Contoh surat lamaran pekerjaan yang tepat dan benar, kenapa harus benar dan tepat? Ya karena lamaran kerja merupakan permohonan yang dikirimkan pelamar untuk perusahaan/instansi untuk melamar posisi jabatan tertentu, apalagi  jika posisi yang akan dilamar posisi persuratan di perusahaan tersebut maka lamaran yang ditulis harus tepat dan benar, oleh karenanya kami menuliskan contoh lamaran pekerjaan berikut.


    Pengertian Surat Menurut Para Ahli

    Istilah surat sudah dikenal sejak dahulu sampai sekarang dan merupakan sarana komunikasi alternatif yang berbentuk tulisan yang diwujudkan dalam sehelai kertas atau lebih. Ada beberapa pengertian surat, diantaranya adalah:

    Menurut para ahli Hutabarat dan kawan-kawan. 1981: 11 Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang memuat bahan komunikasi yang dibuat seseorang baik atas nama pribadi maupun organisasi yang disampaikan kepada seseorang baik atas nama pribadi maupun organisasi.

    Menurut Atar Semi. 1990: 189  Surat merupakan sarana komunikasi dalam bentuk tertulis yang berupa pemberitahuan, pertanyaan, pernyataan, sikap, dan lain-lain yang ditulis atau dikeluarkan oleh seseorang atau oleh suatu organisasi.

    Menurut pendapat Sri Slameto. 2000: 2 Surat adalah warkat atau sejenis warkat yang dipakai sebagai alat atau sarana komunikasi tertulis antar pihak terutama dengan mempergunakan kertas berukuran tertentu.
    contoh surat lamaran kerja

    Beberapa pengertian surat tersebut menjelaskan bahwa surat merupakan alat komunikasi tertulis yang berwujud lembaran kertas dengan ukuran tertentu, yang memuat pesan komunikasi tertentu, yang dibuat seseorang atas nama pribadi atau organisasi, dan yang ditujukan kepada seseorang atas nama pribadi atau organisasi.

    Pengelompokkan dan Format Surat Lamaran Kerja

    Jika Berdasarkan tujuannya, dapat dibedakan menjadi beberapa macam yang diantaranya adalah Surat lamaran pekerjaan yakni yang berisi tentang permohonan untuk memperoleh suatu jabatan/posisi tertentu di perusahaan atau instansi, Jika berdasarkan cara pengirimannya contoh surat lamaran pekerjaan dapat dikirimkan melalui pos dan email.
    Menarik dibaca juga: Download contoh lamaran kerja

    Pada umumnya contoh surat lamaran pekerjaan terdiri atas bagian-bagian: tanggal, lampiaran, hal, alamat penerima, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup, salam penutup, tanda tangan dan nama jelas.

    Format lamaran kerja yang dipakai dan umum di Indonesia, antara lain:
    1. Format lurus penuh (full block style);
    2. Format lurus (block style);
    3. Format setengah lurus A (semi block style);
    4. Format setengah lurus B;
    5. Format lekuk atau format bergerigi (indented style); dan
    6. Format paragraf menggantung (hanging paragraph style).

    Bagian-Bagian Contoh Surat Lamaran Kerja

    1. Tanggal

    Penulisan tanggal pada lamaran pekerjaan, bulan dan tahun dicantumkan secara lengkap tetapi kata tanggal, bulan, dan tahun tidak perlu disertakan. Nama bulan sebaiknya tidak ditulis dengan angka atau disingkat, dan angka tahun ditulis lengkap dengan tanda apostrof atau tanda koma didepannya. Di samping itu, pada akhir tanggal tidak disertai dengan tanda baca apapun, baik tanda titik maupun tanda koma. Di dalam kepala biasanya sudah tercantum nama kota tempat instansi atau badan usaha tertentu berada. Oleh karena itu, nama kota tersebut tidak perlu dicantumkan lagi di depan tulisan tanggal.

