Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

IKLAN : Peran, Fungsi, Pengertian Iklan

Salah satu pemakaian bahasa sebagai alat komunikasi adalah iklan. Iklan bukanlah suatu hal yang asing dalam kegiatan perekonomian Indonesia. Bahkan iklan memegang peranan penting untuk penyampaikan pesan-pesan penjualan dan sebagai alat untuk memengaruhi konsumen terhadap suatu produk yang dihasilkan oleh produsen perusahaan barang atau jasa secara persuasif dalam berbagai bentuk dan disampaikan lewat berbagai media.
 
Iklan dapat dijumpai di mana saja, seperti pasar, terminal, jalan, warung, atau di rumah ketika menonton televisi atau mendengarkan radio, membaca koran atau majalah pastilah iklan dapat ditemukan dengan mudah. Tanpa disadari kita telah menjumpai iklan melalui sepatu yang kita pakai, kaos, pena, tas, dan sebagainya.
Peran Fungsi Pengertian Iklan
 
Bahkan dalam menit-menit yang kita lalui setiap hari tidak lepas dari iklan. Sejak bangun tidur, ketika menikmati sarapan pagi, di perjalanan ke kantor, di dalam ruang kerja, pulang ke rumah, sampai tidur lagi, selalu disuguhi iklan yang mendampingi semua aktivitas sehari-hari. Iklan yang merayu kita agar tertarik atau sekadar melirik sehingga terbujuk untuk membeli suatu produk atau beralih ke suatu produk lain yang diiklankan.
 

Pengertian Iklan

 
Kata iklan (advertising) berasal dari bahasa Yunani, yang mempunyai arti "berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan". Adapun pengertian iklan secara komperehensif adalah semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal yang dibayar oleh oleh sponsor tertentu (Durianto, dkk, 2003: 1).
 
Lebih lanjut Durianto menjelaskan bahwa iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Sebagai suatu model wacana, iklan merupakan sebuah model komunikasi yang khas, karena dengan kekhasannya tersebut membedakannya dengan bentuk komunikasi wacana tulis atau lisan yang lain.
 
Menurut Toffler (1987) salah satu kekhasan yang paling menonjol dari iklan adalah mencoba mengomunikasikan citra secara maksimum dalam waktu yang minimum, sehingga dapat mencapai sasaran dan tetap menjamin keuntungan perusahaan (Sumarlam,dkk, 2002: 1).
 
Selanjutnya, Noviani (2002) mengatakan iklan sebagai sebuah teks adalah sistem tanda yang terorganisir menurut kode-kode yang merefleksikan nilai-nilai tertentu, sikap dan juga keyakinan tertentu.
 
Setiap pesan dalam iklan memiliki dua tingkatan makna, yaitu makna yang dikemukakan secara eksplisit di permukaan dan makna yang dikemukakan secara implisit di balik permukaan tampilan iklan (Sumarlam, dkk, 2002: 1).
 
Iklan juga merupakan bauran dari promosi, sedangkan bauran promosi merupakan bagian dari bauran pemasaran. Untuk membedakannya, iklan mempunyai sasaran untuk mengubah atau membujuk jalan pikiran konsumen supaya membeli, sedangkan sasaran promosi adalah merangsang pembelian di tempat dan dimaksudkan sebagai promosi penjualan yang berupa hadiah atau kupon.

Sudiana (1986: 10) berpendapat bahwa iklan merupakan bagian dari reklame yang berasal dari perancis reclamare yang berarti meneriakkan berulang-ulang.
 
Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi yang terdiri atas informasi dan gagasan tentang suatu produk yang ditujukan kepada khalayak secara serempak agar memperoleh sambutan yang baik sehingga dapat memberi informasi, membujuk, dan meyakinkan.
 
Menurut penelitian Kusno (2004) dengan judul "Asosiasi Po****rafi pada Iklan di Televisi" disebutkan bahwa iklan adalah pesan-pesan penjualan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media dengan bahasa persuasif.
 
Penelitian lain Kusumawati (2012) dengan judul "Analisis Tindak Tutur dalam Iklan Kampanye Pemilihan Umum Presiden Tahun 2009 di Televisi" menyimpulkan bahwa iklan merupakan alat yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media dengan bahasa persuasif.
 
Berdasarkan berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan sistem tanda yang ter-organisasi yang terwujud dalam sebuah model komunikasi khas yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media dengan bahasa persuasif. 

Peran dan Fungsi Iklan

 
Iklan dapat dijelaskan berdasarkan peranan atau fungsi yang dimainkannya dalam dunia usaha dan masyarakat. Wells (Sumarlam, dkk, 2004: 5) menyatakan bahwa iklan mengandung 4 peran yang berbeda, yaitu peran pemasaran, peran komunikasi, peran ekonomi, dan peran sosial. Adapun penjelasan dari peran iklan tersebut seebagai berikut.
 

Peran Pemasaran (Marketing Role)

 
Pemasaran merupakan strategi yang digunakan oleh dunia usaha untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap barang dan jasa. Hal ini sejalan dengan fungsi iklan yang berusaha memuaskan atau menawarkan produk barang dan jasa.
 

Peran Komunikasi (Communication Role)

 
Iklan ini merupakan komunikasi massa untuk menyampaikan tipe informasi yang berbeda untuk mempertemukan antara konsumen dan produsen. 
 

Peran Ekonomi (Economic Role)

 
Dengan adanya iklan konsumen dapat memilih produk secara selektif dengan mutu yang lebih baik dan harga yang lebih murah.
 

Peran Sosial (Social Role)

 
Iklan merupakan kekuatan yang kehadirannya sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Bove dan Arens (1986) menambahkan satu peran lagi, yaitu fungsi pendidikan (educational function). Dengan fungsi ini konsumen dapat belajar berbagai iklan yang ada, baik yang mengandung nilai-nilai positif maupun negatif.
 
Jadi, jenis iklan, media yang digunakan, serta teknik penjualan dan pemasarannya menjadi sangat penting perannya untuk memahami makna yang dimaksud serta aspek psikologis audiens yang diinginkan oleh pembuat iklan (Sumarlam, dkk, 2004: 5).
 
 
 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss

Posting Komentar untuk Tulisan Ini.