Pengertian Proposal Kegiatan, Bisnis, Proyek, Penelitian

Tak semua orang bisa dengan gampang mengajukan dan memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan dalam membuat proposal terhadap pihak yang dituju. Yang terjadi justru kebanyakan orang tanpa bisa menjabarkan ke dalam sebuah propsal cuma mampu membuat konsep rencana atau program. Hal paling mendasar yang dipandang penting dalam membuat propsal  ialah sifat menjual dari propsal. Artinya, propsal yang dibuat seharusnya dapat memengaruhi orang, lembaga, atau pihak yang dituju, agar mereka ingin menerima dan menyetujui hal-hal yang ditunjukkan di dalam propsal. Oleh karena itu, propsal seharusnya dibuat benar-benar menarik. Propsal seperti menjadi pintu gerbang untuk meraih tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

Kata proposal berasal dan bahasa lnggris, yaitu proposal yang berarti pengajuan atau permohonan. Asal katanya adalah to propose (mengajukan). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa proposal merupakan suatu bentuk pengajuan penawaran, baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, izin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya. -Hariwijaya, 2005: 12-13.


Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal. Proposal adalah suatu usulan kegiatan perlu dukungan atau persetujuan pihak lain. Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Proposal Penelitian dalam dunia ilmiah (pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi) adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Bentuk "Proposal Penelitian" ini, biasanya memiliki suatu bentuk, dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll. - H. Badriyah

Pengertian proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dan propsal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.

pengertian proposal


Beberapa hal yang ada tertulis dalam proposal bisnis : 
  • Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
  • Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
  • Penjabaran mendetail mengenai hasil dan proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), definisi proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Dalam hahasa lnggris ada kata to propose yang artinya mengusulkan. Dengan demikian, secara sederhana propsal dapat diartikan sebagai bentuk usulan baik berupa gagasan maupun pemikiran yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja tertulis kepada pihak lain dengan tujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan kepada mereka tentang rencana kerja tersebut.

Menurut Winata (2013) secara umum proposal dibedakan menjadi empat jenis. yaitu:
  1. Proposal bisnis
Proposal bisnis berkaitan dengan dunia usaha, baik perseorangan maupun kelompok. Contoh propsal pendirian usaha dan propsal kerja sama antar perusahaan. 
  1. Proposal proyek
Propsal proyek pada umunmya mengacu kepada dunia kerja yang berisi serangkaian rencana bisnis atau komersial. Contoh propsal proyek pembangunan. 
  1. Proposal penelitian
Propsal penelitian digunakan di bidang akademis. Contoh proposal penelitian untuk pembuatan skripsi. tesis, dan disertasi. 
  1. Proposal kegiatan
Propsal kegiatan biasanya terkait dengan pengajuan rencana sebuah kegiatan. baik bersifat individu maupun kelompok. Contoh propsal kegiatan pentas seni.

Berdasarkan definisi proposal secara sederhana di atas, dapat dikatakan bahwa propsal merupakan bentuk pengajuan kepada pihak lain tentang rencana program, kegiatan, atau usaha yang akan dilakukan. Untuk itu, tujuan pengajuan proposal adalah meyakinkan pihak yang dituju agar memberikan dukungan (dana), persetujuan, atau izin terhadap rencana program (usaha atau kegiatan) yang dibuat. Misalnya dalam propsal penelitian, Anda mengajukan rencana penelitian kepada pihak fakultas dengan tujuan mendapatkan persetujuan, H. Susanto: 2009.
 Baca Juga: Contoh Proposal

Author

Tentang penulis: T Nurandhari

Penulis adalah seorang penulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia.

Follow me on: Twitter | Scholar | Quora |

0 Comments:

Post a Comment