Pengertian Generator

Sebagian besar energi listrik yang digunakan sekarang dihasilkan oleh generator listrik dalam bentuk arus bolak-balik (ac).


Menurut Zuhal, 1991, Generator adalah mesin yang menggunakan magnet untuk mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Secara sederhana prinsip generator adalah apabila konduktor digerakkan pada medan magnet sehingga memotong garis-garis gaya maka tegangan akan diinduksikan pada generator. Dari dasar tersebut maka akan timbul arus listrik, arus melalui kabel atau kawat yang kedua ujungnya dihubungkan dengan cincin geser. Pada cincin-cincin tersebut menggeser sikat-sikat, sebagai terminal penghubung keluar.

Sistem Kerja Load Bank Generator Bagi Industri


Sumber daya listrik adalah salah satu bagian yang vital dalam sebuah industri atau  instansi untuk mendukung pelayanan operasional-nya. Oleh karena itu anda perlu sewa loadbank terbaik atau genset sebagai cadangan energi listrik. Load bank ini akan sangat bermanfaat terutama ketika sedang terjadi pemadaman listrik.



Bagi anda yang sudah pernah menggunakan load bank, mungkin pernah bertanya-tanya tentang bagaimana genset dapat menanggung beban sampai kapasitas yang besar. Nah untuk mengetahui hal ini perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan alat yang bernama load bank. Berikut sistem kerja dari load bank generator yang perlu anda ketahui:

Genset Loadbank
gambar dari sewatama . com
  1. Load bank bekerja dengan menyimulasikan beban secara nyata lewat komponen pengonversi yang berasal dari energi listrik agar menjadi energi panas. Hal seperti ini, biasanya terdapat pada industri minyak dan gas.
  2. Untuk energi listrik yang telah masuk pada load bank tidak digunakan untuk pekerjaan nyata, kecuali jika menghasilkan panas. Adapun sebabnya adalah komponen yang biasa digunakan adalah pemanas atau heater.
  3. Agar pemanas tidak overheating, maka sebagian kecil dari aliran listrik akan digunakan sebagai pemutar kipas. Sehingga dapat didinginkan melalui hasil seluruh heater tersebut.
  4. Load bank ini hanya menggunakan campuran dari air dan garam, sehingga bbentuk dari kolam renang terlihat lebih sederhana. Listrik pada genset tersebut akan dimasukkan ke dalam air garam, dan nantinya akan mengalir melaui air dan memanaskannya.
  5. Dari segi bentuk, load bank memang sederhana dan mudah dibuat. Caranya yakni anda cukup menyediakan drum kosong lalu mengisinya dengan air hingga ketinggiannya mencapai 30%. Kemudian campurkan garam, lalu alisrkan listrik pada setiap fasa generator melalui busbar tembaga ke dalam air.
  6. Jika luas penambang busbar semakin dalam, maka beban yang akan ditanggung genset juga akan semakin besar.


Genset sebagai sumber cadangan listrik, tidak hanya dapat digunakan ketika pemadaman listrik saja, tetapi juga tiap hari. Oleh karena itu dalam memilih sewa load bank terbaik anda juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Serta juga mempertimbangkan bersar kapasitas energi listrik yang dibutuhkan di industri atau perusahaan anda.

 


Post a Comment

Previous Post Next Post