Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

MOBIL LISTRIK : Tipe-tipe Mobil Listrik

Kendaraan listrik atau Mobil listrik atau Electric vehicles (EV) adalah moda transportasi yang tidak memerlukan pembakaran bahan bakar langsung dan bergantung pada energi listrik, EV berguna untuk meningkatkan efisiensi energi sehingga berkontribusi terhadap berbagai tujuan kebijakan transportasi. Termasuk upaya untuk meningkatkan, kualitas udara yang lebih baik, kebisingan yang lebih sedikit dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (IEA, 2018b). 
 
 
Kendaraan listrik menjadi semakin umum di sektor transportasi belakangan ini. Menurut Un-Noor, dkk (2017) tipe-tipe mobil listrik dikategorikan menjadi 4, yaitu :
 

Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery electric vehicle (BEV) adalah kendaraan listrik yang sumber energinya untuk penggeraknya hanya berasal dari baterai. Waktu pengisian tergantung pada konfigurasi pengisi daya, infrastruktur dan tingkat daya pengoperasian.
 
skema konfigurasi mobil listrik tipe bev

 
 
Keunggulan Battery electric vehicle adalah: 
  • Konstruksi, pengoperasian, dan kenyamanannya yang sederhana.
  • Tidak menghasilkan gas rumah kaca (GRK).
  • Tidak menimbulkan kebisingan dan karenanya bermanfaat bagi lingkungan. 
 
Konfigurasi dasar pada BEV: roda digerakkan oleh motor listrik yang dijalankan oleh baterai melalui rangkaian konverter daya yang merubah arus DC pada baterai menjadi arus AC
 

Hybrid Electric Vehicle (HEV)

 
HEV adalah kendaraan listrik yang sumber energi untuk penggeraknya berasal dari listrik pada baterai dan ICE. HEV menggunakan sistem propulsi listrik ketika permintaan daya rendah. Ini adalah keuntungan besar dalam kondisi kecepatan rendah seperti daerah perkotaan dan juga mengurangi konsumsi bahan bakar karena mesin tetap mati selama periode idle, misalnya, kemacetan lalu lintas. Fitur ini juga mengurangi emisi GRK. Ketika kecepatan yang lebih tinggi dibutuhkan, HEV beralih ke ICE. 
 
Mobil Listrik Tipe HEV

 
 

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

PHEV menggunakan ICE dan sumber penggerak listrik, seperti HEV, tetapi perbedaannya adalah bahwa PHEV menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga penggerak utama, sehingga kendaraan ini membutuhkan kapasitas baterai yang lebih besar daripada HEV.
 
 
PHEV mulai dalam mode "semua listrik", berjalan dengan listrik dan ketika baterai rendah, ia meminta ICE untuk memberikan dorongan atau untuk mengisi baterai. ICE digunakan di sini untuk memperluas jangkauan.
 
 
PHEV dapat mengisi baterai mereka langsung dari jaringan (yang tidak bisa dilakukan HEV); mereka juga memiliki fasilitas untuk memanfaatkan pengereman regeneratif. Kemampuan PHEV untuk hanya menggunakan listrik untuk sebagian besar waktu menjadikan jejak karbonnya lebih kecil dari HEVs. Mereka mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar juga dan dengan demikian mengurangi biaya yang terkait.
 
konfigurasi phev

 
 

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

 
FCEVs juga dinamai Fuel Cell Vehicle (FCV). jantung kendaraan tipe ini adalah sel bahan bakar yang menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan listrik (Yong et al., 2015).
 
Hidrogen adalah bahan bakar pilihan bagi FCV untuk melakukan reaksi ini, sehingga mereka sering disebut "kendaraan sel bahan bakar hidrogen".
 
FCV membawa hidrogen dalam tangki tekanan tinggi khusus, bahan lain untuk proses pembangkit listrik adalah oksigen, yang diperolehnya dari udara yang dihisap dari lingkungan.
 
Listrik yang dihasilkan dari sel bahan bakar mengalir ke motor listrik yang menggerakkan roda. Kelebihan energi disimpan dalam sistem penyimpanan seperti baterai atau super kapasitor.
 
 

Referensi :

1. F.H. Syamnur, 2019, KENDARAAN LISTRIK, PENERIMAAN
 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss

Posting Komentar untuk Tulisan Ini.