Prinsip-prinsip Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan surat penjualan yang berhubungan dengan bagaimana Anda menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan. Prinsip 3A (Attraction, Attention, dan Action) dapat dijadikan landasan ketika akan membuat lamaran.


    a) Attraction (Daya Tarik)

    Pernahkah Anda membayangkan berapa jumlah surat lamaran yang masuk ke meja lembaga yang membuka lowongan pekerjaan ? Selanjutnya, bayangkan apa warna sampul suratnya ? Ya, sampul surat yang biasa digunakan untuk membungkus lamaran biasanya berwarna coklat.

    Sampul surat berwarna coklat sudah biasa digunakan untuk membungkus surat lamaran, tetapi sampul surat yang berwarna selain coklat jarang digunakan. Untuk memunculkan daya tarik atau prinsip A yang pertama yaitu attraction, kemaslah surat lamaran kerja dengan sampul surat yang bukan berwarna coklat. Tampilkan surat lamaran kerja dengan sampul surat yang eksklusif, berbeda dari yang lain.

    Namun, sebelum dikemas ke dalam sampul yang menarik, lembaran-lembaran surat lamaran, curriculum vitae, surat keterangan, fotokopi ijazah-ijazah, kartu identitas, foto, transkrip nilai, dan sertifikat-sertifikatsebaiknya dijilid dengan rapid an menariksehingga pada saat penerima surat membaca surat lamaran kerja Anda akan merasa nyaman dan tidak berceceran. Selain itu, daya tarik dapat Anda wujudkan melalui bahasa surat yang menarik, sopan, dan efektif.

    b) Attention (Perhatian)

    Prinsip kedua dalam menulis surat lamaran kerja adalah attention (perhatian). Kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan ketertarikan Anda pada posisi tersebut. Yakinkan penerima lamaran kerja bahwa Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat. Perkenalkan ide-ide yang membuat pembaca antusias untuk memperhatikan tulisan Anda.

    c) Action (Tindakan)

    Melalui prinsip ketiga ini diharapkan penerima lamaran kerja dapat menindak dan memutuskan sesuatu yang Anda harapkan. Kemukakan bahwa Anda berharap lembaga atau perusahaan dapat memberi kesempatan kepada Anda untuk melakukan wawancara keja.

    Contoh Surat Lamaran Kerja

    Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja

    Kaidah-kaidah baku dalam penulisan surat lamaran kerja perlu diperhatikan oleh calon pelamar. Artinya, pelamar kerja harus memahami dan mempersiapkan dengan baik hal-hal yang harus dituliskan dalam surat lamaran kerja dan cara mengorganisasikan.

    Terdapat tiga bagian utama penulisan surat lamaran, yaitu paragraph pembuka, paragraph isi, dan paragraph penutup. Penjelasan ketiga bagian tersebut dapat diperinci sebagai berikut:

    a) Paragraf Pembuka

    Untuk membuat surat lamaran kerja, awalilah dengan kualifikasi yang Anda miliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang diinginkan. Kemudian, jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan atau memberi manfaat kepada lembaga.

    Anda juga dapat mengawali surat lamaran kerja dengan menyebut nama atau sumber publikasi, misalnya rekan kerja, surat kabar, majalah, radio, televise, atau internet.

    b) Paragraf Isi

    Setelah menarik perhatian penerima surat lamaran kerja pada paragraph pembuka, Anda dapat mempromosikan diri Anda pada paragraph isi. Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Anda juga perlu menjelaskan pendidikan nonformal sebagai pengetahuan tambahan di luar bidang studi yang Anda dapatkan melalui jalur formal.

    Untuk memperkuat kualifikasi Anda, nyatakan secara jelas sikap, minat, kualitas, dan aktivitas berbagai pekerjaan, kegiatan yang pernah Anda lakukan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

    c) Paragraf Penutup

    Untuk menutup surat lamaran kerja, Anda dapat mengemukakan harapan dan tindakan yang Anda inginkan. Beri tahu dengan jelas keinginan Anda untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan lembaga.

    Agar pihak lembaga mudah menghubungi Anda, berikan alamat yang jelas, termasuk nomor telepon, facsimile, dan e-mail yang Anda miliki.

