Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


(Tema gelap kini tersedia)
    
Aktifkan agar pengalaman membaca menjadi lebih nyaman
    

GRAMMAR : Penggunaan Yet dan Already Artinya Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat


Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa memegang peranan yang sangat penting. Fungsinya sebagai sarana komunikasi memungkinkan orang untuk mengkomunikasikan perasaan dan ide sehingga mereka dapat berbagi informasi dan apa pun yang mereka ketahui kepada siapa pun yang mereka inginkan untuk berbagi.


 

Larsen (2003:2) menyatakan bahwa bahasa adalah sarana interaksi antara dan di antara orang-orang. Selanjutnya, di era multibahasa ini, bahasa masyarakat tidak bisa berdiri sendiri sebagai satu-satunya bahasa yang digunakan. kebutuhan dari menggunakan bahasa lain di banyak bidang dan keadaan menempatkan orang seperti itu pada kondisi di mana mereka harus berkenalan dengan bahasa baru, seringkali mereka terjebak dalam situasi di mana misalnya untuk menggunakan bahasa Inggris, adalah sesuatu yang tak terelakkan.

Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional telah dipelajari dan digunakan di banyak negara, baik sebagai bahasa pertama atau bahasa kedua.

Shahomi (2001:74) menyatakan bahwa bahasa Inggris menjadi lingua franca dunia saat ini. Digunakan untuk memperoleh pekerjaan yang sukses, promosi, fungsi akademik, dan bisnis interaksi.
Senada dengan itu, Budiharso (2004:4) menyatakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa utama yang digunakan oleh orang-orang di beberapa sektor.

Fenomena ini yang akhirnya memicu banyak negara untuk memasukkan bahasa Inggris ke dalam Kurikulum Pendidikan mereka.

Di Indonesia, meskipun bahasa Inggris bukan bahasa yang pertama atau bahasa yang kedua, saat ini telah banyak digunakan, tidak hanya untuk bisnis, pariwisata, dan banyak bidang lainnya tetapi juga untuk pendidikan.

Oleh karena itu, bahasa Inggris diajarkan sebagai bahasa asing pertama yang harus dipelajari dari sekolah dasar sampai tingkat universitas.

Already artinya adalah sudah, kebalikan dari kata ini adalah ‘yet’ atau belum. Kebanyakan orang bingung bagaimana menggunakan kata 'already' dan 'yet', karena keduanya merujuk pada sesuatu yang telah atau belum terjadi. 

Penting untuk diketahui bahwa salah satu kata digunakan dalam pernyataan positif, sementara yang lain digunakan dalam pernyataan dan pertanyaan negatif. Untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang setiap kata, mari kita ketahui perbedaannya.

Penjelasan Yet dan Already Artinya

1.    Yet

Jika ada sesuatu yang diharapkan telah terjadi atau belum terjadi dan diletakkan di akhir kalimat, maka "yet" adalah kata yang perlu digunakan. Arti yet adalah belum dan kata ini digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang diharapkan terjadi, mulai atau selesai pada waktu yang ditentukan, tetapi tidak terjadi, sampai saat itu.

Beberapa poin-poin  untuk memahami kegunaan dari 'yet' sendiri adalah :

  1. Sebagai kata keterangan atau adverb, contoh : "It is 9 o'clock, and the burger is not delivered yet".
  2. Untuk menekankan kata-kata yang perlu diulangi sebagai bentuk penegasan, contoh kalimat menggunakan yet "Our basket team lost, yet another time".
  3. Sebagai konjungsi yang bisa menunjukkan makna 'namun' atau 'meskipun', contoh "Tiara is beautiful yet smart".

2.    Already 

Already adalah kata yang menunjukkan sesuatu terjadi lebih awal dari yang Anda harapkan. Dengan present perfect tense kata 'already' biasanya berjalan setelah have atau has dan sebelum kata kerja utama.

Already bisa digunakan dalam beberapa hal seperti :

  1. Pernyataan  positif untuk mengungkapkan sesuatu yang telah terjadi sebelum berbicara.
  2. Menjadi kata keterangan waktu.
  3. Untuk  mengungkapkan keterkejutan bahwa sesuatu telah terjadi lebih awal dari yang diharapkan.

Posisi kata keterangan "already" dalam sebuah kalimat tergantung pada jenis kata kerja. Jika kalimat memiliki kata kerja utama maka posisi ‘already’ adalah sebelumnya, contoh "Doni was already singing when Jane hangout".

Anda juga dapat menempatkan "Already" di akhir kalimat untuk lebih menekankan atau untuk menunjukkan lebih banyak kejutan. Posisi di akhir kalimat lebih umum dalam pertanyaan untuk mengungkapkan perasaan terkejut, contoh kalimat menggunakan already "Vina has bought her new bag already".

Sampai di sini, adakah kebingungan dengan penggunaan yet dan already artinya? Jika masih ada yang dibingungkan, yuk ikut saja kursus bahasa Inggris terpercaya di EF English Center!

Video Pembelajaran Penggunaan Already dan Yet

 

KIRIM MASUKAN

Tatak Nurandhari
Tatak Nurandhari wuryantoro.com - Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. twitter | github | youtube | rss | blogger | rss
Posting Komentar untuk Tulisan Ini.