Contoh Kata Pengantar Tesis

Kata pengantar biasanya berisi dan sangat berkaitan dengan asal-usul, tujuan, batasan, dan ruang lingkup buku, proposal, penelitian, skripsi dll,  dan mungkin juga didalam kata pengantar termasuk pengakuan hutang, pengantar yang berhubungan dengan subjek buku, proposal, penelitian, skripsi juga tertulis bagaimana menunjukkan sudut pandang yang akan diadopsi oleh pembaca. kata pengantar bukan merupakan bagian dari halaman dan sistem penomoran halaman. 

contoh kata pengantar
Unsur-unsur pada contoh kata pengantar tesis berikut menyertakan ruang lingkup, tujuan, batasan, dan bahkan beberapa terima kasih kepada orang-orang yang penting. Biasanya kata-kata terima kasih itu akan mencakup pasangan, profesor, orang tua atau sejenisnya.

KATA PENGANTAR
Puji Syukur senantiasa dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rakhmat, taufiq serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tesis dengan judul Penerapan Strategi Pembelajaran dengan Metode Latihan Distributed Progressive untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Materi Bola Basket di SMA Negeri 1 Banyudono” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPS.1 Tahun Pelajaran 2009/2010).
Penyusunan tesis merupakan bagian persyaratan untuk mendapatkan gelar Magister Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tesis ini dapat terselesaikan berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini secara tulus penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, terutama kepada :
  1. Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk belajar di Program Pascasarjana UNS Surakarta.
  2. Direktur Program Pascasarjana (PPs) UNS Surakarta beserta staf yang telah memberikan ijin dan dukungan demi terlaksanakannya penelitian dalam rangka penulisan tesis ini. 14 
  3. Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd, Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan yang telah memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dalam menyelesaikan penelitian dan penulisan tesis ini.
  4. dst
Penulis menyadari bahwa penulisan tesis ini tidaklah sempurna, oleh karena itu kritik dan saran penulis terima dengan senang hati. Mudah-mudahan tesis ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu, khususnya dalam bidang pembelajaran dan penilaian. Akhir kata semoga semua bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak menjadi amal kebaikan dan mendapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT. Amin.
Surakarta, Desember 2009

Penulis
Kata pengantar juga bisa ditulis oleh seseorang yang bukan dari penulis atau editor, biasanya seseorang tokoh atau ahli yang terkemuka (sehingga diharapkan dapat memberikan kredibilitas positif terhadap buku), dan sering kita jumpai pada halaman judul buku yang menuliskan "Kata Pengantar oleh Prof. Dr. XYZ", idealnya atau biasanya kata pengantar hanya satu atau dua halaman  nama penulis kata pengantar biasanya muncul di akhir kata pengantar.
Tujuan penulisan kata pengantar adalah:
  1. Untuk berbicara mengenai bagaimana anda menulis, tapi usahakan gunakan kata-kata yang dapat membantu menarik pembaca. 
  2. Untuk menjangkau kepada pembaca potensial (bagaimana memancing pembaca, mengaitkannya dan membuat pembaca ingin membaca lebih lanjut). Dalam kasus ini seperti buku "Misteri Kematian Ibu Tien Soeharto" yang terbit tahun 1999, penerbit Alam fantasi.
  3. Untuk menjawab pertanyaan: mengapa harus ini? kenapa harus sekarang? mengapa orang ini? mengapa oleh penulis ini?
  4. Untuk berbicara tentang bagaimana anda mengumpulkan dan mendapatkan informasi - sumber utamanya apa dan apa yang menjadi pembeda dari yang lain yang membahas tentang masalah ini.
  5. Untuk memberikan kerangka kerja
  6. Secara singkat untuk memberikan, pendapat utama atau sudut pandang anda tentang subjek tersebut.
Memang sebagian orang berpendapat tidak penting membaca kata pengantar dan sebagian yang lain mengatakan itu penting karena ini adalah hal pertama yang dilihat pembaca. Jelas kata pengantar harus ditulis dengan baik. Secara pribadi, saya pikir sangat penting karena penulis tidak pernah tahu di mulai dari mana pembaca akan mulai membaca. Kata pengantar juga biasanya berisi kalimat yang memberikan ucapan terima kasih dan penulis berusaha membuatnya menarik, untuk memberikan mereka konten.
Menarik dibaca juga: Contoh Kata Pengantar

0 Comments:

Post a Comment