Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Upaya Cara Menanggulangi Kenakalan Remaja

Demi mengurangi meluasnya tindakan kenakalan remaja sehingga menciptakan situasi yang nyaman dan tentram maka harus ada usaha-usaha penanggulangan dari berbagai pihak. Mulyono (1984:53) menjelaskan bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam penanggulangan kenakalan remaja adalah keluarga, lingkungan sekolah, masyarakat. Lebih rinci Upaya Cara Menanggulangi Kenakalan Remaja dijelaskan sebagai berikut: 
 
 

Keluarga

Keluarga harus menjalankan fungsinya sebagai pusat kehidupan dan kebudayaan bagi anak, sehingga anak mendapatkan lingkungan keluarga yang baik untuk belajar. Menciptakan keluarga yang harmonis dengan cara menjalin komunikasi, keakraban, keterbukaan dalam suasana kekeluargaan. Pendidikan awal bagi anak dimulai  dari lingkungan keluarga sehingga setiap anggota keluarga harus memiliki pengertian dan saling membantu dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak. Orang tua menjalankan peranannya dalam melatih kedisiplinan, kejujuran, etika yang baik dan mendorong anak untuk mengembangkan minat serta kreativitas. Selain itu, orang tua memberikan bimbingan setiap saat agar anak mencapai pemahaman dirinya  dan menjadi pribadi yang baik.
 

Lingkungan sekolah

Sekolah memiliki peran yang cukup besar dalam pembentukan kepribadian anak dengan cara menciptakan suasana belajar yang nyaman, menyediakan fasilitas yang mampu mendorong kreatifitas siswa, membentuk kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan menjalin kerja sama antara guru dan wali siswa.
Upaya Cara Menanggulangi Kenakalan Remaja

Masyarakat

Selain keluarga dan lingkungan sekolah, masyarakat juga memiliki andil yang besar dalam menanggulangi kenakalan remaja dengan cara melakukan pengawasan terhadap perkumpulan pemuda yang ada, mengadakan pengawasan dan tindakan yang tegas terhadap peredaran  film, alkohol. Selain itu masyarakat dapat mengadakan ceramah, diskusi atau seminar untuk membicarakan masalah kenakalan remaja dan mencari jalan keluar, pencegahan serta penanggulangan secara lebih positif.

Kartini Kartono (1992:96) menyatakan bahwa untuk menanggulangi kenakalan remaja terdapat tiga tindakan yaitu, tindakan preventif, hukuman dan kuratif. Secara lebih rinci dijelaskan sebagai berikut :
 

Tindakan Preventif

Tindakan preventif adalah tindakan pencegahan terjadinya kenakalan remaja. Tindakan preventif yang dapat dilakukan antara lain, meningkatkan fungsi keluarga, memperbaiki lingkungan sekitar, menanamkan nilai-nilai religius, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian, memberikan tempat untuk menyalurkan bakat dan minat, dan sebagainya.
 

Tindakan Hukuman

Remaja delinkuen diberikan hukuman sesuai dengan besar kecilnya perbuatan yang mereka lakukan, sehingga dianggap adil dan diharapkan dapat memberikan efek jera. Pemberian hukuman yang sifatnya mendidik diharapkan dapat membuat remaja delinkuen mengerti bahwa yang telah dilakukan salah sehingga tidak mengulangi perbuatan tersebut lagi.
 

Tindakan Kuratif

Tindakan kuratif merupakan tindakan menyembuhkan bagi remaja delinkuen. Tindakan kuratif yang dapat dilakukan antara lain, merubah lingkungan yang tidak kondusif menjadi lingkungan yang kondusif dan nyaman, memberikan fasilitas yang menunjang perkembangan jasmani dan rohani, memberikan pelatihan bagi remaja delinkuen, memberikan tempat untuk menyalurkan kreatifitas, meningkatkan organisasi untuk menambah pengalaman, dan sebagainya.

Berdasarkan pendapat ahli diatas, pihak-pihak yang terlibat dalam usaha penanggulangan kenakalan remaja adalah keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat. Selain itu terdapat tiga tindakan yang dapat menanggulangi kenakalan remaja yaitu tindakan preventif, tindakan hukuman dan tindakan kuratif.
 
 
 

KIRIM MASUKAN

Tatak Nurandhari
Tatak Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
Posting Komentar untuk Tulisan Ini.