    3. Resume (Curriculum Vitae)

    Resume atau curriculum vitae merupakan laporan perincian kualifikasi pelamar yang kehadirannya tidak dapat dipisahkan dari surat lamaran kerja. Kemukakan, poin-poin penting tentang kemampuan Anda dimulai dari tujuan karier, informasi pribadi, pendidikan, penguasaan bahasa asing, prestasi, referensi.

    Kemukakan hal-hal tersebut dengan memperhatikan kerapian, kesederhanaan, keakuratan, dan kejujuran. Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.

    1. Contoh Surat Lamaran Kerja Programmer


    Kapada Yth,
    Bapak Kepala Bagian Personalia
    PT. Batavia Komputindo
    Jl. Mekar Sari 12
    Jakarta Barat

    Dengan hormat,

    Saya sangat tertarik dengan iklan Bapak dalam terbitan harian Media Indonesia terbitan hari Sabtu, 21 Mei 2019 mengenai adanya lowongan untuk jabatan Computer Programmer. Maka, bersama surat ini saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

    Saya berusia 23 tahun, dan telah menyelesaikan kuliah jurusan Computer Programming di Akademi Komputer (AKAKOM), Jakarta pada bulan September 2006, dengan IPK 3.21. Selain kuliah, selama 1 tahun terakhir saya bekerja sebagai asisten instruktur di Pusat Kursus Komputer ‘Arcadia’, Jakarta.
    Untuk keterangan lebih terperinci, bersama ini saya lampirkan juga surat keterangan pengalaman kerja, surat tanda kelulusan sementara dari AKAKOM Jakarta, daftar riwayat hidup singkat, dan foto terbaru saya.

    Saya berkeyakinan bahwa surat ini beserta lampirannya belum cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Oleh karena itu, saya berharap Bapak akan memberikan suatu kesempatan wawancara kepada saya, sehingga dapat diperoleh keterangan mengenai diri saya secara lebih terperinci dan lengkap.

    Hormat saya,


    Johnny Sunardi

    2. Contoh Surat Lamaran Kerja Manajer Pemasaran


    25 Mei 2019

    Yth; Kepala Bagian Sumber Daya Manusia
    PT. Daya Guna Fertilizer
    Jl. Ciputat Raya 16 A
    Ciputat Tangerang 15774


    Dengan hormat,

    Bersama ini saya kirimkan surat lamaran beserta curriculum vitae sebagai tanggapan atas iklan Anda di harian Kompas, hari Sabtu 21 Mei 2019.

    Saya telah mempunyai pengalaman selama lima tahun menjadi manajer pemasaran produk kosmetik dan perawatan rambut di PT. Surya Ayu Cosmetic, Jakarta. Dalam posisi tersebut saya bertanggung jawab atas penjualan di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Cilegon.

    Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun curriculum vitae yang saya kirimkan ini tidak dapat menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan bagaimana potensi dalam diri saya dan pelayanan yang akan saya berikan akan menjadi asset yang berharga bagi PT. Daya Guna Fertilizer.



    Hormat saya,



    Nadya Faizzatia

    3. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

    Michael Owen
    MLM Company
    87 Sudirman
    South Gandaria, Jakarta, 12140

    Dear Mr. Owen,

    I am writing this letter to apply for the marketing position advertised in the Republika Post on January 2nd 2019. As requested at the advertisement, I am enclosing my completed job application, certifications, resume, and (number) references.

    The employment opportunity in the advertisement is very interesting. I believe that the knowledge and experience are suitable with the requirements and hopefully will lead to achieve better performances in your company. In order to fulfill this job opportunity, as your consideration, I have these competencies such as:

    1. Hard worker and capable to work with team,
    2. I have work experiences in (company’s name) for (number) year.
    3. My education background in (major) field for (number) years.
    4. I have some expertise, such as ……
    Please see my resume that I have enclosed for the additional information of my experiences and certifications. I can be contacted anytime via email at (mail address) or through my cellular phone, (0812-1294-xxxx).

    Thank you for your time and consideration. I am looking forward to meet you about this job opportunity.


