Pengertian Proposal Kegiatan

Pengertian proposal kegiatan menurut Pardosi (2013: 4):
  1. diartikan sebagai bentuk rancangan sekaligus ringkasan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Dalam ringkasan kegiatan tersebut terdapat pula beberapa poin penting yang mesti disampaikan.
  2. proposal kegiatan adalah suatu proyek kegiatan yang diajukan kepada pimpinan untuk mendapatkan pertimbangan persetujuan.
  3. Adalah Rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal.
  4. adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  5. Adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal.


    Saya akan coba sedikit berikan contoh proposal kegiatan pada artikel saya kali ini, adapun contoh yang akan saya tuliskan disini adalah contoh proposal keg. kampus, contoh proposal keg. sekolah, contoh proposal keg. desa dan contoh proposal kegiatan pramuka.

    Pengertian proposal kegiatan menurut Hasnun (2004: 73)
    Proposal kegiatan adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu, dapat juga dikatakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, bersifat memberitahukan yang disertai harapan, dan permohonan, maka perlu dijelaskan secara rinci dilengkapi dengan gambar, foto, jadwal kegiatan, dan hal-hal lain yang dibutuhkan. Dengan demikian, orang yang dikirimi mengetahui dan memahami kegiatan yang akan dilaksanakan.

    Proposal Kegiatan


    Pengertian proposal kegiatan menurut Susanto dalam Handoyo (2009:52)
    Proposal kegiatan merupakan entry point untuk meraih kesuksesan masa depan yang berhasil diterima oleh pihak yang berkepentingan menandakan telah terbukanya harapan untuk melakukan suatu kegiatan atau program yang telah diusulkan.

    Pengertian proposal kegiatan menurut Hariwijaya dalam Handoyo (2009:52)
    Proposal kegiatan merupakan rencana pembuatan suatu program atau kegiatan yang dananya diperoleh dari lembaga donor, baik swasta maupun negeri yang dijelaskan hal-hal yang menyakinkan pihak lembaga donor agar bersedia mengucurkan bantuan dana untuk program yang diusulkan.
    Pengertian proposal kegiatan menurut (Finoza, 1999:157)
    Proposal kegiatan adalah rencana kerja yang disusun secara sistematik dan terperinci untuk suatu kegitan yang bersifat semiformal. Proposal atau rencana kerja hampir sama fungsinya dengan kerangka karangan.

    Pengertian proposal kegiatan menurut Agam (2008:24)
    Proposal kegiatan adalah saran, usul, permintaan atau penawaran melaksanakan suatu rencana kerja kepada seseorang, lembaga, instansi, atau perusahaan, baik pemerintah maupun swasta. Dibuat dengan maksud untuk dikerjakan oleh yang mengajukan, tetapi di maksud agar target melakukan apa yang diharapkan oleh proposal tersebut.

    Berdasarkan berbagai pengertian yang dikemukakan oleh para ahli di atas, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan tentang definisi proposal kegiatan, yaitu suatu bentuk pengajuan penawaran, baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, izin, persetujuan, dan lainnya. Proposal kegiatan adalah rencana kerja yang disusun secara sistematik dan terperinci untuk suatu kegatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok, organisasi, lembaga agar tercapai tujuan.

    Contoh Proposal

    Sebelum kita memulai suatu kegiatan, tentunya, diperlukan suatu rencana kerja yang jelas. Dengan adanya itu, kita akan tahu hal-hal apa saja yang harus dikerjakan, berapa biaya yang diperlukan, dan sebagainya. Contoh proposal Keg. Berisikan segala hal yang akan berhubungan dengan suatu keg. yang akan diadakan, didalamnya umumnya akan berisi: latar belakang, tujuan, ruang lingkup masalah, dan beberapa unsur lainnya. Sebuah proposal keg. disusun untuk diajukan agar yang akan dilaksanakan disetujui. Dan berikut akan kami tuliskan beberapa contoh tentang contoh prop. kegiatan sekolah, contoh proposal keg. kampus, contoh prop. kegiatan pramuka dan contoh proposal keg. desa.

    Proposal Kegiatan

    Contoh Proposal Kegiatan sekolah penanaman seribu pohon

    Contoh Proposal Kegiatan sekolah dibawah ini bertema penanaman seribu pohon, dikarenakan sudah banyak daerah yang hanya memiliki sedikit pohon salah satunya di kecamatan sukun. Jauh dari kriteria daerah hijau. Suhu udaranya panas dan kotor.