    Berikut penulisan tanggal lamaran yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    25 Juli 1991
    5 Desember 1964
    7 Agustus 1986
    15 Desember 1989
    21 April 1987

    Berikut penulisan tanggal yang tidak tepat pada contoh lamaran pekerjaan:
    tanggal 25 bulan Juli 1991
    Bandung, 5 Desember 1964
    Yogyakarta, 7-8-1986
    15 Des 1989
    21 April ‘87

    2. Lampiran

    Kata lampiran surat lamaran pekerjaan ditulis diatas hal pada pojok kiri atas kertas. Kata lampiran ditulis secara lengkap dengan diikuti tanda titik dua, tetapi dapat pula disingkat dengan lamp. Dan diikuti tanda titik penyingkat serta tanda titik dua. Di samping itu, nama barang atau sesuatu yang dilampirkan ditulis setelah tanda titik dua dan diberi jarak satu spasi. Huruf awal kata lampiran atau lamp. Ditulis dengan huruf kapital, demikian pula dengan nama barang yang dilampirkan. Pada akhir tulisan itu tidak disertai tanda baca apapun. Dalam penulisan jumlah barang yang dilampirkan, jika bilangan yang ditunjukkan dapat ditulis dengan satu atau dua kata, bilangan itu ditulis dengan huruf. Namun, jika tidak dapat ditulis dengan satu atau dua kata, bilangan itu ditulis dengan angka.

    Berikut penulisan lampiran yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    Lampiran : Lima lembar
    Lamp. : Satu berkas
    Lampiran : 25 eksemplar

    Berikut penulisan lampiran yang tidak tepat:
    Lampiran : 5(lima) lembar
    Lamp. : 1 berkas
    Lampiran : 2 helai

    Kata lampiran atau lamp. Tidak perlu dicantumkan jika surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan itu memang tidak menyertakan lampiran. Demikian dapat dipahami bahwa tidak menyertakan lampiran, tetapi mencantumkan kata itu, baik disertai tanda hubung (-) maupun nol (0), jelas tidak tepat.

    3. Hal

    Hal surat lamaran pekerjaan huruf awal kata hal, seperti pada lampiran, ditulis dengan menggunakan huruf kapital dan diikuti dengan tanda titik dua. Di samping itu, pengisi hal hanya huruf awalnya yang ditulis dengan huruf kapital, sedangkan huruf selanjutnya ditulis dengan huruf kecil biasa, termasuk huruf petama pada setiap unsurnya.
    surat lamaran kerja

    Penulis selain menggunakan kata hal, lazim pula memakai kata perihal. Makna kedua kata-kata itu pada dasarnya sama. Meskipun demikian, demi keefektifan bahasa yang dipakai, kata yang disarankan di sini adalah hal karena dianggap lebih singkat dan efektif. Demi keefektifan pula, pengisi hal pun sebaiknya tidak terlalu panjang tetapi cukup ditulis secara singkat, jelas, dan dapat mencakup seluruh masalah pokok yang disampaikan di dalam yang bersangkutan.
    Misal :

    Berikut penulisan hal yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    Hal : Undangan
    Hal : Pengumuman
    Hal : Pengiriman barang
    Hal : Lamaran Pekerjaan
    Hal : Pemberitahuan

    Berikut penulisan hal yang tidak tepat:
    Hal : Undangan untuk menghadiri….
    Hal: PENGUMUMAN
    Hal : P E M B E R I T A H U A N
    Hal : Pengiriman barang.
    Hal : Lamaran Pekerjaan

    4. Alamat penerima

    Penulisan alamat penerima surat lamaran kerja mempunyai beberapa ketentuan, yaitu:

    Alamat penerima di dalamnya ditulis pada pojok kiri atas, tepatnya di antara hal dan salam pembuka. Penulisan alamat pada pojok kiri dipandang lebih menguntungkan daripada di pojok kanan karena kemungkinan terjadinya pemenggalan alamat sangat kecil. Pada pojok kiri itu alamat yang cukup panjang pun dapat ditulis tanpa harus dipenggal karena tempatnya cukup leluasa. Keleluasan seperti itu tidak ada jika alamat ditulis di pojok kanan;

    Penulisan alamat penerima cukup diawali dengan Yth. Atau dengan bentuk lengkapnya, yaitu Yang terhormat. Sebelum Yth. atau Yang terhormat tidak didahului kata kepada; dan

    Jika orang yang dituju memiliki gelar akademik atau pangkat -dan gelar/pangkat itu dicantumkan-,kata sapaan seperti Bapak, Ibu, atau Saudara tidak perlu dipakai di depannya. Apabila pihak yang dituju dimulai dengan nama jabatan seperti kepala, ketua, direktur, atau pimpinan, sapaan seperti bapak, ibu, atau saudara juga tidak dipakai. Sapaan semcam itu hanya tepat dipakai jika alamat penerima langsung mengacu pada nama seseorang.

