Pengertian Geografi Secara Umum

Geografi adalah ilmu yang menggunakan pendekatan holistik melalui kajian keruangan, kewilayahan, ekologi dan siste, serta historis untuk niendiskripsikan dan menganalisis struktur pola, Fungsi dan proses interelasi, interaksi, interdependensi dan hubungan timbal balik dan serangkaian gejala, kenampakan atau kejadian dan kehidupan manusia (penduduk), kegiatannya atau budidayanya dengan keadaan lingkungan di permukaan bumi sehingga dari kejadian tersebut dapat dijelaskan dan diketahui lokasi atau penyebaran, adanya persamaan dan perbedaan wilayah dalam hal potensi, masalah, informasi geografi lainnya serta dapat meramalkan informasi baru atas gejala-gejala geografi untuk masa mendatang dan menyusun dalil-dalil geografi baru, serta selanjutnya dimanfa atkan untuk kesejahteraan manusia.

    Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

    1. Sumaatmadja

    Pengertian geografi menurut para ahli yang pertama adalah menurut sumaatmadja, Geografi merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajian memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial dan ekologis dari eksistensi manusia. 

    Geografi merupakan ilmu yang menggunakan pendekatan holistik melalui kajian keruangan, kewilayahan, ekologi dan sistem, serta historis untuk mendiskripsikan dan menganalisis struktur pola. Fungsi dan proses interelasi, interaksi, interdependensi dan hubungan timbal balik dari serangkaian gejala, kenampakan atau kejadian dari kehidupan manusia (penduduk), kegiatannya atau budidayanya dengan keadaan lingkungan di permukaan bumi sehingga dari kejadian tersebut dapat dijelaskan dan diketahui lokasi atau penyebaran, adanya persamaan dan perbedaan wilayah dalam hal potensi, masalah, informasi geografi lainnya serta dapat meramalkan informasi baru atas gejala-gejala geografi untuk masa mendatang dan menyusun dalil-dalil geografi baru, serta selanjutnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia. (1997 : 12). 

    2. Menurut DEPDIKNAS

    Pengertian geografi menurut depdiknas, Geografi adalah ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan yang bidang kajiannya memungkinkan peserta didik memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia (Depdiknas, 2000 : 533).

    Menarik dibaca juga: Pengertian Seni Rupa

    Pembelajaran Geografi bukan hanya untuk menguasai tentang pengetahuan belaka, tetapi juga untuk mampu menggunakan ilmu yang telah dipelajarinya dan membentuk siswa agar menjadi warga masyarakat yang percaya diri dalam berperan serta secara produktif (Depdiknas, 2000 : 47).

    3. Menurut panitia Ad Hoc Geografi

    Pengertian geografi menurut para ahli ad hoc geografi yang dikutip Nursid Sumaatmadja
    (1997: 10), geografi adalah :
    "Geography seeks to explain how the subsystems of the physical environment are organized on the earth’s surface and how man distributes himself over the earth in relation to physical features and to other man".
    Dalam pengertian ini konsep yang ditekankan pada penjelasan bagaimana lingkungan fisik di permukaan bumi itu dalam hubungan dengan gejala alam tersebut dan dengan sesama manusia sehingga studi geografi berkenaan dengan geosfer, litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, antroposfer, penyebaran keruangan gejala alam dan kehidupan, termasuk persamaan dan perbedaan serta analisis hubungan keruangan gejala-gejala geografi di permukaan bumi.

    4. Widoyo Alfandi

    Sedangkan pengertian geografi menurut menurut Widoyo Alfandi, Geografi adalah "Ilmu yang mengunakan pendekatan holistic melalui kajian keruangan, kewilayahan, ekologi dan sistem serta historis untuk mendeskripsikan dan menganalisis struktur pola, fungsi dan proses interelasi, interaksi, interdependensi dan hubungan timbal balik dari serangkaian gejala atau kenampakan dari kehidupan manusia, kegiatannya atau budidayanya dengan keadaan lingkungan di permukaan bumi, sehingga dari kajian tersebut dapat dijelaskan dan diketahui lokasi penyebaran, adanya persamaan dan pebedaan wilayah dalam hal potensi untuk masa mendatang dan menyusun dalil Geografi baru serta dimanfaatkan untuk kesejahteraan kehidupan manusia (Alfandi, 2001: 81)".

    Dari pengertian-pengertian tersebut di atas kemudian digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan hakikat pengajaran Geografi di sekolah. Definisi pengajaran Geografi adalah:

    Pengajaran tentang aspek-aspek keruangan permukaan bumi yang merupakan keseluruhan gejala alam dan kehidupan umat manusia dengan variasi kewilayahannya yang diajarkan ditingkat sekolah dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan mental anak pada jenjang pendidikan masing-masing (Sumaatmadja, 1997: 12).

    Pengajaran Geografi dapat mengembangkan kemampuan intelektual tiap orang secara khusus pula siswa yang mempelajarinya. Pengajaran Geografi dapat meningkatkan rasa ingin tahu dengan melakukan observasi dalam lingkungan, melatih ingatan dan citra terhadap kehidupan dengan lingkungannya dan dapat melatih keterampilan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari atau secara lengkapnya Geografi mengandung nilai edukatif yang tinggi. Melalui pengajaran Geografi kemampuan kognitif, afektif serta psikomotor siswa dapat ditingkatkan. Menurut Sumaatmadja "diharapkan pengajaran Geografi benar-benar memberi sumbangan yang nyata terhadap realisasi Tujuan Pendidikan Nasional".(1997: 21).

    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa melalui pengajaran Geografi yang pada hakikatnya merupakan penggambaran permukaan bumi dengan sagala gejala dan fenomena yang ada (biosfer litosfer, hidrosfer, atmosfer, antroposfer, dll) yang saling berinteraksi dimana dengan pengajaran tersebut diharapkan akan tercapai tujuan pengajaran dan tujuan Pendidikan Nasional melalui jenjang pendidikan yang ada sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.