    I. CONTOH LATAR BELAKANG
    Oksigen adalah kebutuhan utama makhluk hidup di bumi. Kebutuhan oksigen semakin lama semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang pesat, sedangkan persediaan oksigen di bumi semakin sedikit karena pengubah karbondioksida menjadi oksigen, yaitu pohon semakin lama semakin sedikit. Di kota Malang sendiri, sudah banyak daerah yang hanya memiliki sedikit pohon salah satunya di kecamatan sukun. Jauh dari criteria daerah hijau. Suhu udaranya panas dan kotor. Oleh karena itu, kami selaku OSIS SMA XYZ ingin mengadakan acara "Penanaman Pohon" . Acara tersebut adalah acara menanam pohon di daerah – daerah krisis pohon di Kecamatan sukun.

    Download

    II. CONTOH TEMA
    Berani Menebang berarti berani menanam

    III. CONTOH TUJUAN
    1. Menjaga lingkungan agar tetap rindang
    2. Menjadikan lingkungan agar bebas polusi
    3. Menciptakan lingkungan hijau
    4. Menumbuhkan kepedulian warga pada lingkungan
    IV. WAKTU DAN TEMPAT
    dst
    V. DAFTAR ACARA
    dst
    VI. SUSUNAN PANITIA
    dst

    VII. ANGGARAN DANA
    dst

    VIII. PENUTUP

    Prop. ini kami buat dan kami ajukan dengan harapan pihak yang berwenang memberikan persetujuan dan turut berpatisipasi dalam acara yang akan kami laksanakan. Semoga keg. yang akan kami laksanakan berjalan lancar. Amin.

    Contoh Proposal Kegiatan Pramuka tentang perkemahan

    Pada Contoh Proposal Keg. Pramuka dibawah menggambarkan bahwa dengan kepramukaan dapat menumbuhkan mental yang positif serta mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas bagi anggotanya agar dapat beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab.

    A. PENDAHULUAN pada contoh Proposal Kegiatan
    Keg. organisasi Kepanduan (Kepramukaan) dapat menumbuhkan mental yang positif serta mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas bagi anggotanya agar dapat beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab.

    Download

    Usaha pencapaian hal tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan acara yang menarik, bermutu dan mengandung pendidikan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Melalui suatu bentuk keg. diharapkan anggota Pramuka dapat mengapresiasikan dan mengaktualisasikan segala bentuk pemikirannya untuk dapat melaksanakan suatu keg. yang positif di kalangan remaja.

    Untuk itu bersamaan dengan Hari Pramuka ke–50 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke–66 maka kami bermaksud memperingati hari bersejarah tersebut melalui keg. “Perkemahan Tingkat Penggalang SD dan SMP Dalam Rangka Memperingati Hari Pramuka Ke-50 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-66“. Tentunya kami mengharapkan peran serta dari semua pihak terkait untuk dapat mendukung pelaksanaan tersebut.


    B. DASAR PEMIKIRAN pada contoh Proposal Kegiatan
    1. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 4 yang berbunyi Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya sehingga menjadi :
    • manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur yang : (1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, dan tinggi moral, (2) tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya, (3) kuat dan sehat jasmaninya,
    • warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional.
    2. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 5 berbunyi Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik.
    3. Peringatan Hari Pramuka dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dapat menumbuhkan jiwa patriotisme yaitu peduli terhadap bangsa, negara, sesama manusia, dan alam serta isinya.
    4. Peduli terhadap sesama dan diri sendiri.
    5. Perkemahan merupakan salah satu bentuk olahraga masyarakat yang mudah diikuti oleh siapapun sehingga dapat menumbuhkan dan memelihara komunikasi yang sehat, sportif, berprestasi serta mempunyai semangat solidaritas yang tinggi.
    6. Sebagai manifestasi untuk taat kepada Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

    C. MAKSUD DAN TUJUAN pada contoh proposal kegiatan
    1. Berperan aktif dalam mencintai organisasi Kepanduan (Kepramukaan).
    2. Menumbuhkan jiwa patriotisme pada diri anggota Pramuka.
    3. Menjalin persahabatan sesama anggota Pramuka.
    4. Menumbuhkan kreatifitas di bidang Kepramukaan.
    5. Menambah dan meningkatkan wawasan para anggota mengenai Kepramukaan.
    6. Mengembangkan dan membina minat dan bakat serta kemampuan anggota Pramuka.
    7. Memperkenalkan anggota terhadap lingkungan, ikut memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam sekitarnya.
    8. Dalam rangka menjalankan program kerja Gerakan Pramuka Sanggar Bakti SMP Negeri 3 Cisomet.
    9. Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-50 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66.

    D. RENCANA KEGIATAN 
    1. Pentingnya melestarikan ekologi (lingkungan) oleh Polisi Hutan Kecamatan Caringin .
    2. Penyuluhan kenakalan remaja oleh Polsek Caringin/SPN Lido.
    3. Perkembangan keg. ke-Pramukaan di Indonesia umumnya dan Kwartir Ranting Caringin khususnya Oleh.
    4. Rusaknya bumi kita/Apresiasi Seni dan Budaya oleh Andri Kiswantoro, SST. (Pembina Gudep SMP Negeri )/Panitia.
    5. Mencegah lebih baik mengobati oleh Kurnia Maulana Yusuf (Pembina PMR SDN Cipopokol).
    6. Lintas alam (Outbond) dan game’s oleh Eko Sulistyo dan Ujang Anton.
    7. Bakti sosial dan lain-lain.