    Berikut penulisan alamat penerima yang tepat pada contoh surat lamaran kerja:
    Yth. Direktur PT Sekar Wangi
    Yth. Dr. Surahmat
    Yth. Kepala sekolah SMUN 5 Perpus

    Tidak tepat
    Yth. Bapak Direktur PT Sekar Wangi
    Yth. Saudara Dr. Surahmat
    Kepada Yth. Kepala Sekolah SMUN 5

    Bagian-bagian alamat yang lain, seperti nama jalan, gang, nomor, dan nama kota, huruf awalnya ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Kata jalan yang terletak sebelum nama jalan sebaiknya ditulis lengkap, tidak disingkat Jl. atau Jln. Kemudian, nama kota pada alamat tersebut tidak diberi garis bawah tunggal maupun ganda. Dalam penulisannya, akhir bagian-bagian alamat itu tidak diberi tanda baca apapun jika disusun kebawah.

    Berikut penulisan alamat penerima yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    Yth. Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
    Jalan Daksinapati Barat IV
    Rawamangun
    Jakarta Timur

    Tidak Tepat
    Yth. Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
    Jln. Daksinapati Barat IV
    Rawamangun,
    Jakarta Timur.

    5. Salam Pembuka

    Pencantuman salam pembuka adalah di sebelah kiri sejajar dengan garis tepi kiri. Huruf awal atau huruf pertama ungkapan salam pembuka itu ditulis dengan huruf kapital. Sedangkan huruf awal pada unsur selanjutnya ditulis dengan huruf kecil. Jadi, tidak setiap huruf awal unsur-unsurnya ditulis dengan huruf kapital. Selanjutnya, salam pembuka itu diakhiri dengan tanda koma.

    Berikut penulisan salam pembuka yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    Dengan hormat,
    Salam sejahtera,
    Asalamualaikum w.w.,

    6. Paragraf Pembuka

    Paragraf pembuka merupakan bagian pengantar yang berfungsi untuk mengantarkan pihak penerima atau pembaca pada pokok persoalan yang dikemukakan. Dengan demikian, fungsi utama paragraf pembuka adalah untuk menghubungkan pikiran pembaca dengan pokok masalah yang disampaikan. Di samping itu, paragraf pembuka juga berfungsi untuk menarik minat atau perhatian pembaca. Kalimat-kalimat yang lazim dipakai sebagai paragraf pembuka seperti berikut ini.

    Berikut penulisan paragraf pembuka yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    Kami beritahukan bahwa….
    Kami mohon bantuan tuan….
    Dengan ini kami mengundang….
    Sesuai pembicaraan kita melalui telepon tanggal….
    Dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa….
    Bersama ini kami kirimkan….

    Menarik Juga: Contoh Teks Editorial

    Tidak tepat
    Bersama ini kami beritahukan….
    Kami mohon bantuan daripada tuan….
    Bersama ini kami mengundang….
    Menunjuk pembicaraan kita melalui telepon tanggal….
    Menjawab pertanyaan saudara dalam tanggal….
    Dengan sangat menyesal sekali, kami belum dapt mengabulkan permohonan saudara.
    Dengan ini kami mengirimkan satu set alat tulis.

    Contoh paragraf pembuka:
    Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
        Nama             :............................................................
        Tempat/Tgl lahir     :............................................................
        Agama         :............................................................
        Pendidikan         :............................................................
    Alamat        :............................................................

