Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

HUMAS: Fungsi dan Tujuan Humas

Fungsi Humas

Berbicara fungsi Humas berarti berbicara tentang kegunaaan Humas dalam mencapai tujuan suatu perusahaan/organisasi. Dalam bukunya "Public Relations Principles and Problems" Betrand R Canfield mengemukakantiga fungsi Humas, yaitu:

  • Mengabdi kepada kepentingan publik.
  • Memelihara komunikasi yang baik.
  • Menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik (Nesia 2014: 41).

Sedangkan, menurut Onong Uchjana Effendy dalam bukunya "Hubungan Masyarakat" mengemukakan ada empat fungsi Humas, yaitu:

  1. Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi.
  2. Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik, baik publik eksternal maupun publik internal.
  3. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada organisasi.
  4. Melayani publik dan menasihati pimpinan organisasi demi kepentingan umum (Hairunnisa 2015: 23).

Dari kedua pendapat ahli di atas terdapat hampir persamaan fungsi Humas, keduanya menekankan pada sebagai fungsi komunikasi, menjaga hubungan dengan publik internal maupun eksternal dan pelayanan kepada publik.

Humas ditekankan untuk menjadi penghubung komunikasi antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya, publik internal maupun publik eksternal. Dalam hal ini, Humas juga harus mampu menyampaikan informasi dengan bijak agar tidak menimbulkan miscommunication.

Hal ini menyangkut terbentuknya opini publik yang baik untuk tujuan yang ingin dicapai karena memang harus disadari bahwa keberhasilan suatu perusahaan/organisasi adalah atas dasar orang lain dalam hal ini adalah publik yang ada sangkut pautnya dengan perusahaan/organisasi.


humas

Tujuan Humas

Untuk mengkaji tujuan Humas, berikut akan dikutip beberapa pendapat ahli, antara lain :

Charles S.Stainberg

Menciptakan opini publik yang favorable tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan.

Frank Jefkins

Meningkatkan favorable image/citra yang baik dan mengurangi atau mengikis habis sama sekali unfavorable image/citra yang buruk terhadap organisasi tersebut.

Dengan demikian ada empat hal prinsip dari tujuan Humas yaitu:

  1. menciptakan citra yang baik
  2. memelihara citra yang baik
  3. meningkatkan citra yang baik
  4. memperbaiki citra jika perusahaan/organisasikita menurun atau rusak

Dari kesimpulan tersebut, tujuan pokok Humas secara umum yang dikenal masyarakat. Tetapi seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian humas, sebenarnya tujuan seorang Humas tidak hanya melulu pada citra perusahaan. Seorang Humas harus mampu berkomunikasi dengan publiknya dalam hal ini Humas mewakili perusahaan. 

Baca Juga : Karakteristik Humas

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss

Posting Komentar untuk Tulisan Ini.