Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Cara Membuat Latar Belakang Proposal Skripsi Yang Baik dan Benar

Salah satu bagian didalam proposal skripsi yang penting adalah latar belakang masalah. Terkadang kita masih kurang paham tentang cara membuat latar belakang proposal skripsi itu, dikarenakan minimnya hal-hal yang membahas hal ini. Melalui tulisan ini semoga dapat sedikit membantu anda tentang garis-garis besar tahapan dan teknik dalam membuat latar belakang proposal skripsi anda. 

Proposal skripsi dinilai melalui sebuah forum ilmiah terbuka yang disebut seminar proposal skripsi. Tujuan dari penilaian ini adalah untuk menilai kelayakan ajuan skripsi yang disusun mahasiswa apakah dapat dilanjutkan atau tidak. Luaran penilaian ini menghasilkan pernyataan disetujui atau tidak disetujuinya rancangan penelitian mahasiswa untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya.  
 
Latar belakang merupakan pintu masuk dalam penulisan skripsi. Pada dasarnya latar belakang menerangkan keternalaran (kerasionalan) mengapa topik yang dinyatakan pada judul skripsi, itu diteliti. Untuk menerangkan keternalaran tersebut, perlu dijelaskan dulu pengertian rumusan topik yang dipilih untuk diteliti baru kemudian diterangkan argumen yang melatar belakangi pemilihan topik itu.
 
Bagian ini kemudian menjadi pintu masuk bagi peneliti untuk mengungkap kesenjangan yang terjadi antara kebenaran teoretis dan realitas di lapangan, antara harapan dan kenyataan.
 
Latar belakang mencakupi isu-isu mendasar yang menunjukkan bahwa tema/topik penelitian tersebut penting dan menarik untuk diteliti. Pada bagian ini dipaparkan isu-isu penting, isu-isu yang sedang berkembang, dan menarik yang menjadi titik perhatian peneliti.
 
Akhirnya peneliti menemukan peluang untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang persoalan tersebut. Paparan tersebut didasarkan pada hal-hal sebagai berikut:
  1. Hasil kajian pustaka. Pustaka berupa jurnal, buku, monograf, terbitan berkala, laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, atau disertasi.
  2. Hasil diskusi dengan pakar, sejawat atau kolega. Berdasarkan diskusi yang bersifat formal maupun informal peneliti akan menemukan masalah penelitian. Diskusi dilakukan dalam bentuk seminar, simposium, diskusi panel, konferensi, lokakarya, dan diskusi terfokus.
  3. Survei atau kajian awal dalam bentuk kajian dokumen dan lapangan.
  4. Isu di surat kabar, majalah, dan media elektronik. (Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Skripsi UNISKA, 2019)

 

(Mukhtazar : 2012) dalam bukunya menyebutkan bahwa "latar belakang masalah merupakan bagian yang penting sebagai titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai apa penyebab munculnya tulisan kita. Latar belakanglah yang memberikan penjelasan rasional mengenai penyebab mengapa tulisan kita muncul".

 

Jadi didalam latar belakanglah disebutkan bahwa sebab kenapa tulisan kita muncul, oleh karenanya perlu diberikan penjelasan rasional di bagian ini. 

 

Di dalam latar belakang masalah skripsi harus dikemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, karena pada hakikatnya masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, baik itu kesenjangan teoritis maupun kesenjangan praktis yang melatar belakangi masalah yang akan diteliti.  

 

Selanjutnya, di dalam latar belakang ini harus dikemukakan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan, serta kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman/hasil pengamatan pribadi yang terkait erat dengan masalah yang akan diteliti. 

 

Latar belakang proposal skripsi yang baik setidaknya harus berisi tentang dan memuat antara lain:

  1. Penjelasan rasional mengenai penyebab mengapa kita memilih judul ini.
  2. Harus dikemukakan adanya kesenjangan (baik teoritis maupun praktis) antara harapan dan kenyataan
  3. Latar belakang harus dituliskan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan dan terkait erat dengan masalah yang akan diteliti

Bagian-Bagian Latar Belakang

Mengenai isi latar belakang masalah, di sini akan dikemukakan secara garis besar bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah latar belakang skripsi. Penambahan bagian-bagian dapat saja terjadi karena keluasan isi latar belakang disesuaikan dengan jenis penelitian masing-masing.

 

Secara umum, isi dan latar belakang masalah sebuah skripsi harus menggambarkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Untuk itu cara membuatnya harus mengemukakan tentang bagian-bagian berikut:

 

1. Buat Bagian awal

 

Bagian awal dalam sebuah latar belakang harus mengemukakan tentang kondisi ideal atau sebuah keadaan yang menjadi harapan, tujuan, di cita-citakan, atau impian yang diinginkan. Kondisi ideal juga bisa berarti suatu kondisi jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang yang ingin dicapai, khususnya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. 

 

2. Buatlah Bagian kedua

 

Bagian kedua dalam sebuah latar belakang harus menggambarkan tentang kenyataan atau kondisi saat ini yang menunjukkan realita yang benar-benar terjadi pada saat ini, terutama yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti. Selanjutnya, akan dihubungkan dengan kondisi ideal di atas kemudian ditarik benang merahnya.

