Aspek-Aspek Literasi Keuangan Menurut Pendapat Ahli



    Pada survey yang dilakukan oleh Chen dan Volpe (1998; Mendari dan Kewal, 2013: 133), literasi keuangan dibagi dalam 4 bagian (aspek), yaitu:
    • General Personal Finance Knowledge (Pengetahuan tentang keuangan pribadi secara umum), bagian ini meliputi pemahaman beberapa hal yang berkaitan dengan pengetahuan dasar tentang keuangan pribadi.
    • Savings and Borrowing (Tabungan dan pinjaman), bagian ini meliputi pengetahuan yang berkaitan dengan tabungan dan pinjaman, seperti penggunaan kartu kredit.
    • Insurance (Asuransi), bagian ini meliputi pengetahuan dasar asuransi, dan produk-produk asuransi, seperti asuransi jiwa, dan asuransi kendaraan bermotor.
    • Investments (Investasi), bagian ini meliputi pengetahuan tentang suku bunga pasar, reksadana, dan risiko investasi.

    $ads={1}

    Aspek-aspek dalam literasi keuangan menurut PISA (2012; Thomson, 2014: 13) adalah:

    1. Money and Transactions (Uang dan Transaksi)
    Uang dan transaksi merupakan aspek inti dari literasi keuangan. Aspek ini termasuk kesadaran akan perbedaan bentuk dan tujuan uang serta penanganan transaksi moneter sederhana, seperti pembayaran keperluan sehari-hari, belanja, nilai uang, kartu bank, cek, rekening bank, dan mata uang.

    2. Planning and Managing Finances (Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan)
    Kategori ini mencakup aspek kemampuan literasi keuangan yang penting, seperti perencanaan dan pengelolaan pendapatan dan kekayaan yang lebih baik dalam jangka pendek dan panjang,
    khususnya pengetahuan dan kemampuan untuk memonitor pendapatan dan biaya serta memanfaatkan pendapatan dan sumber daya lain yang tersedia untuk meningkatkan kesejahteraan keuangan.

    3. Risk and Reward (Resiko dan Keuntungan)
    Aspek ini berisi kemampuan untuk mengidentifikasi cara-cara untuk mengelola dan menyeimbangkan risiko (termasuk melalui asuransi dan produk tabungan) serta pemahaman tentang keuntungan atau kerugian potensial dalam berbagai konteks keuangan dan produk, seperti perjanjian kredit dengan suku bunga variabel dan produk investasi.



    4. Financial Landscape
    Aspek ini berkaitan dengan karakter dan fitur dari dunia keuangan. Hal ini termasuk mengetahui hak dan tanggung jawab dari konsumen di pasar keuangan dan lingkungan keuangan umum, serta implikasi utama kontrak keuangan. Aspek ini juga menggabungkan pemahaman tentang konsekuensi dari perubahan kondisi ekonomi dan kebijakan masyarakat, seperti perubahan suku bunga dan perpajakan.

    Indikator Literasi Keuangan Menurut Pendapat Ahli

    Menurut Oseifuah (2010; Wise, 2013: 31), terdapat beberapa elemen kunci dari kemampuan dan pengetahuan literasi keuangan yang biasanya disebutkan dalam literatur, yaitu:

    1. Pengetahuan matematis dan pengetahuan standar, seperti angka dasar dan kemampuan dalam memahami.
    2. Pemahaman keuangan mengenai sifat dasar dan bentuk uang, bagaimana uang digunakan dan konsekuensi dari keputusan konsumsi.
    3. Kompetensi keuangan, seperti memahami ciri-ciri utama dari layanan dasar keuangan, sikap dalam menggunakan uang dan tabungan, memahami pencatatan keuangan dan menyadari pentingnya membaca dan memeliharanya.
    4. Sadar akan risiko-risiko yang berhubungan dengan produk keuangan, dan memahami hubungan antara risiko dan pendapatan.
    5. Tanggung jawab keuangan, yaitu kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat mengenai isu-isu keuangan, mengetahui hak dan tanggung jawab konsumen, kemampuan, dan kepercayaan untuk mencari bantuan ketika sesuatu berjalan tidak semestinya.

    Widayati (2012: 91) mengembangkan 15 indikator literasi keuangan disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, yaitu:
    1. Mencari pilihan-pilihan dalam berkarir.
    2. Memahami faktor-faktor yang memengaruhi gaji bersih.
    3. Mengenal sumber-sumber pendapatan.
    4. Menjelaskan bagaimana mencapai kesejahteraan dan memenuhi tujuan keuangan.
    5. Memahami anggaran menabung.
    6. Memahami asuransi.
    7. Menganalisis risiko, pengembalian, dan likuiditas.
    8. Mengevaluasi alternatif-alternatif investasi.
    9. Menganalisis pengaruh pajak dan inflasi terhadap hasil investasi.
    10. Menganalisis keuntungan dan kerugian berhutang.
    11. Menjelaskan tujuan dari rekam jejak kredit dan mengenal hak-hak debitur.
    12. Mendeskripsikan cara-cara untuk menghindari atau memperbaiki masalah hutang.
    13. Mengetahui hukum dasar perlindungan konsumen dalam kredit dan hutang.
    14. Mampu membuat pencatatan keuangan.
    15. Memahami laporan neraca, laba rugi, dan arus kas.

    $ads={2}

    Post a Comment

    Previous Post Next Post