Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Memilih Jasa Cleaning Service Perusahaan Outsourcing

Di era Globalisasi sekarang ini, perusahaan-perusahaan dihadapkan pada persaingan yang semakin meningkat. Dalam persaingan usaha yang semakin ketat, perusahaan saling berlomba-lomba dalam meningkatkan produktivitas perusahaannya masing-masing, supaya mampu bertahan dalam menghadapi persaingan saat ini. Agar perusahaan menunjukkan produktivitas yang baik sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkan sebagai salah satu pendukung penting yang dapat menggerakkan dan mengembangkan perusahaan.

Pengertian Outsourcing

Beberapa pakar serta praktisi outsourcing (alih daya) dari Indonesia juga memberikan definisi mengenai outsourcing, antara lain menyebutkan bahwa outsourcing dalam bahasa Indonesia disebut sebagai alih daya, adalah pendelegasian operasi dan manajemen harian dari suatu proses bisnis kepada pihak luar (perusahaan jasa outsourcing).

Caution Wet Floor Sign

 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan produktif adalah dengan menggunakan jasa outsourcing (Tambusai, 2004). Menurut Greaver yang dikutip oleh (Yasar, 2008) outsourcing adalah tindakan mengalihkan beberapa aktivitas perusahaan kepada pihak luar sesuai dengan yang tertera dikontrak kerja sama. Kontrak kerja sama ini terjadi antara dua belah pihak yaitu perusahaan penerima pekerjaan dan perusahaan pemberi pekerjaan. Di tengah persaingan perusahaan outsourcing yang sangat ketat baik perusahaan outsourcing legal maupun ilegal maka sebuah perusahaan outsourcing harus terus meningkatkan kualitas didalam memberikan pelayanan prima (service excellent) untuk konsumen atau kliennya.

Dalam meningkatkan pelayanan tersebut perlu adanya penyesuaian yang tepat dalam perencanaan dan strategi yang matang di dalam pelayanan pelanggan atau customer service, dengan demikian akan mampu menanggapi dan mampu memenuhi tuntutan klien serta dapat lebih unggul dengan perusahaan outsourcing yang lain.

Istilah pelayanan prima (service excellent) merupakan kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dari mewujudkan kepuasaanya dan dapat mewujudkan loyalitas pelanggan. Dalam Hal ini Perusahaan Jasa outsourcing Mitratama Cipta Selaras merupakan Perusahaan Jasa outsourcing yang mampu menjamin kliennya, pelayanan prima menjadi faktor utama dalam menciptakan loyalitas pelanggan.

Meskipun banyak diantara perusahaan yang menyadari betapa pentingnya kebersihan di dalam menunjang kinerja karyawan. Namun tak sedikit diantaranya yang memilih untuk tidak mempekerjakan jasa atau layanan cleaning service sendiri. Umumnya mereka lebih mengandalkan jasa outsourcing Jakarta untuk hal yang satu ini. Sehingga nantinya perusahaan tersebut juga bisa lebih fokus pada tujuan utama mereka, bukan yang lain tentunya.

Kenapa Harus Menggunakan Outsourcing ?

Sunyoto (2013) menjelaskan bahwa berdasarkan studi ahli manajemen yang dilakukan sejak tahun 1991 dan survey yang dilakukan terhadap lebih dari 1200 perusahaan, outsourcing institute menyimpulkan alasan-alasan perusahaan menggunakan jasa outsourcing. Alasan-alasan tersebut adalah:

  • Meningkatkan fokus perusahaan
  • Membagi resiko
  • Karyawan-karyawan yang dimiliki (karyawan tetap) dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan lain
  • Mengurangi dan mengendalikan biaya operasi

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan

Menggunakan jasa outsourcing ini sendiri memang memberikan lebih banyak keuntungan jika dibandingkan Anda harus mempekerjakan seorang tenaga secara langsung. Hanya saja tentunya dalam hal pemilihan jasa atau perusahaan outsourcing ini sendiri juga tidak bisa sembarangan, agar tidak menyesal agaknya Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ini, yaitu:
 

  1. Legalitas dari perusahaan, tak jarang diantara perusahaan tersebut yang masih ilegal. Tentunya resikonya besar bekerjasama dengan perusahaan yang ilegal, termasuk jika seandainya anda tertipu nanti juga akan sangat sulit menuntutnya.
  2. Pelayanan yang diberikan, pastikan bahwa perusahaan tersebut mengutamakan pelayanan yang terbaik, sehingga nantinya Anda juga tidak akan menyesal menggunakan jasa mereka. tenaga yang bekerja tersebut sudah berpengalaman dan didukung dengan pelatihan sebelumnya. Hal ini sangat berhubungan dengan kualitas skill mereka ketika sedang bekerja.
  3. Memakai peralatan yang aman, pastikan juga alat yang digunakan dalam tindakan pembersihan tersebut, semuanya sudah teruji secara aman dan juga tidak memicu efek berbahaya bagi kesehatan. Alat yang digunakan lengkap dan pastinya harus ramah lingkungan.
  4. Harga sesuai dengan budget, harganya sendiri juga harus dicek, jangan sampai melebihi kapasitas keuangan yang Anda miliki. Namun juga jangan terpaku dengan tawaran harga yang murah, tetapi kualitasnya juga kurang baik.


Banyak memang diantara perusahaan outsourcing yang menyediakan tenaga untuk kebutuhan layanan kebersihan ini. Namun yang sudah benar-benar terjamin memenuhi standard kualitas yang ada hanya dari Mitratama Cipta Selaras, kami sudah sangat berpengalaman dalam menangani kebersihan di kantor, dimana klien-klien juga puas dengan pelayanan yang kami berikan, masalah tarif dapat diadu dengan yang lainnya.

 

KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
Posting Komentar untuk Tulisan Ini.