Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Sinopsis Novel Insurgent Karya Veronika Roth

 
Novel Insurgent Karya Veronika Roth

 
Novel merupakan salah satu karya tulisan yang banyak digemari banyak orang, terutama novel-novel terjemahan. Ditulis oleh novelis Amerika Serikat, Veronica Roth, Novel Insurgent adalah novel bergenre fiksi ilmiah. Merupakan karya kedua dari trilogi Divergent trilogy. Oleh penerbit Katherine Tegen Books karya pertama dipublikasikan pada 1 Mei 2012 . Novel ini telah diadaptasi ke dalam film berjudul Insurgent yang dirilis pada 20 Maret 2015.

 
 
 

Fakta

 
  1. Novel Insurgent mengantarkan Veronika Roth memenangi penghargaan Goodreads Choice Awards untuk kategori Favorit Young Adult Fantasy dan Fiksi Ilmiah, pada tahun 2012. Mempunyai kualitas yang bagus dari segi cerita dan penulisanya. Selain itu, novel tersebut banyak digemari oleh para pembaca novel.
  2. Novel ini menceritakan tentang banyak konflik politik yang terjadi di sebuah kota. Selain itu, tindakan balas dendam yang dilakukan tokoh utama dengan pembunuh ibunya. Dengan demikian, banyak menemukan tindak tutur ilokusi komisif, terutama ancaman, penawaran dll.
  3. Selain konflik politik, terdapat konflik asmara tokoh utama diantara pertempuran yang terjadi. Ada jenis tindak tutur lainnya, seperti tindak tutur janji yang termasuk dalam jenis tindak tutur komisif.
 

Partisipan Dalam Novel


Partisipan dalam novel ini adalah Batrice Prior, Four, Jeanine Matthews, Celeb Prior, Uriah, Evelyn, Marcus Eaton, Tori, Eric, Peter, Christina, dan Lynn dll. Sedangkan, kejadian (event) adalah kehidupan sehari-hari semua tokoh dalam novel  tersebut.  Dalam  kehidupan  sehari-hari  itulah  tokoh-tokoh  tersebut beraktifitas,  seperti  bekerja,  berlatih,  bersosialisasi,  berbicara,  dan  lain-lain. Tindak  tutur  komisif  dari  para  tokoh  tersebut  termasuk  juga event atau peristiwanya. 

Novel yang berjudul Insurgent  karya Veronica Roth dan novel terjemahannya yang berjudul sama yaitu Insurgent karya Nur Aini terbitan Mizan Pustaka.
 

Alur Cerita dan Sinopsis


Berikut ini adalah gambaran sekilas tentang alur cerita pada novel tersebut:

Dalam cerita novel Insurgent karya Veronica roth,  masyarakat terbagi menjadi 5 faksi yaitu:
  1. Abnegation, Faksi yang lebih mementingkan orang lain daripada dirinya; tolong  menolong  tanpa  pamrih. Ciri  khasnya  adalah Abnegation tak meremehkan cermin dan berusaha tidak menarik perhatian orang lain. Faksi ini biasanya menggunakan baju abu-abu.
  2. Dauntless, Faksi berani; yang terpenting bagi mereka adalah berusaha sebaik  mungkin  meskipun  hasilnya  sia-sia. Ciri  khasnya  adalah Dauntless tak pernah menyerah. Faksi ini biasanya menggunakan baju hitam.
  3. Erudite, Faksi pintar; selalu berusaha meneliti, mencari tahu dan mempelajari sesuatu yang ada dan mengembangkannya. Ciri  khasnya  adalah  Erudite  mempertimbangkan  hal  berdasarkan logika dan fakta. Faksi ini biasa menggunakan baju warna biru.
  4. Candor, Faksi jujur; selalu mengungkapkan dan mencari kejujuran meskipun berbagai resiko berada di belakangnya. Ciri  khasnya  adalah  Candor  mengutamakan  kebenaran.  Faksi  ini biasanya menggunakan baju warna hitam dan putih.
  5. Amity, Faksi damai; tidak menyukai adanya kerusuhan, perang dan semacamnya. Ciri khasnya adalah Amity selalu terlihat ceria dan riang. Faksi ini biasanya menggunakan baju merah dan kuning.

Awal  ceritanya,  Tris  dan  Four  yang  melarikan  diri  naik  kereta. Ternyata, mereka menuju ke faksi Amity untuk menghindari para Erudite dan pimpinannya: Jeanine Matthews. Setelah sampai di faksi Amity, para Amity menerima mereka (Tris, Four, Caleb dan Marcus) untuk sementara dan akan membicarakannya di rapat bersama seluruh Amity.
 
Setelah rapat bersama, Amity memutuskan untuk menampung mereka semua serta para Abnegation yang tersisa di tempat mereka dengan syarat harus menjaga kedamaian. Hal ini membuat Tris dan teman-temanya tidak betah karena mereka terlalu suka membuat konflik. Saat di Amity, muncul fakta baru bahwa visi Jeanine melakukan simulasi penyerangan kepada Abnegation bukan untuk menguasai kekuasaan dari seluruh faksi, melainkan untuk mencuri informasi dari pemimpin Abnegation. Hanya Marcus yang mengetahui informasi tersebut.Tetapi,dia tak mau memberitahukannya kepada siapapun, termasuk Johanna (perwakilan Amity; tak ada pemimpin resmi dalam Amity) dan Tris. Bahkan, orang tua Tris merelakan nyawanya hanya untuk menyimpan informasi itu.
 
Pada suatu saat truk Erudite mendatangi markas Amity. Tris adalah orang pertama yang mengetahuinya. Tris dan teman-temanya akhirnya pergi dari markas Amity dan tidak sengaja bertemu para factionless (orang yang di buang dari faksi) di kereta. Factionless ingin membunuh Tris dan lainnya, tapi keinginan itu diurungkan saat mereka mengetahui nama asli Four: Tobias Eaton. Factionless membawa mereka ke tempat factionless dan bertemu dengan pemimpin mereka, Evelyn, yang ternyata adalah ibu Four. Tris tidak  menyukai dengan ibu Tobias. Evelyn menginginkan kehidupan tanpa faksi. Tris merasa Four menyembunyikan banyak  rahasia,  tapi  Tris  juga  menyimpan  rahasia  (Tris  membunuh  Will, sahabatnya).
 
Setelah tinggal di factionless, mereka datang ke markas Candor. Candor malah menahan Tris dan Four untuk melaksanakan wawancara dibawah serum kejujuran. Disaat itulah identitas Four dan rahasia Tris terungkap. Selain itu, Tris menemukan teman-teman Dauntless-nya di markas Candor. Dauntless terbagi menjadi dua, berada di Faksi Candor dan di Faksi Erudite (Dauntless pengkhianat). Banyak yang terjadi hal-hal yang menegangkan. Namun, karena suatu alasan, Beatrice  Prior  menyerahkan  dirinya  ke  markas  Erudite  karena  mereka membutuhkan  seorang Divergent. Ternyata, Beatrice  hanya  sebagai  kelinci percobaan Jeanine dengan menjejalkan serum-serum yang dibuatnya.

 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss

Posting Komentar untuk Tulisan Ini.