Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

Tips : 5 Jenis AC yang Perlu Kamu Ketahui Supaya Tidak Salah Pilih

Air Conditioner (AC) adalah alat pendingin ruangan yang merupakan modifikasi dari pengembangan teknologi mesin pendingin seperti kulkas. Prinsip kerja AC adalah mendinginkan udara dengan cara membuang panas pada udara tersebut.

  1. Udara panas yang ada di dalam ruangan dialirkan ke bagian evaporator AC yang terletak di outdoor AC.
  2. Dibagian Evaporator, udara mengalami pendinginan hingga titik embun (dew point). Titik embun adalah suhu dimana udara tidak dapat menampung uap air.
  3. Udara yang menjadi jenuh karena pendinginan mengakibatkan uap air yang terkandung di dalam udara mengalami kondensasi menjadi tetes-tetes air yang kemudian dibuang melalui saluran pembuangan.
  4. Selanjutnya udara yang telah dingin dialirkan kedalam ruangan.

AC dimanfaatkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja di tempat kerja, meningkatkan aktivitas belajar dengan memberikan kenyamanan pada siswa saat kegiatan mengajar berlangsung di ruang kelas, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


 


Berdasarkan kegunaan pemakaiannya terdapat 4 jenis AC, diantaranya : AC Split, AC Window, AC Sentral dan AC standing.

Tanpa disadari, saat ini AC menjadi salah satu teknologi yang dibutuhkan oleh semua orang. Bagaimana tidak, keberadaan AC mampu membuat ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman sehingga membuat orang-orang betah di dalam ruangan. Meskipun AC membuat tagihan listrik per bulan cukup membengkak, tetapi banyak sekali manfaat yang diberikan oleh AC, termasuk untuk kesehatan.

Bagi kamu yang mungkin belum pasang AC, direkomendasikan untuk pilih merk-merk AC terpercaya dan bagus dari Daikin. Ada beragam jenis dan produk AC yang bisa kamu beli lewat penyedia AC tersebut. Kamu bisa mengecek produk mereka lewat distributor resmi Daikin terdekat di kotamu atau melalui online. 

Supaya tidak salah beli AC, sebaiknya kamu perlu tahu beragam jenis AC yang beredar di pasaran. Berikut ini ada beberapa jenis AC yang cukup familiar di telinga masyarakat:

1.    AC split

Jenis AC yang satu ini kerap dijumpai di rumah-rumah orang. Bagaimana tidak, AC split mempunyai identitas bentuk yang cukup kecil dan sederhana sehingga tidak memakan tempat. Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Secara garis besar, AC split mempunyai beragam tipe, yaitu low watt, inverter, dan standard. AC ini memang cocok untuk dipakai untuk kamar tidur atau ruangan-ruangan yang berada di rumah.

Kelebihan dari AC split adalah perawatannya terbilang sangat mudah karena dapat dilakukan secara manual. Akan tetapi, kekurangannya adalah penggunaan daya listriknya terbilang cukup boros dari jenis AC lainnya, terutama jika sering dinyalan dan dimatikan.

2.    AC cassette

Cassette AC adalah jenis AC yang sebenarnya hampir sama dengan AC split. Hanya saja, jenis AC yang satu ini mempunyai bentuk yang berbeda dan biasanya dipasang di langit-langit ruangan.
Kelebihan dari jenis ini adalah cocok untuk ruangan yang sangat luas dan dapat menyalurkan awa dingin dengan rata. Akan tetapi, kekurangannya adalah perawatannya cukup sulit karena berada di langit-langit.

3.    AC central

Sama seperti halnya jenis AC di atas, AC central juga biasanya kerapkali dijumpai di tempat-tempat umum seperti mall dan gedung perkantoran. AC ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki bentuk seperti corong yang menempel di langit-langit.

Kelebihan dari AC central adalah perawatannya terbilang sangat mudah dan tidak berisik. Sedangkan kekurangannya adalah harga pembelian dan pemasangannya cukup mahal dibandingkan dengan jenis AC lainnya. 


KIRIM MASUKAN

T Nurandhari
T Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
Posting Komentar untuk Tulisan Ini.