum mematikannya, tetapi ini sangat kecil dan radiasi juga jatuh secara eksponensial dengan jarak, sehingga berdiri sejauh 5 cm pun dari microwave aman. Setelah microwave dimatikan, molekul air tidak lagi bersemangat dan tidak ada radiasi yang tertahan dalam makanan.

    Annette Dowd telah menjawab Tidak mungkin

    Annette Dowd adalah seorang ahli dari University of Technology Sydney[2]. Radiasi yang digunakan dalam oven microwave adalah jenis gelombang frekuensi radio. Cara kerjanya adalah membuat molekul air berputar bolak-balik, bertabrakan dengan molekul lain dan memanaskannya. Hampir selalu ada dan ditemukan air dalam makanan sehingga ini adalah metode pemanasan makanan yang cukup efisien. Wadah yang menampung makanan dan oven itu sendiri tidak perlu dipanaskan sehingga menghemat energi.

    Menarik dibaca juga: contoh pendahuluan proposal

    Sayangnya gelombang mikro hanya menembus sekitar satu inci ke dalam makanan. Memasak potongan makanan yang lebih besar dari ini membutuhkan waktu lebih lama sehingga panas dari bagian luar makanan dapat mengalir ke bagian dalam. Jika memasak pada tingkat kematangan tidak dilakukan dengan benar, bagian dalam makanan mungkin tetap kurang matang, dan ini yang merupakan sumber potensial racun, bakteri, dll.

    Suhu memasak dalam microwave oven tidak cukup tinggi untuk menciptakan reaksi kimia yang penting bagi karamelisasi yang lezat dan kecoklatan. Karena makanan dipanaskan dengan merebus air di dalamnya, suhu ini hanya digunakan sekitar 100 derajat Celcius.

    Penggunaan radiasi untuk memasak bukanlah fenomena baru. Memanggang terutama terjadi oleh makanan yang menyerap inframerah dan radiasi, yang terlihat dari api atau elemen listrik. Radiasi inframerah dalam keluarga elektromagnetik yang sama dengan radiasi gelombang mikro.

    Akhirnya, untuk menjawab kesalahpahaman yang umum: begitu microwave dimatikan, molekul air berhenti berputar dan tidak ada "radiasi residual".

    Aman Ullah telah menjawab Tidak mungkin

    Aman Ullah adalah seorang ahli dari University of Alberta[3] berpendapat bahwa Memasak dengan membakar(memanggang) secara berlebihan (gosong) dapat menyebabkan beberapa senyawa beracun, tetapi microwave itu sendiri tidak menyebabkan reaksi kimia apa pun. Microwave hanya memutar molekul polar seperti air dalam makanan dan menghasilkan panas dengan gesekan molekul dan kehilangan dielektrik. 

    Louise E Bennett menjawab Tidak mungkin

    Louise E Bennett adalah seorang ahli dari Monash University[4] telah berpendapat bahwa panas yang tercipta dapat mempercepat reaktivitas fisik dan kimia antar komponen, terutama reaksi 'hidrolitik' yang melibatkan air, sehingga setiap risiko keracunan kemungkinan kecil.

    Referensi:

    Post a Comment

    0 Comments