    7. Paragraf Isi

    Paragraf isi dapat dipandang sebagai inti. Paragraf isi sebaiknya hanya mengungkapkan satu masalah. Oleh karena itu, jika ada dua masalah atau lebih, hendaknya diungkapkan dalam paragraf tersendiri.

    Contoh paragraf isi 
    Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun sebagai bahan pertimbangan saya lamaran data-data sbb :

    1.    Surat Lamaran
    2.    Daftar Riwayat Hidup
    3.    Foto Copy Ijazah terakhir
    4.    Foto Copy STK dan transkrip nilai
    5.    Foto Copy KTP
    6.    Pas photo 3 x 4 dan 4 x 6 : 2 lembar
    7.    Foto Copy KTP
    8.    ................,.....................,................. dll

    8. Paragraf Penutup

    Paragraf penutup merupakan bagian akhir yang berfungsi untuk menyatakan bahwa pembicaraan telah selesai. Paragraf ini biasanya mengungkapkan harapan penulis dan ucapan terima kasih yang disampaikan kepada penerima.

    Beberapa kalimat yang lazim dipakai pada paragraf penutup antara lain:
    Atas perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih.
    Atas perhatian dan bantuan ibu, saya mengucapkan terima kasih.
    Saya akhiri surat lamaran ini dengan ucapan terima kasih atas perhatian serta pekerjaan sama saudara yang baik.
    Sekianlah surat lamaran dari saya, mudah-mudahan memperoleh tanggapan, tanggapan dan perhatian bapak.
    Atas terkabulnya permohonan ini, saya ucapkan terima kasih.

    Namun, dalam penulisan paragraf penutup sering dijumpai pemakaian kalimat yang tidak tepat, misal:
    Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
    Sekianlah, harap maklum.
    Mohon periksa adanya.
    Sebelum dan sesudahnya, kami ucapkan terima kasih.
    Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

    Pada contoh di atas terdapat beberapa kesalahan, yaitu pemakaian akhiran -nya yang merujuk kepada orang ketiga padahal penerima lamaran kerja adalah pihak orang kedua, tidak adanya subjek, pemakaian kata-kata yang tidak informatif, dan penggunaan kalimat yang mubazir/tidak berguna.

    9. Salam Penutup

    Penulisan salam penutup dicantumkan di pojok kanan bawah, tepatnya di antara paragraf penutup dan tanda tangan penulis. Ungkapan yang dipakai pada salam penutup, seperti pada salam pembuka, ditulis dengan huruf kapital pada huruf awal kata pertama saja, sedangkan huruf awal kata selanjutnya ditulis dengan huruf kecil biasa. Tanda koma juga disertakan pada kahir salam penutup.

    Berikut penulisan salam penutup yang tepat pada contoh surat lamaran pekerjaan :
    Hormat kami,
    Hormat saya,
    Salam takzim,

    Tidak tepat
    Hormat Kami
    Hormat saya,
    salam takzim,

    10. Tanda Tangan Nama Jelas

    Nama penanda tangan dinyatakan secara jelas di bawah tanda tangan, tepatnya sejajar di bawah salam penutup. Nama penanda tangan tidak ditulis dengan huruf kapial seluruhnya, tetapi hanya huruf awal setiap unsurnya yang ditulis dengan huruf kapital. Di samping itu, nama penanda tangan juga tidak diapit dengan tanda kurung.

    Posisi tanda tangan adalah antara salam penutup dan nama jelas atau nama penanda tangan. Jadi, letak tanda tangan itu pada pojok kanan bawah.

    Berikut penulisan tanda tangan dan nama jelas yang tepat pada contoh surat lamaran kerja:
    (Tanda Tangan) 
    Drs. Joko waluyo

    (Tanda Tangan) 
    Ir. Bagus Putra

    Tidak tepat
    (Tanda Tangan)
    (Drs. Joko waluyo)

    (Tanda Tnagan)
    IR. BAGUS PUTRA

    11. Bahasa Surat Lamaran Kerja

    Surat pada dasarnya adalah alat komunikasi. Sebagai alat komunikasi, mempunyai bagian yang berisi pesan atau informasi. Sehubungan dengan itu, agar pesan itu komunikatif dan mudah dipahami, hendaknya ditulis dengan menggunakan bahasa yang efektif, baik, dan benar sesuai dengan kaidah komposisi atau karang-mengarang. Kaidah komposisi yang berkaitan dengan surat-menyurat meliputi ejaan yang disempurnakan, pemilihan kata/diksi, penyusunan kalimat, dan pemaragrafan.

