Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Kelebihan Kekurangan Media Cetak dan Pengertiannya

Pengertian Media Massa

Menurut Ardianto (2007:39), media yang dimaksud dalam proses komunikasi massa yaitu media massa yang memiliki ciri khas, mempunyai kemampuan untuk memikat perhatian khalayak secara serempak (simultaneous) dan serentak (instaneous).


    Media adalah alat atau sarana yang digunakan menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis surat kabar, film, radio dan televisi (Cangara, 2005: 119, 122).

    Pengertian Media Cetak

    Menurut Kasali (Kasali,2001:99) media cetak adalah suatu media yang statis dan mengutamakan pesan pesan visual. Media ini terdiri dari lembaran dengan sejumlah kata, gambar, atau foto, dalam tata warna dan halaman putih.

    Cover media cetak wuryantoro,com edisi januari 2021


    Salah satu jenis media cetak yaitu tabloid adalah media cetak terdiri dari lima atau enam kolom yang masing-masing memiliki lebar sekitar 2 inci dan panjang dari atas ke bawah sekitar 14 inci (Kasali, 2001 :110).

     

    Kasali menambahkan (2001:112) tabloid merupakan media cetak yang mempunyai kualitas prima bersampul dan dirancang khusus serta bermacam-macam tulisan yang disertai dengan foto-foto. Tabloid dianggap sebagai media yang menghibur dengan segmentasi yang cukup potensial sehingga dapat menjangkau khalayak dengan psikografi tertentu.

     

    Seperti yang dikemukakan oleh Nurudin, bahwa media cetak mewakili bentuk baru komunikasi yang mempengaruhi tidak hanya pola interaksi di dalam komunitas dan masyarakat, tetapi juga pandangan psikologis (Nurudin, 2009:59).

     

    Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa hadirnya media online bukan merupakan media pengganti atau substitute pada media konvensional, tetapi media online bisa menjadi pelengkap media konvensional terutama untuk mempertahankan finansial perusahaan.
     
     
    Seperti yang diungkapkan Mc Quail (2005) bahwa cara perusahaan media cetak menjaga pengiklan, loyalitas merek dan menjaga hubungan dengan pembaca mereka yaitu dengan cara mengembangkan website atau versi digital dari produk cetak (Davis&Jere, 2011: 3). 

    Kelebihan Media Cetak

     
    1. Media cetak lebih mampu memberikan informasi yang mendalam, Seperti yang diungkapkan oleh Flanagin and Metzger (2001), jika dibandingkan dari berbagai kategori informasi di internet dengan informasi yang sama yang diberikan oleh media lain. Informasi internet dianggap lebih kredibel dari televisi, radio, tapi tidak lebih kredibel dari media cetak (dalamDimmick, 2004:21).
    2. Dapat dijangkau berbagai kalangan masyarakat, baik tingkat ekonomi rendah, menengah maupun atas, Harganya terjangkau, dan surat kabar juga memiliki penyampaian informasi yang lebih mendetail dibanding media lain. Pembacanya dapat memeperoleh informasi secara lengkap mengenai suatu peristiwa (Vivian, 2008:71)
    3. Media cetak memiliki kelebihan lain yaitu repeatable. Ini merupakan kelebihan media cetak yang dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengklipingkan informasi tersebut kedalam bentuk buku (Asmuruf, 2015) 

    Media cetak Tabloid juga memiliki kelebihan menurut Kasali (2001:112), antara lain:

    • Kemampuannya menjangkau segmen tertentu yang terspesialisasi.
    • Tabloid adalah media yang memiliki masa edar paling panjang dari seluruh media yang ada. Selain itu, tabloid yang dimiliki oleh khalayak, umumnya disimpan hingga bertahun-tahun untuk referensi. 
    • Tabloid juga mampu menjangkau khalayak sasaran sebanyak-banyaknya dari satu pembeli karena dapat dibaca oleh seluruh anggota keluarga, teman, relasi, pelanggan, atau kolega si pembeli.
    • Kemampuan tabloid dalam mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan presepsi khalayak sasaran terhadap prestise tabloid yang bersangkutan. Tabloid merupakan media yang efektif untuk menyiarkanpesan iklan yang berbau promosi penjualan.
    • Kualitas tabloid sangat prima karena umumnya dicetak diatas kertas berkualitas tinggi. Sehingga dapat menyajikan tata warna yang baik.

    Kekurangan Media Cetak

     
    1. Media cetak hanya menyajikan bentuk tulisan tanpa adanya audio dan video, dengan visualisasi yang terbatas, media cetak menjadi terlihat kurang menarik meskipun tetap menampilkan gambar dan visual yang mendukung informasi yang ditulis.
    2. Dari segi waktu, media cetak terhitung lamban dalam menyajikan informasi kepada khalayak. Karena harus melewati proses pengetikan,editing dan pencetakan. Informasi tidak dapat secara langsung diterima oleh khalayak, sehingga media cetak tidak menjamin informasi yang disampaikan dapat uptodate
     
     
    Referensi: R. Nugrahaini, 2016, PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA.... 
     
     

    KIRIM MASUKAN

    Tatak Nurandhari
    Tatak Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
    Posting Komentar untuk Tulisan Ini.