    E. WAKTU DAN TEMPAT
    Hari : Sabtu sampai dengan Minggu.
    Tanggal : 15 sampai dengan 16 Oktober 2019
    Pukul : 09.00 WIB sampai dengan selesai
    Tempat : Lapangan Sepak Bola Krida Neglasari

    F. PANITIA PELAKSANA
    Adapun susunan panitia terlampir .

    G. CONTOH ANGGARAN BIAYA
    Adapun rincian anggaran biaya terlampir.

    H. CONTOH HARAPAN
    Kami mengharapkan bantuan dan partisipasi dari semua pihak yang terkait untuk menunjang suksesnya keg. ini sesuai dengan harapan kita semua dan juga kami berharap semoga rencana ini dapat terlaksana dengan baik dan dengan hasil yang sebagaimana mestinya.

    I. CONTOH PENUTUP
    Demikian prop. ini kami sampaikan, mudah-mudahan dengan kerjasama dan partisipasinya akan dapat berguna dalam pelaksanaan keg. ini.

    Kami atas nama panitia penyelenggara sadar bahwa tugas ini tidaklah menjadi halangan bagi kami untuk berusaha mewujudkan dan melaksanakan keg. ini. Pada kesempatan ini kami mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam penyusunan prop. ini.

    Demikian, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Aamiin.

    Contoh Proposal Kegiatan kampus Pagelaran Seni Drama dan Tari Mahasiswa


    A. LATAR BELAKANG Contoh Proposal Kegiatan

    Dalam era global seperti sekarang ini banyak hal yang menuntut mahasiswa untuk semakin berpikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan sebuah karya seni. Khususnya dalam bidang seni drama dan tari yang merupakan salah satu bidang dalam kesenian yang perlu mendapatkan sentuhan kreatifitas oleh para pecinta dan penikmat seni agar tercipta sebuah karya yang bernilai dan dapat dinikmati sebagai suatu karya seni yang hebat. Seni drama dan tari ini juga dijadikan mata kuliah tersendiri di jurusan-jurusan tertentu yaitu mata kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari khususnya di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

    Download

    Di dalam mata kuliah ini menuntut calon guru Sekolah Dasar agar memiliki bekal untuk dapat mengajarkan kesenian khususnya seni drama dan tari kepada anak didiknya kelak dengan bekal yang sudah dimiliki para calon guru Sekolah Dasar tersebut selama menempuh mata kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari ini. Sebuah pagelaran ujian praktik, selain sebagai nilai Ujian Akhir Semester mata kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari juga dapat menjadi keg. alternatif yang diwujudkan dalam usaha membangkitkan motivasi mahasiswa dalam apresiasi seni serta mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa dalam bidang seni, khusunya Seni Drama dan Tari. Semoga nantinya dapat bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan negara.

    B. NAMA KEGIATAN
    Nama keg. ini adalah "Pagelaran Seni Drama dan Tari Mahasiswa PGSD UPP Tegal 2013"

    C. TEMA KEG. pada contoh proposal kegiatan
    Tema keg. ini adalah "Tingkatkan Kreatifitasmu, Ekspresikan Aksimu, Tunjukkan Gerakmu"

    D. DASAR KEG.
    Nilai Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari.

    E. TUJUAN KEG.
    1. Melaksanakan Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama.
    2. Mengembangkan bakat, potensi, dan kreatifitas mahasiswa PGSD UPP Tegal dalam bidang seni, khususnya seni drama dan tari.
    3. Membangkitkan motivasi mahasiswa dalam apresiasi seni.
    4. Meningkatkan kerjasama seluruh mahasiswa angkatan 2011.

    F. SASARAN KEG.
    Mahasiswa angkatan 2011 PGSD UPP Tegal FIP UNNES

    G. JENIS KEG.
    Pagelaran Seni Drama dan Tari

    H. CONTOH PELAKSANAAN
    Pagelaran Seni Drama dan Tari dilaksanakan pada:
    Hari/Tanggal : Sabtu-Minggu / 19-20 Januari 2013
    Waktu : 08.00-17.00 WIB
    Tempat : Lapangan PGSD UPP Tegal

    I. CONTOH JADWAL KEG.
    Lampiran 1

    J. SUSUNAN PANITIA
    Lampiran 2

    K. ANGGARAN DANA
    Lampiran 3

    L. PENUTUP
    Demikian prop. ini kami buat, dengan harapan dapat diterima dan mendapat dukungan dari semua pihak demi kelancaran dan kesuksesan acara tersebut. Semoga keg. Pagelaran Seni Drama dan Tari ini dapat menumbuhkan kreatifitas seni para mahasiswa PGSD UPP Tegal, sekaligus meningkatkan prestasi di lingkungan fakultas khususnya dalam bidang kesenian, serta dapat mengimplementasikan peran serta aktif mahasiswa dalam keg. Pagelaran Seni Drama dan Tari ini.