    Contoh Lamaran Kerja


    A. Jenis-jenis Teks

    Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa surat lamaran pekerjaan tergolong ke dalam jenis teks eksposisi. Yang menjadi pen ciri teks eksposisi adalah adanya tesis dan argumentasi. Tesis merupakan pernyataan umum yang bersifat subjektif. Disebut subjektif karena baru pendapat penulis. Di dalamnya, tesis terdapat di dalam pernyataan pelamar untuk mengemukakan bahwa diri pelamar layak untuk diterima. Contohnya, "Saya selalu siap untuk mendedikasikan diri secara profesional untuk bergabung dalam tim perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin karena kompetensi yang saya miliki". Pernyataan ini sangat penting bagi penerima lamaran untuk memberikan penilaian kelayakan seorang pelamar. Agar penerima lamaran memiliki wawasan yang luas dan pengetahuan yang memadai atas diri pelamar, pelamar harus mampu meyakinkannya. Kemampuan meyakinkan ditunjukkan melalui argumentasi yang dipaparkan. Selain tesis, penulis surat lamaran pekerjaan harus memberikan argumentasi yang kuat untuk mendukung tesis. Dengan demikian, argumentasi merupakan bagian penting berikutnya yang harus muncul di dalam surat lamaran pekerjaan. Wujud argumentasi di dalam surat lamaran pekerjaan adalah biografi singkat pelamar.

    Untuk lebih meyakinkan penerima lamaran, penulis harus memberikan penegasan sehingga penerima lamaran mau menerima pelamar secara meyakinkan. Contoh surat lamaran pekerjaan pada kalimat penutupnya, "Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih" merupakan penegasan walaupun belum terlalu meyakinkan. Hal-hal penting terkait dengan surat lamaran berdasarkan ciri teks eksposisi, yakni tesis-argumentasi-penegasan. Ketiga unsur penting tersebut harus selalu muncul di dalamnya.

    B. Ketentuan-ketentuan surat lamaran pekerjaan

    Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang digunakan adalah sebagai benikut:
    1. Bahasa surat adalah bahasa yang baik dan henar.
    2. Bahasa menggunakan kata-kata yang sopan.
    3. Bahasa berisi kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran.
    4. Bahasa tampak dan tulisan yang bersih, mudah dibaca, sesuai dengan kaidah ejaan.
    5. Melengkapi bagian-bagian dengan norma bahasa (seperti penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang). 
    Pada dasarnya, surat lamaran pekerjaan dibedakan dari sumber yang diperoleh oleh pelamar. Romadi dan dan Rustamaji (20 10:4) menjelaskan bahwa surat lamaran pekerjaan dapat diajukan berdasarkan sumber-sumber berikut ini:

    1. Iklan
    Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian .... tanggal .... yang isinya menyatakan bahwa .... Dalam harian .... tanggal .... saya membaca ikian yang menyatakan bahwa PT .... membutuhkan .... Berkenaan dengan hal tersebut, saya ....
    2. Informasi seseorang
    Menurut informasi dan Bapak .... , perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan .... Sehubungan dengan hal itu ....
    3. Pengumuman resmi dari instansi yang membutuhkan tenaga
    Berdasarkan dengan pengumuman nomor: .... tanggal .... tentang penerimaan karyawan PI’ .... maka yang bertanda tangan di bawah ini
    4. Permohonan instansi pada sekolah
    Setelah mendapat informasi dan kepala sekolah tentang permohonan tenaga kerja...
    5. Inisiatif sendiri
    Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebagai karyawan pada ....

    Perbedaan sumber penulisannya akan berdampak pada bahasa yang digunakan. Variasi bahasa yang dapat dibuat seperti tampak pada uraian mengenai sumber penulisan surat lamaran pekerjaan.