    Sincerely,


    ABC

    4. Contoh Surat Lamaran Kerja Kargo/Transportasi

    25 Mei 2019

    Head of Human Resources Dept.
    PT. Indonesia Federation Express
    Jl. Kesejahteraan No.54
    Jakarta Selatan 12922

    Dengan hormat,

    Melalui surat ini saya mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan Bapak, karena saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya di bidang manajemen transportasi akan mendapat perhatian dari Bapak.

    Seperti yang termuat dalam curriculum vitae terlampir, saat ini saya telah menjabat sebagai manajer transportasi udara di PT. Fast Cargo selama lima tahun. Dalam posisi tersebut, saya telah berhasil mengembangkan wilayah pelayanan baru untuk jasa pengiriman kargo ke 5 negara di Eropa.

    Besar harapan saya agar Bapak sudi memberikan kesempatan wawancara agar saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Karena saat ini masih berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan, saya akan sangat berterima kasih jika hal ini dijaga kerahasiaannya.

    Terimakasih atas perhatian Bapak.

    Hormat saya,





    Bambang Suripto

    5. Contoh Surat Lamaran Kerja Manajemen


    Yth; Bpk. Priyayi Gondokusumo
    Director Personalia PT. Gunung Mas Industri
    Jl. Gunung Sahari 45 A Jakarta 16554

    Dengan hormat,

    Saya adalah lulusan Universitas Tri Sakti Jakarta jurusan Manajemen, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Ekonomi pada bulan April 2007 mendatang. Saya tertarik untuk bekerja sebagai staf yunior pada perusahaan Bapak. Seorang teman baik orangtua saya, yaitu Bapak Suryo Hadipranoto, memberikan informasi berharga bahwa PT. Gunung Mas Industri adalah perusahaan yang solid dan terdepan dalam industri pengelolaan perkebunan dan pengolahan hasil hutan di Indonesia.

    Pendidikan yang telah saya tempuh selama perkuliahan mencakup bidang ekonomi yang cukup luas, dengan konsentrasi di bidang statistik, manajemen sumber daya manusia, produksi dan pemasaran.

    Saya telah melampirkan curriculum vitae yang menunjukkan riwayat pendidikan dan pengalaman saya, yang saat ini telah berhasil menjalankan manajemen tingkat mikro, dengan membuka sebuah toko kerajinan di pasar seni Ancol. Dari informasi tersebut, Bapak dapat melihat bahwa saya adalah seorang yang aktif, mempunyai motivasi, dan siap untuk mengembangkan potensi dan memberikan kontribusi yang bernilai di perusahaan Bapak.

    Saya berharap, Bapak sudi memberikan kesempatan wawancara. Saya bisa dihubungi di nomor telepon 021-5816679.

    Hormat saya,


    Jolang Wisnupranolo

    6. Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing/sales

    Jakarta, 25 Mei 2019

    Kepada Yth.
    Kepala Bagian Personalia
    DIRECT MARKETING DIVISION
    P.O. BOX 553/JKS

    Perihal : Lamaran Pekerjaan

    Dengan hormat,

    Berdasarkan informasi adanya lowongan pekerjaan sesuai dengan iklan di harian Kompas tanggal 18 Mei 2019, dengan ini saya mengajukan diri untuk posisi SR (Sales Representative).

    Saya telah lulus dari SMA Bhinekka Tunggal Ika, Jakarta pada tahun 2005, dan saat ini sedang menyelesaikan semester terakhir kuliah malam (Extension Program) program Diploma 3 jurusan Manajemen Pemasaran di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jakarta. Saya memiliki kendaraan bermotor sendiri, telah mempunyai SIM C, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.

    Sebagai bahan pertimbangan, dalam surat lamarana ini saya lampirkan:

    1. 1 lembar salinan ijazah terakhir 
    2. 1 lembar salinan sertifikat kursus pendidikan bahasa Inggris tingkat menengah 
    3. 1 lembar foto berwarna 4x6
    Besar harapan kami agar bapak dapat/ibu dapat memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menunjukkan potensi diri saya secara lebih rinci.

