Pendapat Ahli Tentang Asuransi Kesehatan

    Menurut pandangan Mukti (2007), Kesehatan adalah hak azasi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa.

    Masih menurut Mukti (2007), menyebutkan bahwa di seluruh dunia, secara garis besar sistem pembiayaan kesehatan dapat dibedakan menjadi empat kelompok :
    1. Sistem pelayanan kesehatan nasional atau National Health Service (NHS) seperti di Inggris dan Malaysia yang sumber pembiayaannya murni bersumber dari pajak.
    2. Sistem pembiayaan kesehatan yang diserahkan pada mekanisme pasar, dengan asuransi profit komersial sebagai pilar utamanya seperti di Amerika Serikat.
    3. Sistem asuransi kesehatan sosial dimana pembiayaannya bersumber pada asuransi sosial seperti di Jerman, Belanda, Perancis, Jepang, Korea, dan Taiwan.
    4. Sistem pembiayaan kesehatan sosialis seperti yang diterapkan di negara-negara sosialis komunis, seperti di Rusia dan China. Dana pembiayaan kesehatan sepenuhnya diusahakan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat secara merata.
    $ads={1}

    Tak seorang pun dari kita ada yang ingin jatuh sakit apalagi harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit. Tapi kita harus menyadarinya bahwa hal ini bisa terjadi kepada kita kapan saja dan dimana saja. Solusi untuk meminimalkan kerugian yang dapat terjadi sewaktu-waktu itu tersebut, kita harus pintar dalam mengambil keputusan. Diantaranya adalah dengan mengasuransikan diri kita untuk menghindari resiko yang akan dihadapi kelak di kemudian hari. Karena dengan kita melihat asuransi sebagai suatu kebutuhan, kita sadar akan sebuah mekanisme pengalihan resiko.

    Asuransi Kesehatan Prudential

    Pada prinsipnya menurut Muninjaya (2004), Asuransi kesehatan adalah suatu mekanisme pengalihan risiko (sakit) dari risiko perorangan menjadi risiko kelompok. Dengan cara mengalihkan risiko individu menjadi risiko kelompok, beban ekonomi yang harus dipikul oleh masing-masing peserta asuransi akan lebih ringan tetapi mengandung kepastian karena memperoleh jaminan.

    Menurut pendapat lainnya adalah Mills dan Gilson (1990), Asuransi juga dapat dipahami sebagai upaya membagi secara merata suatu risiko diantara sejumlah orang, sehingga biaya untuk mengobati suatu penyakit misalnya, dapat ditanggung oleh kontribusi dari semua orang.

    Tips Memilih Asuransi Kesehatan

    Berikut tips untuk memilih perusahaan asuransi yang bagus. Kriteria produk asuransi kesehatan terbaik jika produk yang ditawarkan mempunyai keunggulan, diantaranya yaitu:
    • Jaminan yang sangat luas bila dirawat Inap di Rumah Sakit, Sebelumnya tanyakan kepada perusahaan asuransi anda, apakah mempunyai fasilitas untuk rawat inap di rumah sakit dan waktu yang ditentukan yang bisa di tanggung oleh asuransi. Tanyakan juga apakah produk asuransi yang akan anda pilih mempunyai syarat khusus terkait aturan rawat inap di rumah sakit.
    • Tidak ada inner limit (batas penggantian), Tanyakan hal ini ke perusahaan asuransi anda, untuk menghindari supaya anda tidak akan mengalami kerugian saat proses pembayaran karena seluruh biaya telah ditanggung oleh perusahaan asuransi anda.
    • Pertanggungan/jaminan yang berlaku diseluruh dunia, Perhatikan jumlah dan sebaran rekanan rumah sakit oleh perusahaan asuransi tersebut. Karena semakin banyak jumlah rumah sakit dan sebarannya nanti akan memudahkan kita memilih dan jika pada keadaan darurat terjadi anda dapat menuju ke rumah sakit terdekat di sekitar anda.
    • Murah dan mudah, Produk asuransi yang akan anda pilih sesuaikan dengan kebutuhan anda. Sesuaikan dengan anggaran anda jangan justru nanti akan memberatkan anggaran anda. Karena umumnya nanti akan ada pembayaran secara berkala pada kurun waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Umumnya semakin muda umur kita, maka akan semakin murah premi yang akan kita bayar untuk membeli produk asuransi kesehatan.
    • Adakah bonus lain?, Dengan membeli produk asuransi ini apakah anda akan mendapat bonus, gratis jaminan asuransi kecelakaan diri misalnya.

    Prudential Asuransi Kesehatan Terbaik Yang Bagus

    Kenapa memilih asuransi kesehatan prudential?, Pertimbangan utamanya adalah kredibilitas dari perusahaan asuransi itu sendiri, salah satunya karena PT. Prudential Life Assurance merupakan anak perusahaan dari Prudential plc, sebuah perusahaan yang didirikan di Inggris. Asuransi kesehatan prudential adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang selama ini telah memberikan dan menawarkan berbagai produk maupun fasilitas pelayanan yang bervariasi kepada pelanggannya,dan memiliki berbagai kemudahan untuk pelanggan dalam melakukan transaksi dalam berasuransi.

    $ads={2}

    Produk asuransi kesehatan dari asuransi prudential adalah untuk perlindungan kesehatan secara menyeluruh. Produk dari prudential tersebut di antaranya adalah PRUPrime Healthcare Plus, PRUCritical Hospital Cover, PRUHospital & Surgical Cover Plus, PRUMed Cover, PRUPrime Healthcare, dan bagi anda yang muslim dapat memilih asuransi Kesehatan berbasis Syariah dari prudential.

    Bagaimana setelah sobat membaca tulisan saya ini, mohon maaf apakah anda akan menunggu kondisi kesehatan anda terganggu baru akan membeli produk asuransi kesehatan ?. Karena berapapun usia kita tidak akan ada jaminan kita akan terbebas dari gangguan kesehatan. Pentingnya memiliki asuransi kesehatan sejak muda yaitu karena jika kita semakin cepat dan semakin muda memiliki produk-produk asuransi kesehatan, maka akan semakin murah premi yang harus kita bayar.


    Post a Comment

    Previous Post Next Post