Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

HUMAS : Hubungan Eksternal Humas

Hubungan eksternal dari Humas adalah hubungan dengan publik yang berada di luar perusahaan/organisasi. Sebuah perusahaan/organisasi diharapkan mampu menjalin hubungan eksternal yang baik.
 
 
Dalam hubungan eskternal juga harus menyesuaikan bentuk atau sifat, jenis dan karakter dengan perusahaan/organisasi yang bersangkutan.
 
humas
 
Hubungan eskternal dibentuk untuk menjalin kerja sama yang baik dengan pihak luar. Kerja sama yang dibangun berbeda-beda tergantung dengan masing-masing pihak luar.
 
Seperti dalam buku berjudul Public Relations yang ditulis oleh Hairunnisa (2015: 37-44), berikut adalah contoh eksternal relations dari suatu perusahaan:
 

Hubungan Pers (Press Relations)

 
Merupakan kegiatan Humas dalam rangka mengatur dan membina hubungan baik dengan pihak pers. Istilah pers dapat diartikan sebagai pihak-pihak yang berkecimpung dalam hal pemberitaan, yakni meliputi surat kabar dan berbagai media massa lainnya seperti televisi, radio dan sebagainya.
 
Hal ini dikarenakan pihak pers memiliki peranan penting bagi suatu perusahaan. Melalui pers suatu perusahaan dapat berkembang dan mengalami kemajuan melalui pemberitaan yang diberitakan oleh pihak pers menyangkut pemberitaan yang bernilai positif maupun negatif.
 

Hubungan dengan Pemerintahan (Goverment Relations)

 
Yaitu kegiatan yang dilakukan oleh seorang Humas untuk mengatur dan menjaga hubungan baik dengan pemerintah pusat maupun daerah. Hal ini dikarenakan Pemerintah adalah penentu kebijakan yang mungkin saja menguntungkan atau merugikan perusahaan/organisasi.
 
Dengan terjalinnya hubungan baik, maka akan memudahkan pihak perusahaan/organisasi melakukan kegiatannya.
 

Hubungan dengan Masyarakat Sekitar (Community Relations)

 
Seorang Humas harus dapat membangun komunikasi yang baik dengan warga setempat, mengkomunikasikan program-program yang dijalankan perusahaan, dan lain sebagainya.
 
Hal ini dilakukan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Kegiatan dan kebijakan perusahaan/organisasi yang dijalankan dan dikomunikasikan dengan warga akan menimbulkan gejala dan efek.
 

Hubungan dengan Rekanan/Pemasok (Supplier Relations)

 
Merupakan kegiatan Humas untuk menjaga dan memelihara hubungan yang baik dengan supplier agar segala kebutuhan organisasi/perusahaan dapat diterima dengan baik.
 
Untuk menghasilkan hubungan yang baik, maka hubungan harus dilakukan secara berlanjut, dengan harga dan syarat-syarat yang wajar, misalnya tender atau menyangkut masalah pengadaan barang.
 

Hubungan dengan Pelanggan (Customer Relations)

 
Seorang Humas memiliki tugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. Perusahaan berusaha melayani pelanggan dengan baik sehingga terjalin hubungan dan hasil yang diharapkan.
 

Hubungan dengan Konsumen (Consumer Relations)

 
Merupakan kegiatan Humas dalam rangka membina dan menjaga hubungan baik dengan para konsumen agar produk dapat diterima oleh konsumen. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah pelayanan melalui iklan. Melalui iklan, konsumen dapat mengetahui kegunaan dan bagaimana cara menggunakan produk tersebut.
 

Hubungan dengan Bidang Pendidikan (Educational Relations)

 
Yaitu kegiatan membangun hubungandengan lembaga-lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah perusahaan/organisasi ketika hendak melakukan kerja sama ataupun kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)
 
Hubungan eksternal akan memudahkan urusan perusahaan kedepannya. Semakin banyak menjalin hubungan dengan pihak eksternal, perusahaan bisa memanfaatkan untuk memperkenalkan identitas ke khalayak luas. Dalam hal ini perusahaan sekaligus membentuk opini positif di masyarakat. 
 
 
 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss

Posting Komentar untuk Tulisan Ini.