    Hormat saya,


    Steven Balawan

    7. Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing Executive

    Semarang , 19 Desember 2019

    Kepada. Yth. : Pimpinan
    PT Sejahtera Sunindo Trada (pemuda)

    Dengan hormat, Berkaitan dengan sumber informasi lowongan pekerjaan di internet yang saya dapatkan bahwa PT SEJAHTERA SUNINDO TRADA (PEMUDA) memerlukan karyawan untuk menjadi Marketing Executive.

    Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

    Nama : Fandy Yulio Vernanda
    Tempat, Tanggal Lahir :Kendal, 11-07-1996
    Alamat :Dukuh Gedangan, Sumberejo, kaliwungu kendal
    Pendidikan Terakhir :S1
    Telepon :08562918882

    Bermaksud hendak mencalonkan diri sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Bersama ini saya lampirkan Sebagai Pertimbangan :

    1. Fotocopy KTP (Identitas Diri)
    2. Fotocopy Ijazah Terakhir : satu lembar
    3. Curriculum Vitae : satu lembar
    4. Pas Foto Terbaru 4 x 6 : dua lembar
    5. Fotocopy Certificate TOEFL : satu lembar
    6. Transkrip Nilai

    Demikianlah surat lamaran permohonan pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin . Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya

    Hormat saya,






    Fandy Yulio

    8. Contoh Surat Lamaran Kerja Hotel ( Resepsionis )

    Kepada Yth,
    Kepala Bagian Personalia
    PT. Hotel Jaya Megah
    Jl. Raya Perjuangan 56 Jakarta Barat

    Dengan hormat,

    Setelah membaca iklan bapak pada harian Kompas hari ini untuk jabatan penerima tamu (receptionist), saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

    Saya telah menyelesaikan program diploma saya di bidang perhotelan dan pariwisata di Akademi Pariwisata Jakarta, dan berkeyakinan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Saya berusia dua puluh tahun dan pernah bekerja pada perusahaan asuransi. Saya dapat berbicara dengan bahasa Inggris secara baik dan mampu mengoperasikan komputer.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan daftar riwayat hidup, salinan surat berkelakuan baik dari Kepolisian, ijazah terakhir serta foto saya yang terbaru.

    Saya sangat menantikan kesempatan untuk wawancara, dimana saya bisa menjelaskan seluruh potensi dan kemampuan diri saya kepada bapak.


    Hormat saya,


    Wirda Nadya

    9. Contoh Surat Lamaran Kerja Sekretaris / Administrasi


    Kepada Yth,
    Kepala Bagian Personalia
    PT. Karya Indah Retail
    Jl. Pejompongan 15 A Jakarta

    Dengan hormat,

    Menanggapi iklan Anda di harian Kompas terbitan tanggal 5 Mei 2019 untuk posisi sekretaris, saya ingin menawarkan diri saya untuk posisi tersebut.

    Saya berusia dua puluh dua tahun dan pernah bekerja sebagai staf juru ketik selama dua tahun. Setelah tamat dari Akademi Sekretaris, saya mengikuti pelatihan kerja untuk pekerjaan sekretaris selama tiga bulan. Sekarang saya merasa memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengisi lowongan yang Anda tawarkan.

    Untuk informasi selanjutnya, dengan ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, surat keterangan dari akademi, dan selembar foto terbaru saya.

    Saya harap Bapak akan mempertimbangkan lamaran ini, dan memberi saya suatu kesempatan untuk wawancara.

    Hormat saya,


    Nadya Faizzaty

    10. Contoh Surat Lamaran Kerja Asisten Praktikum

    Bogor, 17 Agustus 2019

    Kepada Yth. HRD
    Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat,
    Sekretariat Departemen SKPM IPB, Wing 1 – Level 5
    Jl. Kamper, Kampus IPB Darmaga
    Bogor, Jawa Barat

    Dengan hormat,

    Saya yang bertandatangan di bawah ini :

    Nama : Bagus Refaldi
    NIM :F34140004
    Departemen :Teknologi Industri Pertanian
    Tempat, Tgl. Lahir :Jambi, 16 Oktober 1996
    Alamat :Jl. Raya Dramaga KM 8 Perumahan Dramaga Cantik Blok J11 Bogor Barat
    No. Telp/HP :082280225558

    Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di departemen yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang asisten praktikum sosiologi umum.