 

3. Bagian akhir

 

Bagian akhir dalam sebuah latar belakang haus menggambarkan alasan mengapa penelitian penting untuk dilaksanakan, usaha-usaha apa yang akan dilakukan dalam penelitian tersebut. Dengan kata lain, pada bagian akhir sebuah latar belakang ini merupakan usaha atau solusi dalam rangka mengatasi kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

 

Cara Membuat / Menyusun

 

Dengan latar belakang berfungsi sebagai informasi yang relevan untuk membantu merumuskan permasalahan justifikasi penelitian dan berangkat (penulisan) dari hal yang bersifat umum kepada hal-hal yang bersifat khusus, sehingga setelah membaca latar belakang masalah, pembaca sudah dapat menduga rumusan masalah yang akan diteliti.

alur penyusunan penulisan latar belakang masalah proposal skripsi

Bagi sebagian mahasiswa yang tidak biasa menulis bisa jadi membuat latar belakang mereka agak kesulitan. Oleh karenanya sebelum menyusun latar belakang perlu diperhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

 

1. Buat ancangan pembahasan

 

Ancangan yang dimaksud adalah dari manakah penulis mengawali pembicaraan dalam kaitan dengan masalah penelitian yang dilakukan. Pengambilan ancangan yang tepat akan memberikan penggambaran yang tepat pula atas masalah yang diangkat oleh penulis. Sangat direkomendasikan pembicaraan dalam latar belakang lebih fokus dan mendalam. 

 

2. Buat Alur logika pemikiran yang digunakan

 

Alur logika pemikiran merupakan urutan berfikir penulis dalam menuangkan gagasan yang ingin disampaikan yang tercermin dalam susunan kalimat-kalimat dan susunan paragraf-paragraf dalam latar belakang.

 

Alur logika pemikiran yang digunakan khususnya dalam penulisan latar belakang menjadi penting diperhatikan. Hal ini agar arah pemikiran yang dikembangkan dalam latar belakang lebih mengarah, fokus, jelas dan mudah dipahami. Latar belakang yang tidak memiliki alur logika yang jelas akan sulit bagi pembaca mengenali masalah 

 

3. Tulislah Masalah umum

Untuk memulainya perhatikan kata kunci ini, mengapa masalah umum itu penting untuk diteliti?. Bagaimana variabel-variabelnya?

 

4. Tulis Kajian-kajian

Tulislah kajian-kajian yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang akan diteliti, kajian-kajian adalah kajian terkini dan dapat menyelesaikan masalah. Tuliskan juga metode-metode yang digunakan dalam kajian-kajian tersebut.

 

Tuliskan juga penelitian terkait, tulis pula hasilnya masing-masing penelitian terkait tersebut. Tuliskan perkembangan terkininya, metode terbaik dari penelitian-penelitian terkait tersebut dan kesimpulannya.

 

5. Tulis Research Problem

Meliputi pemutakhiran metode, yaitu masalah atau kelemahan yang pernah diuji coba pada metode atau model penelitian sebelumnya. Uji Coba metode, yaitu metode-metode yang belum pernah diuji coba sebelumnya dan metode apa yang terbaik digunakan.

 

6. Tulis Objectives dan Summary nya

Tulis Tujuan penelitian dan bagaimana mengukurnya (mengujinya) dan alat bantu apa saja yang digunakan. Rangkum menjadi judul penelitian dan akan memberi dampak apa jika tujuan penelitian tercapai.(Zohrahayaty, Dkk : 2019)

 

Jadi secara garis besar dapat disimpulkan tentang cara menyusun Latar Belakang Masalah dapat dilakukan dengan :

 


a. Diawali dengan pemikiran teoritis kearah empiris dengan membaca buku teori, hasil-hasil penelitian kemudian dihubungkan dengan kenyataan yang terjadi dilapangan (untuk penelitian lapangan), dan untuk penelitian ekperimen latar belakang dapat disusun dari teori yang dipelajari, dihubungkan dengan keadaan lingkungan sehingga timbul minat untuk menghasilkan sebuah produk maupun sebuah metode.

b. Diawali dari gejala emperis kearah teoritis yaitu melihat kondisi nyata di lapangan kemudian dihubungkan/dibandingkan dengan dengan teori atau konsep.

 

Dalam menyusun Latar belakang Masalah sebaiknya mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Situasi atau keadaan mengenai masalah yang akan diteliti
  2. Argumentasi secara mendalam tentang mengapa masalah penelitian tersebut diteliti
  3. Pentingnya masalah penelitian tersebut baik pertimbangan teoritis maupun praktis
 

Latar belakang masalah dalam usulan penelitian dapat disusun berdasarkan point pentingnya kemudian akan diperkaya dan lebih komprehensif setelah usulan penelitian diterima dan dilakukan penelitian dibawah bimbingan dosen pembimbing

 

Demikian Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi anda.

Referensi:

1. Zohrahayaty, Dkk : 2019, books.google.co.id

 2. Mukhtazar : 2012, books.google.co.id

3. M. Yuliansyah, Dkk : 2019, Pedoman Penulisan.pdf

4. I.W. Pantiyasa, 2019, Teknik Penulisan.pdf 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
Posting Komentar untuk Tulisan Ini.