    Contoh Proposal Kegiatan desa pembentukan BUMDES


    SAMPUL 

    DAFTAR ISI
     
    RINGKASAN EKSEKUTIF pada contoh proposal kegiatan

    BUM Desa "Karya Bersujud" merupakan lembaga usaha ekonomi desa milik Pemerintah Desa Manurung, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. BUM Desa "Karya Bersujud" didirikan pada tanggal 17 Oktober 2017 melalui forum Musyawarah Desa yang dihadiri oleh Delegasi Desa Manurung, yang terdiri dari Kepala Desa, perangkat Desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa, lembaga kemasyarakatan Desa, lembaga desa lainnya, dan perwakilan masyarakat dengan mempertimbangkan keadilan gender.

    Download

    BUM Desa “Karya Bersujud” telah memiliki struktur organisasi kepengurusan yang lengkap dan cukup sederhana, yaitu terdiri atas Dewan Penasehat (Dewan Komisaris), Dewan Pengawas, Pelaksana Operasional (Direktur), Sekretaris, dan Bendahara. Dewan Komisaris dijabat oleh Kepala Desa Manurung, Direktur dijabat oleh Sulaiman, Sekretaris dijabat oleh Nur Jannah, dan Bendahara dijabat oleh Mukri Isnandar. Dewan Penasehat terdiri dari Adil Hidayat (Ketua), Aminullah (Wakil Ketua), Hamidah (Sekretaris), dan Syamhuddin (Anggota). Dewan Komisaris beserta seluruh pengurus lainnya dapat bekerjasama sehingga keg. usaha BUM Desa yang sudah ada dapat berjalan dengan baik.

    Salah satu unit usaha yang akan dikembangkan BUM Desa "Karya Bersujud" adalah keg. unit usaha pembuatan jilbab tenun / sonket di desa manurung. Munculnya ide untuk menjalankan keg. usaha tersebut dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami para pengrajin tenun / songket dalam memasarkan kain produk unggulan desa manurung. Ini disebabkan karena kain yang bernilai tinggi tersebut selama ini hanya di gunakan untuk pembuatan kemeja.

    Keg. usaha pembuatan jilbab tenun / songket ini memiliki prospek yang sangat bagus, baik ditinjau dari segi sosial maupun dari segi bisnis. Dari segi sosial, dengan adanya keg. usaha tersebut akan membantu warga di desa manurung, sehingga akan mendukung pemerintah dalam pembukaan lapangan kerja. Dari segi bisnis, keg. usaha pembuatan kain tenun / songket sangat diminati oleh warga desa terutama para pengrajin, sehingga untuk pemasaran produk sangat mudah karena pasarnya selalu tersedia. Terlebih di Desa Manurung tidak ada pihak-pihak yang membuka usaha sejenis, sehingga tidak ada pesaingnya.

    Pada tahap awal usaha, target pasarnya adalah 2.000 helai jilbab tenun / songket untuk seluruh Dinas dan SKPD yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Jumlah peminat diyakini akan bertambah semakin banyak di masa yang akan datang. Harga telah diperhitungkan dan dimusyawarahkan bersama kepala Desa dan Dinas Pemberdayaan
    .... dst ....
    A. GAMBARAN UMUM DESA MANURUNG
    B. GAMBARAN BUM DESA "KARYA BERSUJUD"
    1. Visi dan Misi.
    2. Tujuan
    3. Badan Hukum
    4. Organisasi
    5. Unit Usaha
    6. Sumber Keuangan
    7. Peluang Pengembangan Usaha
    C. UNIT USAHA PENGELOLAAN AIR MINUM
    1. Latar Belakang Pemilihan Usaha
    2. Perencanaan Produk
    3. Perencanaan Pemasaran
    4. Perencanaan Manajemen
    5. Perencanaan Pengoperasian
    6. Perencanaan Keuangan
    7. Perencanaan Jadwal Pelaksanaan
    LAMPIRAN-LAMPIRAN
    Lampiran 1. Dokumentasi Kelembagaan BUM Desa
    Lampiran 2. Foto copy Peraturan Bersama Kepala Desa
    Lampiran 3. Foto copy Surat Keputusan Kepengurusan BUM Desa Bersama
    Lampiran 4. Berita Acara Musyawarah antar-Desa