    Saya memiliki sedikit pengalaman dalam berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa di bidang Hubungan Eksternal dan nilai Sosiologi Umum saya yang mendukung. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

    1. Transkip Nilai
    2. Curriculum Vitae

    Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

    Hormat saya,





    Bagus Refaldi

    Contoh CV ( CURRICULUM VITAE )

    DATA PRIBADI

    Nama : Bagus Refaldi
    Tempat, Tanggal Lahir :Jambi, 16 Oktober 1996
    Alamat :Jl. Raya Dramaga KM 8 Perumahan Dramaga Cantik Blok J11 Bogor Barat
    Alamat Email :bagusrefaldi8@gmail.com
    Telepon :082280225558
    Jenis Kelamin :Laki-Laki
    Agama :Islam
    Status :Belum menikah
    Tinggi / Berat badan :166 cm / 55 kg
    Kesehatan :Baik Sekali
    Kewarganegaraan :Indonesia

    DATA PENDIDIKAN 

    SD SD Negeri 66/IV Kota Jambi, 2002 - 2008
    SLTP SLTP Negeri 07 Kota Jambi, 2008 - 2011
    SMA SMA Negeri 01 Kota Jambi, 2011 - 2014
    Perguruan Tinggi Institut Pertanian Bogor Bogor, 2014 – sekarang Fakultas / Jurusan : Teknologi Pertanian / Teknologi Industri Pertanian

    PRESTASI 

    2010 Juara 1 Lomba Pertolongan Pertama Jumbara PMR
    2014 Medali Perunggu Lomba Panahan IPB Nasional Ganesha Open Bandung
    2014 Penghargaan Awarding Night sebagai Insan Terbaik

    PENGALAMAN ORGANISASI 

    2012 – 2013 Ketua Divisi Keterampilan, Kreatifitas, dan Kewirausahaan
    2014 – 2015 Staf Divisi Internal UKM Panahan IPB
    2015 – 2016 Staf Divisi Hubungan Eksternal BEM Fateta IPB
    2015 – 2016 Ketua Divisi Eksternal UKM Panahan IPB KEMAMPUAN Public Speaking Aplikasi dan Program Komputer (Microsoft Office)

    Contoh Tips Menghadapi Wawancara Kerja

    Setelah mempelajari surat lamaran kerja, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan wawancara kerja. Wawancara kerja merupakan bagian kegiatan penting dalam proses mencari pekerjaan. Persiapan yang baik, mulai dari cara berpakaian, cara duduk, nada suara, cara memasuki ruangan, cara menjawab pertanyaan, dan lain-lain harus diperhatikan. Jangan sampai wawancara yang merupakan kesempatan emas hilang begitu saja karena Anda tidak mempersiapkan dengan baik.

    A. Persiapan Wawancara

    Berikut ini merupakan berbagai hal yang perlu Anda perhatikan pada saat akan melakukan awancara

    1. Bagian Pembuka

    Datanglah tepat waktu, berpakaianlah yang rapid an sopan; bersikap yakin dan tenang; ketuk pintu sebelum memasuki ruang ruang wawancara, ingat nama pewawancara; dan tersenyumlah. Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan membungkuk atau menundukkan kepala, jangan mengulum permen, jangan membuka pembicaraan, dan jangan tersenyum terus-menerus.

    2. Bagian Isi

    Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara. Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukkan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban Anda ddengan bahasa tubuh.

    Jangan memotong kalimat pewawancara, jangan emosional, jangan memberikan informasiyang tidak relevan, jangan mengkritik, jangan membuka rahasia perusahaan, dan jangan membual.

    3. Bagian Penutup

    Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang telah disediakan pewawancara untuk Anda. Akhiri dengan pernyataan berupa harapan untuk memperoleh keputusan sesegera mungkin.

    Contoh Tes dan Cara Menjawab dalam Wawancara Kerja

    Berbagai jenis pertanyaan akan diberikan kepada Anda dan Anda harus benar-benar mempersiapkan diri untuk dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang sering ditanyakan dalam wawancara.
    • Siapakah diri Anda? Silakan memperkenalkan diri Anda ?

      Untuk menjawab pertanyaan pertama, perkenalkan nama, umur, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, pengalaman kerja / organisasi, informasi tantang keluarga.

    • Mengapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini?

      Untuk menjawab pertanyaan kedua, pelajari (dengan berbagai cara) tentang latar belakang kegiatan perusahaan,produk perusahaan, posisi perusahaan dibanding perusahaan lain. Jelaskan di aspek mana Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut! Gunakan jawaban yang mengesankan keinginan Anda untuk mengembangkan karier.

    • Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan saat ini?

      Hindari jawaban yang mengesankan menjelekan manajemen perusahaan, menghindari konflik, menghindari beban kerja. Inilah contoh jawaban untuk menjawab pertanyaan ketiga.

    • Ceritakan pengalaman Anda di perusahaan / organisasi!

      Untuk menjawab pertanyaan keempat, tonjolkan tentang lingkup tanggung jawab Anda. Tekankan prestasi/kinerja yang telah Anda lakukan.

    • Ceritakan kegiatan ekstrakurikuler Anda saat kuliah!

      Kemudian, ketika menjawab pertanyaan kelima, jelaskan tentang kuantitas dan kualitas yang Anda bawahi.

    • Bagaimana cara mengatasi situasi sulit yang pernah Anda hadapi di perusahaan sebelumnya?

      Jawablah pertanyaan keenam dengan menonjolkan kapasitas manajerial dan yang didukung dengan daya analisis dan tindakan yang sistematis.

    • Apakah kelebihan dan kekurangan Anda?

      Untuk menjawab pertanyaan ketujuh, pahamilah jawaban berikut ini..Insan yang baik adalah yang mengetahui diri sendiri seutuhnya, baik yang menyangkut potensi dirinya maupun kekurangan. Begitu pula dengan diri Anda, kenalilah diri Anda, baik kelebihan maupun kekurangan. Jangan segan-segan menceritakan kelebihan yang Anda miliki. Misal:
      1. Saya adalah orang yang tekun.
      2. Saya adalah orang yang suka memimpin.
      3. Saya umumnya unggul dalam kerja kelompok.
      4. Saya orang yang cerdas dan cekatan.
      Anda juga menyampaikan kelemahan. Namun, kemukakan hal itu secara taktis sehingga secara tidak langsung justru mengesankan kelebihan yang tersembunyi. Contoh:
      1. Saya terlalu teliti dalam bekerja sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.
      2. Saya sering bersikap terlalu hati-hati.
      3. Saya terlalu cepat dalam bekerja.
      4. Seringkali dalam bekerja saya lupakan waktu.
    • Bila Anda menghadapi masalah dengan bawahan / rekan kerja yang sulit diatur, bagaimana sikap Anda untuk menghadapinya. ?

      Selanjutnya, untuk menjawab pertanyaan kedelapan jelaskan cara mengatasi masalah melalui dua pendekatan,yaitu pendekatan organisasi dan pendekatan informal.

    • Apa pendapat Anda bila pekerjaan Anda tangani melampaui berat dan tidak sebanding dengan penghasilan yang Anda terima ?

      Untuk menjawab pertanyaan kesembilan jelaskan bahwa anda suka bekerja. Kenikmatan bekerja adalah keberhasilan dalam menyelesaikan tugas,kemampuan,dan mencapai target,akan memberikan kepuasan.

    • Apa harapan Anda pada lima tahun yang akan dating tentang pekerjaan, jabatan, dan penghasilan?

      Pertanyaan terakhir, berikan penjelasan yang menggambarkan pencapaian ambisi/cita-cita,peningkatan jenjang karier yang meningkatkan, dan peningkatan penghasilan yang signifikan.


    Referensi :

    Rachmawati, Dwi laksita. 2010. https://creatifthinker........
    Repsitory Dinus, http://dinus............

     

    Post a Comment

    Previous Post Next Post